KUALITAS PELAYANAN DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG
Abstract
Hasil pengamatan penulis pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung, kinerja pegawai masih belum optimal. secara garis besar pencapaian program kerja tidak tercapai sesuai dengan perencanaan. Kondisi kinerja pegawai yang belum optimal ini diyakini sebagai dampak dari permasalahan kualitas pelayanan yang belum prima serta dukungan organisasi yang belum memenuhi harapan pegawai. Pelayanan masih terasa lambat dan belum mampu memenuhi standar durasi penyelesaian pekerjaan layanan sebagaimana yang telah direncanakan. Dukungan organisasi yang diberikan juga masih belum mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu pelaksanaan tugas sehari-hari, hal ini terindikasi dari minimnya dukungan dati atasan berupa arahan teknis dalam pelaksanaan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan dukungan organisasi terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh kualitas pelayanan dan dukungan organisasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 42,9 persen. Dukungan organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 57,1 persen. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan dukungan organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 76,7 persen sedangkan sisanya sebesar 23,3 persen. merupakan variasi variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords
Dukungan Organisasi; Kualitas Pelayanan; Kinerja Pegawai
References
Dana, N. M. S. A., & Dewi, A. A. S. K. (2016). PENGARUH Kompensasi Dan Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Asana Agung Putra Bali. 5(9), 5978–6006.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251
Marissa, C., . N., & Habe, H. (2022). Kualitas Pelayanan Dan Penerbitan Surat Rekomendasi Tanda Daftar Gudang Terhadap Kinerja Pegawai. Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 165–176. https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i2.1797
Poetri, R. I., Mantikei, B., & Kristiana, T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BPPRD Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 1(3), 179–186.
Purnawati, N. L. G., Adhika, I. nyoman R., & Jodi, I. W. G. A. S. (2019). Pengaruh Dukungan Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Umum Setda Kabupaten Tabanan. Widyadari. Vol. 20 No. 1 April 2019e-ISSN 2613-9308 p-ISSN 1907-3232. DOI : 10.5281/Zenodo.2652992, 20(1).
Umihastanti, D., & Frianto, A. (2022). Pengaruh dukungan organisasi dan employee engagement terhadap kinerja pegawai badan kepegawaian daerah. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2021), 219–232.
DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v2i1.2177
Article Metrics
Abstract view : 755 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 461 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Hasil pengamatan penulis pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung, kinerja pegawai masih belum optimal. secara garis besar pencapaian program kerja tidak tercapai sesuai dengan perencanaan. Kondisi kinerja pegawai yang belum optimal ini diyakini sebagai dampak dari permasalahan kualitas pelayanan yang belum prima serta dukungan organisasi yang belum memenuhi harapan pegawai. Pelayanan masih terasa lambat dan belum mampu memenuhi standar durasi penyelesaian pekerjaan layanan sebagaimana yang telah direncanakan. Dukungan organisasi yang diberikan juga masih belum mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam membantu pelaksanaan tugas sehari-hari, hal ini terindikasi dari minimnya dukungan dati atasan berupa arahan teknis dalam pelaksanaan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan dukungan organisasi terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh kualitas pelayanan dan dukungan organisasi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 42,9 persen. Dukungan organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 57,1 persen. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan dukungan organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 76,7 persen sedangkan sisanya sebesar 23,3 persen. merupakan variasi variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords
References
Dana, N. M. S. A., & Dewi, A. A. S. K. (2016). PENGARUH Kompensasi Dan Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Asana Agung Putra Bali. 5(9), 5978–6006.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251
Marissa, C., . N., & Habe, H. (2022). Kualitas Pelayanan Dan Penerbitan Surat Rekomendasi Tanda Daftar Gudang Terhadap Kinerja Pegawai. Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 165–176. https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i2.1797
Poetri, R. I., Mantikei, B., & Kristiana, T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BPPRD Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 1(3), 179–186.
Purnawati, N. L. G., Adhika, I. nyoman R., & Jodi, I. W. G. A. S. (2019). Pengaruh Dukungan Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Umum Setda Kabupaten Tabanan. Widyadari. Vol. 20 No. 1 April 2019e-ISSN 2613-9308 p-ISSN 1907-3232. DOI : 10.5281/Zenodo.2652992, 20(1).
Umihastanti, D., & Frianto, A. (2022). Pengaruh dukungan organisasi dan employee engagement terhadap kinerja pegawai badan kepegawaian daerah. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2021), 219–232.
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License