PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 MENGGALA
Abstract
Keberhasilan prestasi sekolah ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya supervisi kepala sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Menggala. Penelitian yang akan dilaksanakan adalah jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 42 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana supervisi kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil dari analisis dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 49,9 persen dan sisanya sebesar 50,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. 2) Terdapat pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Menggala sebesar 38,8 persen sisanya sebesar 61,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. 3) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja secara bersama - sama terhadap Kinerja Guru sebesar 52,8 persen, sisanya sebesar 47,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Keywords
Supervisi Kepala Sekolah; Disiplin Kerja; Kinerja Guru
References
Brown, & Bourne. (2015). Kepemimpinan Seorang Kepala Sekolah. Jakarta : Penerbit Prenhallindo.
Buchari, A. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Davis, K. dan N. (2013). Perilaku Dalam Organisasi (Tujuh). Penerbit. Erilangga, Jakarta.
Glickman. (2011). Organisasi Kependidikan. Alih bahasa oleh Moh Masud, SH.,MA.
Good, C. V. (2012). Dictionary of Education. McGraw-Hill. New York: Book Company.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim, P. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nomleni, Y. D. H., Lao, H. A. ., Ali, U., & Leobisa, J. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 6 Satap Fatuleu. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 6(1).
Pradana, K. C., Fatimah, O., Rahmawati, Y., Windya, P. M., & Erprabowo, A. (2023). Karakter Disiplin dan Karakter Religius : Pengaruhnya terhadap Kemampuan Numerik Peserta didik. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(01), 37–47.
Sakdiah, Y. A., Mukhayat, A., & Pradana, K. C. (2023). The Influence of RADEC Learning (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) assisted by Media Handouts and Students’ Curiosity on the Ability to Understand Mathematical Concepts. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 03(01), 1–10. https://doi.org/10.24967/esp.v3i01.1850
Satori, D. (2016). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Citra Karya Nusa.
Simamora, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia, Jakarta.
Suarli, & Bachtiar. (2019). Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Undang-undang Guru dan Dosen No 14. (2015).
Willem, M. (2012). Materi Buku Ajar Supervisi Pengajaran. Universitas Negeri Malang, Malang.
DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i2.2236
Article Metrics
Abstract view : 831 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 401 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Keberhasilan prestasi sekolah ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya supervisi kepala sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Menggala. Penelitian yang akan dilaksanakan adalah jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 42 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana supervisi kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil dari analisis dan pembahasan pada bab sebelumnya, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 49,9 persen dan sisanya sebesar 50,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. 2) Terdapat pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Menggala sebesar 38,8 persen sisanya sebesar 61,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. 3) Terdapat pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja secara bersama - sama terhadap Kinerja Guru sebesar 52,8 persen, sisanya sebesar 47,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Keywords
References
Brown, & Bourne. (2015). Kepemimpinan Seorang Kepala Sekolah. Jakarta : Penerbit Prenhallindo.
Buchari, A. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Davis, K. dan N. (2013). Perilaku Dalam Organisasi (Tujuh). Penerbit. Erilangga, Jakarta.
Glickman. (2011). Organisasi Kependidikan. Alih bahasa oleh Moh Masud, SH.,MA.
Good, C. V. (2012). Dictionary of Education. McGraw-Hill. New York: Book Company.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim, P. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nomleni, Y. D. H., Lao, H. A. ., Ali, U., & Leobisa, J. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 6 Satap Fatuleu. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 6(1).
Pradana, K. C., Fatimah, O., Rahmawati, Y., Windya, P. M., & Erprabowo, A. (2023). Karakter Disiplin dan Karakter Religius : Pengaruhnya terhadap Kemampuan Numerik Peserta didik. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(01), 37–47.
Sakdiah, Y. A., Mukhayat, A., & Pradana, K. C. (2023). The Influence of RADEC Learning (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) assisted by Media Handouts and Students’ Curiosity on the Ability to Understand Mathematical Concepts. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 03(01), 1–10. https://doi.org/10.24967/esp.v3i01.1850
Satori, D. (2016). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adi Citra Karya Nusa.
Simamora, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia, Jakarta.
Suarli, & Bachtiar. (2019). Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Undang-undang Guru dan Dosen No 14. (2015).
Willem, M. (2012). Materi Buku Ajar Supervisi Pengajaran. Universitas Negeri Malang, Malang.
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License