Analisis Sosial, Ekonomi, Dan Hukum Peran Serta Masyarakat Desa Labuh Air Pandan Dalam Upaya Alih Fungsi Kawasan Hutan Menjadi Hutan Kebun Masyarakat

Anis Rindiani, Eko Riyadi, Rahmiati Ranti Pawari

Abstract


Dengan adanya peningkatan jumlah penduduk di Desa Labuh Air Pandan, mengandung konsekuensi meningkatnya kebutuhan akan tanah, untuk tempat tinggal dan bercocok tanam yang selanjutnya untuk tempat usaha lainnya, namun di sisi lain dihadapkan pada kenyataan bahwa luas tanah tidak dapat bertambah, karenanya sasaran yang paling mudah untuk diakses adalah tanah hutan atau kawasan hutan yang ada. Hal ini salah satunya disebabkan oleh belum adanya tata batas yang jelas pada kawasan hutan tersebut dan belum adanya peraturan desa yang mengatur tentang pengelolaan Kawasan hutan sehingga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan seperti masyarakat dan perusahaan untuk merambah dan merubah fungsinya.  


Keywords


alih fungsi hutan, pemanfaatan lahan hutan, Desa Labuh Air Pandan

Full Text:

PDF

References


Bagir Manan, 1995. Politik Perundang-undangan, Jakarta.

Fauzia, Lily, 1999.” Pengaruh Alih Fungsi Lahan Pertanian Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat)”. Tesis. Program Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara.

Irawan, B, 2004. Solusi Konversi Lahan Melalui Pendekatan Sosial Ekonomi. Pusat Penelitiandan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Bogor.

Munir, Misbahul, 2008. “Pengaruh Konversi Lahan Pertanian Terhadap Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani (Kasus: Desa Candimulyo, Kec.Kertek, Kab.Wonosobo, Prop. Jawa Tengah)”. Skripsi. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Ruswandi, Agus, 2005. “Dampak Konversi Lahan Pertanian Terhadap Perubahan Kesejahteraan Petani dan Perkembangan Wilayah”. Thesis. Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.24967/jcs.v8i1.2374

Article Metrics

Abstract view : 298 times
PDF : 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anis Rindiani, Eko Riyadi, Rahmiati Ranti Pawari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by :

GS    Garuda    GS    ISSN

Dimensions    Journal Stories

Creative Commons License
Justicia Sains : Jurnal Ilmu Hukum is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

hit counter View My Stats