KUALITAS PELAYANAN DAN PENERBITAN SURAT REKOMENDASI TANDA DAFTAR GUDANG TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Cynthia Marissa, Nur'aeni ., Hazairin Habe

Abstract


.Dalam pelaksanaan otonomi daerah, setiap komponen dari sebuah negara termasuk didalamnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat berperan penting dalam terlaksananya pembangunan yang berkelanjutan. Kualitas pelayanan menjadi ukuran kemampuan seorang pegawai, Penerbitan Surat Rekomendasi Tanda Daftar Gudang adalah salah satu pelayanan yang ada pada Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara. Kinerja pegawai sangat mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap masyarakat, semakin baik kinerja seorang pegawai akan semakin baik pula kualitas pelayanannya. Tujuan dalam penulisan tesis untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pegawai dan penerbitan Surat rekomendasi tanda daftar gudang terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory, objek penelitian di Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara yang berjumlah 50 orang menggunakan Analisis Kualitatif dan Analisis Kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Surat Rekomendasi Tanda Daftar Gudang secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perdagangan Lampung Utara, hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis secara simultan melalui uji F, diperoleh hasil F hitung sebesar 79,710 dan jauh lebih besar dari nilai Ftabel 4,047 pada taraf signifikan 5% dengan dk 50. Besarnya koefisiensi determinasi adalah 77,2%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya pengaruh Kualitas Pelayanan dan Surat Rekomendasi Tanda Daftar Gudang secara bersama-sama terhadap kinerja pada Dinas Perdagangan Lampung Utara sebesar 77,2%.

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Amir, Muhammad, 2015. Memahami evaluasi kinerja karyawan. Jakarta;Mitra wacana media.

Anik Herminingsih, 2012. Spiritualitas kepuasan kerja sebagai faktor Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jakarta; Jurnal Ekonomi dan Sosial.

Barata (dalam Firmayasa), 2017, Dasar-dasar pelayanan prima, Jakarta;PT. Elex media komputindo.

Edison, Emron, dkk, 2016. Manajemen Sumber daya manusia. Bandung;CV.Alfabeta.

Fandy Tjiptono, 2017, Pemasaran esesi dan aflikasi, Yogyakarta;Andi offset.

Hardiansyah, 2016, Kualitas pelayanan publik, Jogjakarta;Gaya media.

Hasibuan, 2017. Manajemen Sumber daya manusia. Jakarta;Bumi aksara.

HB. Ginting, 2019, Analisis pelayanan publik, sumut,skripsi.

Kasmir, 2017, Manajemen Sumber daya manusia, teori dan praktek, Jakarta;PT. Raja grafindo persada.

Kotler dan Keller, 2016. Marketing manajemen, New jersey;Pearson pretice hall.inc.

Parasurman (dalam Ani purwani dan Rahma W), 2017. Analisis pengaruh kualitas pelayanan, Jakarta;Gramedia utama.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 90/M-DAG/PER/12/2014, Tentang penataan dan pembinan gudang; Jakarta

Peraturan Bupati Lampung Utara No. 51 Tahun 2017, Tentang uraian tugas, fungsi dan tata kerja Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara.

Peraturan Pemerintah No. 5 Tahun 2021, Tentang penyelenggaraan Perizinan berusaha berbasis risiko. Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2021, Tentang penyelenggaraan Bidang Perdagangan.

Poewardamita (dalam Nurhadi), 2016, Kualitas pelayanan publik, Jakarta;Balai pustaka.

Rusydi, 2017, Customer Excelence, Jogjakarta;Gosyer publishing.

Sinambela (dalam Harbani pasolog), 2013. Manajemen pelayanan prima, Yogyakarta;Graha ilmu.

Sri Budi Cantika.. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Malang; UMM Sugiyono, 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif. Bandung;CV. Alfabeta.

Susilowati, Retnowulan, Widiyanti, 2018. Penilaian kinerja pemerintah daerah. Bogor;Jurnal manajemen.

Sutrisno, 2016. Budaya Organisasi dan motivasi terhadap kinerja, Jakarta;Tirtayasa.

Wirawan, 2017. Evaluasi kinerja sumber daya manusia teori aplikasi dan penelitian, Jakarta;Salemba empat.




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i2.1797

Article Metrics

Abstract view : 896 times
PDF (Indonesia) : 439 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License