KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DIMASA PANDEMI COVID – 19 TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

Septi Kumalasari, Neysa Amelia, Ahmad Junaiedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dan pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Bumi Raya dimasa pandemi Covid – 19 ini. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dibutuhkan masyarakat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diperoleh melalui data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada masyarakat Kelurahan Bumi Raya yang pernah membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat menunjukkan bahwa; (1) Variabel daya tanggap (Responsivennes), Jaminan (Assurance), dan Perhatian (Emphaty) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Bumi Raya, dengan nilai thitung > ttabel. (2) pada variabel Kehandalan (Reliabillity) dan Kemampuan Fisik (Tangibles) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung < ttabel. (3) berdasarkan uji f atau simultan bahwa variabel independen berpengaruh secara bersama – sama terhadap‘kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Bumi Raya.

Keywords


Kualitas Pelayanan Publik; Kepuasan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Anisa,Siti.(2018). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Helvetia. Skripsi. UIN Sumatera Utara.

Astia, Tika. (2015). Pengaruh Kualitas ‘Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Camat Tanjungpinang Timur. Jurnal. Uiniveristas Maritim Raja Alihaji Tanjung Pinang.

Gutama, Deckyi Arya. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat Penyandang Disabillitas dalam Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan.Skripsi.Universitas Sumatera Utara.

Nugraheni,Zulfi. Ahaditya Arif. (2015). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasana Masyarakat Dikantor Kecamatan Mungkid Kabupaten Malang. Skripsi. Malang.

Pratiwi, Yessy Gusti Eka. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Sebagai Pasien Di Puskesmas Sering Kecamatan Medan Tembung.Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: PT Graha Ilmu

Suyoto, Danang. (2013). Teori Kuisioner dan Analisis Data. Yogyakarta : PT. Graha Ilmu

Vellayati, Widya Harum. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik dan Disiplin Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta Vol. 1 no. 1 juni 2012 22-34.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 200




DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v7i1.1739

Article Metrics

Abstract view : 474 times
PDF : 298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
Jurnal Sosial dan Humanis Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License