ANALISIS KEBERLANJUTAN SISTEM MERIT PADA PROSES REKRUTMEN ASN (Studi pada Kabupaten Probolinggo)

Mastina Maksin, Supriyanto Supriyanto, Irma Nurcahya Setyowati, Mareta Syamsya Q, Ahmad Mustofa, M. Januar Amrullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberlanjutan Sistem Merit dalam proses rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Probolinggo pada tahun 2023. Sistem Merit telah menjadi pendekatan yang penting dalam memastikan keadilan, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengisian posisi ASN di seluruh Indonesia. Namun, tantangan berkelanjutan dalam menjaga keefektifan dan keberlanjutan sistem ini perlu diperhatikan. Dalam penelitian ini, kami menggunakan pendekatan literature review dengan metode kualitatif untuk menganalisis implementasi Sistem Merit di Kabupaten Probolinggo. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Merit telah memberikan kontribusi positif terhadap transparansi, keadilan, dan efisiensi dalam rekrutmen ASN. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang mengancam keberlanjutan sistem ini, termasuk perubahan kebijakan, kurangnya pemahaman dan komitmen, serta faktor-faktor budaya dan sosial. Berdasarkan temuan ini, kami mengusulkan sejumlah rekomendasi untuk meningkatkan keberlanjutan Sistem Merit dalam rekrutmen ASN di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya memperbaiki dan mempertahankan sistem rekrutmen ASN yang efektif dan berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Andi Meyrina, Rr. Susana. 2016. “Implementasi Peningkatan Kinerja Melalui Merit Sistem Guna Melaksanakan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara No. 5 Tahun 2014 Di Kementrian Hukum Dan HAM.†Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum 10(2):24.

Chairiah, Anggita, Ariski S, Agus Nugroho, and Adi Suhariyanto. 2020. “Implementasi Sistem Merit pada Aparatur Sipil Negara di Indonesia.†Jurnal Borneo Administrator 16(3):383–400. doi: 10.24258/jba.v16i3.704.

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi (Edisi Revisi). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nurnadhifa, Halifa, and Lilie Syahrina. 2021. “Implementasi Sistem Merit Dalam Manajemen Pegawai Negeri Sipil Di Kementerian Keuangan Republik Indonesia.†Widya Manajemen 3:12. doi: https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v3i2.1693.

Setiyono, Budi, and Tri Admojo. 2014. Pemerintahan dan Manajemen Sektor Publik (Prinsip-prinsip Pengelolaan Negara Terkini). Yogyakarta: CAPS(Center For Academic Publishing Service) : Yogyakarta., 2014.

BKSDM Kabupaten Probolinggo. (2023, Agustus 23). Diseminasi Penerapan Sistem Merit Dalam Manajemen Asn Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. BKPSDM Kab. Probolinggo. Retrieved October 9, 2023, from https://bkpsdm.probolinggokab.go.id/berita?keyword=sistem+merit




DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v8i2.2521

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Sosial dan Humanis Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License