PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KASUI, KABUPATEN WAY KANAN

Arlini Arlini, Siti Patimah, Ahiruddin Ahiruddin

Abstract


Guru merupakan satu komponen yang sangat berperan dalam proses pembelajaran, dan secara langsung berperan dalam peningkatan kualitas belajar siswa dan memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Dikatakan demikian karena penyelenggaraan dan keberhasilan proses pendidikan pada semua jenjang banyak ditentukan oleh faktor pendidik. Seorang guru dituntut mempunyai kedisiplinan yang baik sehingga kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak murid mendapat hasil yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri se-kecamatan kasu, Way kanan. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 42 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: dua  variabel bebas dan satu variabel terikat dimana kompetensi pedagogik dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Dari hasil penelitian ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru , dengan tingkat pengaruh sebesar 44,6 persen sedangkan 55,4 persen disebabkan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan tingkat pengaruh sebesar 45,6 persen sedangkan 54,4 persen disebabkan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan motivasi kerja secara bersama – sama terhadap kinerja guru dengan tingkat pengaruh sebesar 45,1 persen sedangkan 45,9 persen disebabkan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan olah data analisis melalui uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan dinyatakan bahwa setiap variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat serta terdapat hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan kinerja guru demi tercapainya tujuan organisasi.


Keywords


Kompetensi Pedagogik; Kinerja Guru; Motivasi Kerja

References


Burnalis, B., Kartikowati, R. S., & Baheram, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Islam As-Shofa Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7(1), 9. https://doi.org/10.31258/jmp.7.1.p.9-25

Hamali, A. Y. (2013). Pengaruh Motivasi terhadap Produktivitas Kerja: Studi Kasus pada PT X Bandung. The Winners. https://doi.org/10.21512/tw.v14i2.647

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media.

Nabela, S., Fitria, H., & Nurkhalis. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(1), Hal. 12-16.

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i1.2178

Article Metrics

Abstract view : 852 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 489 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License