Analisis Customer Relation Dengan Kepercayaan Pengguna Jasa Kereta Api Express Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Di Bandar Lampung
	
	
			
		Abstract
		
		Abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis custumer Relation dengan Kepercayaam Pengguna Jasa Kereta Api Express Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandar Lampung.  Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan uji validasi produck moment, pengujian hipotesis menggunakan uji t. Metode pengumpulan data yang menggunakan  jenis data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket. dan telaah kepustakaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya Nilai t hitung diperoleh sebesar = 17,62 pada N = 27. Setelah nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t tabel dengan menggunakan derajat kebebasan (db) 95 % (α = 5 %) diperoleh hasil t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu : t hitung = 17,62 lebih dari t 0,05 (n – 2) = 1,708. Dengan demikian dapat  disimpulkan bahwa, hipotesis yang sebelumnya penulis ajukan yaitu “Ada pengaruh positif dari customer relation dengan kepercayaan pengguna jasa kereta api express pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandar Lampung.
		
		
	
			
		Keywords
		
		Customer Relation; Kepercayaan Pengguna;PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Dewa, B. P., Setyohadi, D. B., Studi, P., Teknik, M., Pascasarjana, P., & Jaya, U. A. (2017). ANALISIS DAMPAK FAKTOR CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MELIHAT TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS. 14(01), 33–38.
						Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Rosdakarya.
						Hakim, R. H., & Idris. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Konsumen Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi kasus pada Go-Ride di Kota Bandung ). Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–11.
						Puspa Wildyaksanjani, J., & Dadang Sugiana, dan. (2018). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10–23.
						Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analysis of Trust and Satisfaction with the Use of the Online Buying and Selling Transaction System (Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online). 52(1), 8–15.
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v6i2.1279
 DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v6i2.1279	
Article Metrics
 Abstract view : 1648 times
 Abstract view : 1648 times
         PDF : 657 times
                 PDF : 657 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
		Copyright (c) 2021 Tiar Mirnasari
				
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Abstrak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis custumer Relation dengan Kepercayaam Pengguna Jasa Kereta Api Express Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandar Lampung.  Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan uji validasi produck moment, pengujian hipotesis menggunakan uji t. Metode pengumpulan data yang menggunakan jenis data primer dan data skunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket. dan telaah kepustakaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya Nilai t hitung diperoleh sebesar = 17,62 pada N = 27. Setelah nilai tersebut dibandingkan dengan nilai t tabel dengan menggunakan derajat kebebasan (db) 95 % (α = 5 %) diperoleh hasil t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu : t hitung = 17,62 lebih dari t 0,05 (n – 2) = 1,708. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, hipotesis yang sebelumnya penulis ajukan yaitu “Ada pengaruh positif dari customer relation dengan kepercayaan pengguna jasa kereta api express pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandar Lampung.
Keywords
References
Dewa, B. P., Setyohadi, D. B., Studi, P., Teknik, M., Pascasarjana, P., & Jaya, U. A. (2017). ANALISIS DAMPAK FAKTOR CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MELIHAT TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS. 14(01), 33–38.
Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Rosdakarya.
Hakim, R. H., & Idris. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Konsumen Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi kasus pada Go-Ride di Kota Bandung ). Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1–11.
Puspa Wildyaksanjani, J., & Dadang Sugiana, dan. (2018). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10–23.
Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analysis of Trust and Satisfaction with the Use of the Online Buying and Selling Transaction System (Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online). 52(1), 8–15.


Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 









 Tiar Mirnasari
 Tiar Mirnasari