Pengaruh Pemasangan Iklan Di Aplikasi Online Terhadap Peningkatan Jumlah Volume Penjualan Motor Pada Pt. Astra International Tbk Honda Cabang Astra Motor Natar

Rafi Riyaldi, Maria Elina, Husna Purnama, Meilinda Safitri

Abstract


Salah satu masalah yang dihadapi Astra Motor Natar adalah gagal mencapai target penjualan motor pada tahun 2020. Selain itu, diketahui bahwa Astra Motor Natar belum menggunakan platform media sosial online seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok pada tahun tersebut. Ada dua variabel dalam penelitian ini: variabel bebas (X) adalah pemasangan iklan, dan variabel terikat (Y) adalah volume penjualan. Selanjutnya, masalah yang berkaitan dengan variabel pemasangan iklan di aplikasi online adalah perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), dan tindakan (action). Selanjutnya, masalah yang berkaitan dengan variabel volume penjualan adalah harga (price), promosi (promotion), kualitas (quality), saluran distribusi (distribution channel), dan pelanggan (customer). Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan iklan di aplikasi online berdampak pada peningkatan jumlah penjualan motor di PT. Astra International Tbk Honda Cabang Astra Motor Natar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas, serta teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan regresi linear sederhana. Hasil diskusi menunjukkan bahwa pemasangan iklan di aplikasi online berkorelasi dengan peningkatan jumlah volume penjualan motor, dengan nilai koefisien signifikan yang diperoleh sebesar 0,012 < 0,05. Selanjutnya, nilai thitung sebesar 2.733 lebih besar daripada nilai ttabel 2.064 sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemasangan iklan di aplikasi online berkorelasi dengan peningkatan jumlah volume penjualan motor pada PT. Astra Motor.

Keywords


Pemasangan Iklan, Volume Penjualan

References


Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Farah Fu, I., Aswad, M., Ekonomi Syariah, J., Ekonomi dan Bisnis Islam, F., & Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pakaian Thrifting Di Toko Thriftshop Sidoarjo. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(3), 169–177. https://journal-nusantara.com/index.php/J-CEKI/article/view/218

Hulu, B., Dakhi, Y., & Zalogo, E. F. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Ud.Mitra Kecamatan Amandraya. Jurnal Riset Manajemen Dan Binsis, 6(2), 16–25.

IQBAL, M. (2021). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA TOKO MAHKOTA – PANGKALAN BUN, KALIMANTAN TENGAH ).

Iswandi, H. (2021). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 3(3), 100–109. https://doi.org/10.36982/jsdb.v3i3.493

Jayanti Mandasari, D., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 123. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432

Lubis, D., & Siregar, H. S. (2021). Bahaya Radikalisme Terhadap Moralitas Remaja Melalui Teknologi Informasi (Media Sosial). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(1), 21–34. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v20i1.2360

Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. J. (2019). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2969–2978.

Qurthuby, M. M. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dengan Konsep Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Respon Nasabah Mengambang Pada Bank Syariah (Studi Pada Bank Syariah Di Wilayah Cibadak-Sukabumi). Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 17. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4682

Retnoningrum. (2020). PERAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DALAM PENGARUH IKLAN DAN ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MAKE OVER. Surakarta Management Journal, 2(1), 103–110.

Rusdi, M. (2019). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 83–88. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6686

Triwibowo, E. J. (2019). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa-, 4(2), 90–102.

Widyaningrum, I. Y. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Kripik Tempe “Abadi†Singgahan Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v2i1.624




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v9i1.3047

Article Metrics

Abstract view : 1001 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Meilinda Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License