ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PROSES PRODUKSI PENGRAJIN TUNGKU : STUDI KASUS KAMPUNG SELEBAH BAJA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Buchori Buchori

Abstract


Tungku hemat energi adalah merupakan teknologi tepat guna di bidang peralatan yang dapat dijadikan solusi dalam mengatasi mahalnya harga bahan bakar (minyak tanah dan gas) akibat dihapusnya subsidi BBM oleh pemerintah. Kehadiran industri tungku di Kecamatan Braja Selebah semula hanya sebagai kegiatan sampingan warga desa disela-sela kesibukannya bertani warga memproduksi tungku berbahan bakar kayu untuk kebutuhan tetangga. Sekarang tungku hemat energi telah diproduksi oleh masyarakat secara masal dan sudah berkembang menjadi sebuah industri kerajinan rakyat yang dapat menyerap tenaga kerja di pedesaan, sekaligus menjadi sumber mata pencarian utama yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Pemasaran produk tungku hemat energi juga telah merambah ke berbagai wilayah propinsi di Sumatera (Lampung, Palembang, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat), Pulau Jawa dan Bali.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Persediaan Bahan Baku Terhadap Proses Produksi Pengrajin Tungku di Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, dokumentasi dan observasi dengan populasi yang diambil data persediaan bahan baku dan biaya pemesanan selama 12 bulan, sedangkan sampel yang digunakan adalah data persediaan bahan baku dan biaya pemesanan yaitu selama 12 bulan.

 Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus EOQ, didapat bahwa jumlah pemesanan ( EOQ ) rata-rata perbulan yang harus dilakukan oleh para pengrajin tungku adalah 2801.9349, nilai EOQ terbesar adalah sebesar 3.872,983 yaitu pada bulan September, sedangkan nilai EOQ terkecil adalah sebesar 1732.051 yaitu pada bulan Februari.

Kata kunci: Bahan Baku dan Proses produksi


References


Ahyari, Agus, 1984, Manajemen Produksi, Ghalia, Jakarta.

Hadi, Sutrisno, 1986, Statistik Jilid 2, Fakultas Psikilogi-UGM, Yakyakarta.

Kartono, Kartini, 1980, Metode Riset Sosial, Alumni, Bandung

Kotler, Philip, 1980, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Pengendalian Jilid I Oleh Drs. Heru Jati Purwoko, MA, Drs. Jaka Wasono, MSM, Erlangga, Jakarta.

Kuntjoroningrat, 1977, Dasar Metode Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Nazir, Moh, 2003, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Rangkuti, Freddy, 1995, Manajemen Pemasaran, Gramedia Utama, Jakarta.

Reksohadiprojo, 1984, Manajemen Produksi, PT. Bulan Bintang, Jakarta.

Singarimbun, Masri, 1989, Metodologi Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta.

Sinungan, 1999, Manajemen Produksi, PT. Bulan Bintang, Jakarta.

Sudjana, 1992, Metode Statistik Jilid V, Tarsito, Bandung.

Sugiyono, 2002, Metode Penelitian Administrasi, Alfa Beta, Bandung

Suharsimi, Arikunto, 1984, Prosedur Penelitian, Bina Aksara, Jakarta.

Suwandi, Suracman dan Sucherly, 1986, Intisari Manajemen Pemasaran, Penerbit Remaja Karya, Bandung.

Swasta, Basu, 1985, Azas-azas Marketing, Penerbit Akademi Keuangan dan Bisnis (AKB), Yokyakarta.

Swasta, Basu dan Irawan, 1985, Manajemen Pemasaran Modern Edisi Ke II, Penerbit BPEE, Yokyakarta.

Tunggal, Wijdjaya, Amin, 1993, Manajemen Suatu Pengantar, Jakarta.

Umar, Husein, 2002, Metode Riset Bisnis, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v1i1.116

Article Metrics

Abstract view : 1234 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Buchori Buchori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License