WORD OF MOUTH AND BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MASKAPAI LION AIR DI RADIN INTEN II LAMPUNG
Abstract
Konsumen jasa penerbangan saat ini sangat kritis dalam memilih sebuah maskapai, salah satu pilihannya adalah maskapai Lion Air. Masyarakat tentu memilih jasa penerbangan ini karena banyaknya pilihan jadwal penerbangan dengan low cost dan banyak tujuan bandara yang dapat dicapai oleh maskapai Lion Air tersebut. Semua keunggulan tersebut dibangun untuk menjadi citra dari merek maskapai Lion Air. Selain itu, konsumen mendapatkan rekomendasi dan informasi dari konsumen lain melalui promosi dari mulut ke mulut. Banyak kriteria yang menentukan kepuasan kosumen dalam menggunakan maskapai ini, mulai dari segi pelayanan, harga tiket, keamanan, dan kenyamanan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui word of mouth dan brand image terhadap kepuasan konsumen maskapai Lion Air baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Objek Penelitian adalah Maskapai Lion Air berlokasi di Bandara Radin Inten II Lampung. Populasi penelitian ini adalah semua kosnumen yang pernah terbang menggunakan maskapai Lion Air pada tahun 2021. Penentuan saampel menggunakan rumus slovin, sehingga didapat jumlah sampel adalah 99 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik kuantitatif analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, variabel Word of Mouth dan Brand Image berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, baik secara parsial maupun simultan.
Keywords
Citra Merek, Kepuasan Konsumen, Maskapai Lion Air, Word of Mouth
References
Afifah, Azra, T., Chandra, A. R., & Emrizal. (2020). Pengaruh Dinning Atmosfer dan Label Rekomendasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8, 244–248. Akbar, I., & Riyanto, B. (2020). KOMUNIKASI GETOK TULAR (WORD OF MOUTH) SEBAGAI PEMASARAN PRODUK CIU DI DESA BEKONANG KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO. Solidaritas, 4(3). Amir, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer Pada Pt. Genius Alva Makassar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 515–526. Anzar Susanti, D. (2016). Analisis Pengaruh harga, promosi, pelayanan,dan Kualitas Produk Online Terhadap kepuasan Konsumen Online secara Syariah. Analytica Islamica, 5(2), 368–393. Arini, P. E., & Sudiksa, I. B. (2018). Peran Persepsi Harga Dalam Memediasi Brand Image Terhadap Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1665–1695. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p18 Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20 Arnakim, L. Y., & Dewi, G. D. P. (2018). Peranan Indonesia dalam Memperkuat Budaya Maritim di Asia Tenggara. Prosiding Vennas AIHII, 9, 7–22. Buddy, Tabroni, & Salim, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 110–125. Da Cruz Oliveira, M. H. F., & Kusnanta, G. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Transportasi Jasa Pt. Sriwijaya Air. Journal of Tourism and Economic, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i1.19 Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84 Fakhrudin, A. (2019). ENGARUH KARAKTERISTIK PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG LOW COST CARRIER PADA MASKAPAI CITILINK INDONESIA. OPTIMAL, 16(1), 29–56. Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall PVJ Bandung. E-Proceeding of Management, 3(2), 1949–1955. Hidayat, M. T. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Angkutan Udara Dalam Perspektif Peraturan Perundang-Undangan Tentang Penerbangan. Al’Adl, 8(3), 77–94. Istanti, E. (2020). KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE ANALYSIS GAP DI KANTOR KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA Enny. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(2), 378–385. Khasanah, I. (2015). NALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN, EXPERIENTIAL MARKETING DAN RASA KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS HOTEL PONDOK TINGAL MAGELANG). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 12, 12, 10–20. Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, E., & Damanik, H. A. (2021). Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32–41. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/19 Listiyono, Y., Prakoso, L. Y., & Sianturi, D. (2019). Strategi Pertahanan Laut dalam Pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia untuk Mewujudkan Keamanan Maritim dan Mempertahankan Kedaulatan Indonesia. Strategi Pertahanan Laut, 5(3), 103–116. Nuprilianti, N. P., & Khuzaini. (2016). Pengaruh Personal Selling, Brand Image, Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Mobil. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–18. Nurzaini, Y., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 360–370. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20954 Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300 Pani, E. L. (2019). Pengaruh Customer Perception, Perceived Value, Price Dan Promotion Terhadap Buying Decision Pada Tiket Lion Air. Agora, 7(2). Prasetyo, A., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopiganes. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–17. Premayani, N. W. W., & Yoga, G. A. D. M. (2019). PENGARUH KEWAJARAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WINA RUMAH KEBAYA. Jurnal Widya Manajemen, 1(2), 138–157. Puspa, R., Permana, A., & Karunia, E. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Bauran Pemasaran Pada Supermarket K-Store Krakatau Junction. Jurna Bina Bangsa EKonomika, 13(02), 208–216. Ramdani, D., Rizqi, R. M., & Maradita, F. (2019). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Transportasi Udara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 45–56. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i2.523 Respati, R. D., & Dani, L. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI WISATAWAN PADA ATRIBUT PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP MOTIVASI BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN KE THEME PARK CITRA RAYA WORLD OF WONDERS CIKUPA TANGERANG. WisataMuh (Journal of Tourism), 1(1), 1–20. Ritonga, H. M., & Pane, D. N. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44. Rohman, I. Z., & Indaryadi, A. I. K. (2020). Pengaruh celebrity endorser, brand image, brand loyalty, dan perceived quality terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap intensi rekomendasi. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 80. https://doi.org/10.24036/jkmb.10955000 Safitri, D. M., & Sulaeman, E. (2022). ANALISIS STORE ATMOSPHERE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 6(1), 45–52. Salamah, U. (2021). Perlunya Optimalisasi Tol Laut Sebagai Sarana Penunjang Peningkatan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Jurnal Pena Wimaya, 1(1), 59–77. http://103.23.20.161/index.php/jpw/article/view/4649 Salim, K. F., Catherine, & Andreani, F. (2015). Pengaruh Customer Experience Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Tx Travel Klampis. Urnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(1), 322–340. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/2854 Sefrus, T., Priyanto, S., & Zudhy Irawan, M. (2017). Analisis Awal Permasalahan Transportasi Udara Dan Arah Pengembangan Bandara Di Indonesia. Jurnal Transportasi, 17(3), 177–184. Siregar, N., & Hakim, F. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2), 87–96. Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan). Jurnal STEI Ekonomi, 26(1), 105–122. Trifena, R., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh brand experience dan brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust sebagai variabel intervening (studi pada pengguna maskapai lion air di kota semarang). Journal of Social and Politic, 7(2), 1–12. Wedyawati, V. (2019). Perancangan Aplikasi Cadangan Counter Check-in Lion Air Padang Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 19(1), 29. https://doi.org/10.36275/stsp.v19i1.124
DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v8i1.1843
Article Metrics
Abstract view : 1534 times
PDF : 633 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hesti Widi Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Afifah, Azra, T., Chandra, A. R., & Emrizal. (2020). Pengaruh Dinning Atmosfer dan Label Rekomendasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8, 244–248. Akbar, I., & Riyanto, B. (2020). KOMUNIKASI GETOK TULAR (WORD OF MOUTH) SEBAGAI PEMASARAN PRODUK CIU DI DESA BEKONANG KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO. Solidaritas, 4(3). Amir, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer Pada Pt. Genius Alva Makassar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 515–526. Anzar Susanti, D. (2016). Analisis Pengaruh harga, promosi, pelayanan,dan Kualitas Produk Online Terhadap kepuasan Konsumen Online secara Syariah. Analytica Islamica, 5(2), 368–393. Arini, P. E., & Sudiksa, I. B. (2018). Peran Persepsi Harga Dalam Memediasi Brand Image Terhadap Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(3), 1665–1695. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i03.p18 Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20 Arnakim, L. Y., & Dewi, G. D. P. (2018). Peranan Indonesia dalam Memperkuat Budaya Maritim di Asia Tenggara. Prosiding Vennas AIHII, 9, 7–22. Buddy, Tabroni, & Salim, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 110–125. Da Cruz Oliveira, M. H. F., & Kusnanta, G. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Transportasi Jasa Pt. Sriwijaya Air. Journal of Tourism and Economic, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i1.19 Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84 Fakhrudin, A. (2019). ENGARUH KARAKTERISTIK PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG LOW COST CARRIER PADA MASKAPAI CITILINK INDONESIA. OPTIMAL, 16(1), 29–56. Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall PVJ Bandung. E-Proceeding of Management, 3(2), 1949–1955. Hidayat, M. T. (2016). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Angkutan Udara Dalam Perspektif Peraturan Perundang-Undangan Tentang Penerbangan. Al’Adl, 8(3), 77–94. Istanti, E. (2020). KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA KINERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE ANALYSIS GAP DI KANTOR KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA Enny. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(2), 378–385. Khasanah, I. (2015). NALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN, EXPERIENTIAL MARKETING DAN RASA KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS HOTEL PONDOK TINGAL MAGELANG). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 12, 12, 10–20. Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, E., & Damanik, H. A. (2021). Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Kedai Kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32–41. http://jurnal.stiesultanagung.ac.id/index.php/strategic/article/view/19 Listiyono, Y., Prakoso, L. Y., & Sianturi, D. (2019). Strategi Pertahanan Laut dalam Pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia untuk Mewujudkan Keamanan Maritim dan Mempertahankan Kedaulatan Indonesia. Strategi Pertahanan Laut, 5(3), 103–116. Nuprilianti, N. P., & Khuzaini. (2016). Pengaruh Personal Selling, Brand Image, Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Mobil. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–18. Nurzaini, Y., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 360–370. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/20954 Oscar, Y., & Keni, K. (2019). Pengaruh Brand Image, Persepi Harga, Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3300 Pani, E. L. (2019). Pengaruh Customer Perception, Perceived Value, Price Dan Promotion Terhadap Buying Decision Pada Tiket Lion Air. Agora, 7(2). Prasetyo, A., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Strategi Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopiganes. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–17. Premayani, N. W. W., & Yoga, G. A. D. M. (2019). PENGARUH KEWAJARAN HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN WINA RUMAH KEBAYA. Jurnal Widya Manajemen, 1(2), 138–157. Puspa, R., Permana, A., & Karunia, E. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Bauran Pemasaran Pada Supermarket K-Store Krakatau Junction. Jurna Bina Bangsa EKonomika, 13(02), 208–216. Ramdani, D., Rizqi, R. M., & Maradita, F. (2019). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Transportasi Udara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 45–56. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i2.523 Respati, R. D., & Dani, L. A. (2020). PENGARUH PERSEPSI WISATAWAN PADA ATRIBUT PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP MOTIVASI BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN KE THEME PARK CITRA RAYA WORLD OF WONDERS CIKUPA TANGERANG. WisataMuh (Journal of Tourism), 1(1), 1–20. Ritonga, H. M., & Pane, D. N. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44. Rohman, I. Z., & Indaryadi, A. I. K. (2020). Pengaruh celebrity endorser, brand image, brand loyalty, dan perceived quality terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap intensi rekomendasi. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 80. https://doi.org/10.24036/jkmb.10955000 Safitri, D. M., & Sulaeman, E. (2022). ANALISIS STORE ATMOSPHERE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 6(1), 45–52. Salamah, U. (2021). Perlunya Optimalisasi Tol Laut Sebagai Sarana Penunjang Peningkatan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Jurnal Pena Wimaya, 1(1), 59–77. http://103.23.20.161/index.php/jpw/article/view/4649 Salim, K. F., Catherine, & Andreani, F. (2015). Pengaruh Customer Experience Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Tx Travel Klampis. Urnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(1), 322–340. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/2854 Sefrus, T., Priyanto, S., & Zudhy Irawan, M. (2017). Analisis Awal Permasalahan Transportasi Udara Dan Arah Pengembangan Bandara Di Indonesia. Jurnal Transportasi, 17(3), 177–184. Siregar, N., & Hakim, F. (2017). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2), 87–96. Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pelanggan (Studi Kasus Pada Pelanggan D ’ Besto Mangun Jaya 2 Tambun Selatan). Jurnal STEI Ekonomi, 26(1), 105–122. Trifena, R., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh brand experience dan brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust sebagai variabel intervening (studi pada pengguna maskapai lion air di kota semarang). Journal of Social and Politic, 7(2), 1–12. Wedyawati, V. (2019). Perancangan Aplikasi Cadangan Counter Check-in Lion Air Padang Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 19(1), 29. https://doi.org/10.36275/stsp.v19i1.124
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License