Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja, Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Sragi Kabupaten Lampung Selatan

Hera Apriza, Ahmad Hudalil

Abstract


Abstract Guru sebagai salah satu sumber daya di sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Guru bertugas membimbing dan mengarahkan cara belajar siswa agar mencapai hasil optimal. Di dalam dunia pendidikan, guru dianggap professional apabila mempunyai kinerja yang baik. Guru merupakan ujung tombak saat pembelajaran, semakin baik kinerja guru maka semakin baik pula kualitas pembelajaran di dalam kelas. “Kinerja guru adalah keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya†Untuk mendapatkan sosok guru yang mempunyai kinerja baik tentunya pihak sekolah harus mempunyai guru yang kompeten dan disiplin dalam bekerja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada dan menegunakan sampel sebanyak 25 responden. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa variabel Kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 21,2 persen. Pengujian yang kedua variabel disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 21,7 persen. Hipotesis ketiga yaitu menunjukan bahwa kompetensi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 47,1 persen

Keywords


Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru

References


Arif, M., Maulana, T., & Lesmana, M. T. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 1(4), 106–119.

Lailatussaadah, L. (2015). Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita, 1, 3.

Pranatawijaya, V. H., Widiarty, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 2(5), 128–137.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1(13), 100–110.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suherman, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada Lazuardi Global Islamic School. Journal of Management and Business Review, 3(18), 614–629.

Syafarina, L., Mulyasa, E., & Koswara, N. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 4(7), 2036–2043.

Tanjung, H. (2017). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja pegawai pada dinas sosial dan tenaga kerja kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(15).

Tarungan, J. . (2017). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(5).

Wahyudin, D. (2020). Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Guru dan Beban Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(5), 135–148.




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i3.2481

Article Metrics

Abstract view : 723 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License