STRATEGI DAYA SAING RUMAH MAKAN PECEL LELE DI BANDAR LAMPUNG

Endang Siswati Prihastuti

Abstract


Terjadinya tingkat persaingan kuliner pecel lele memaksa rumah makan pecel lele harus memperhatikan strategi daya saing untuk mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kepustakaan, penelitian lapangan dengan teknik analisis diskriptif yang bertujuan memberikan gambaran strategi daya saing rumah makan pecel lele. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen rumah makan pecel lele.                

Hasil penelitian yang diperoleh: pelanggan menyukai produk pecel lele karena adanya cita rasa yang khas, kelezatan, kekenyalan, kesegaran dan kandungan gizi lele. Pelayanan yang diberikan rumah makan pecel lele dari sisi kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian, dan bukti fisik dirasakan sangat memuaskan oleh pelanggan.     

Harga yang ditetapkan rumah makan pecel lele cukup terjangkau dan pelanggan merasa puas. Untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing rumah makan pecel lele, harus memperhatikan pelayanan dengan segera atau cepat sesuai pesanan, kenyamanan ruang makan  dan kualitas produk pecel lele.

 Kata kunci : strategi, daya saing, pecel lele


Full Text:

PDF

References


Rao, Purba. (1996), Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis, The Asian Manager, February-March.

Suchaeri, Heri (2012), Total Customer : Percepat Laba Sepanjang Masa, Cetakan I, Solo Metagraf.

Suprijanto, (2009), Metodologi Riset Bisnis, Cetakan I, Jakarta, PT. Indeks.

Sugiyono, (2001), Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ketiga, Bandung, Alfabeta.

Tjiptono, Fandy (2002), Manajemen Jasa, Edisi II, Cetakan Ketiga, Jogyakarta, Andi Offset.

Tjiptono, (1997), Strategi Pemasaran Edisi II, Jogyakarta Andi Offset.

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius (2011), Service, Quality & Satisfaction, Edisi 3, Jogyakarta, Andi Offset.

Tjiptono, Fandy & Gregorius, Chandra (2012), Pemasaran Strategik Edisi 2, Jogyakarta, Andi Offset.

Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia (2003), Total Quality Management, Edisi Revisi, Jogyakarta, Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v1i2.131

Article Metrics

Abstract view : 1321 times
PDF : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Endang Siswati Prihastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License