PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PRINGSEWU

Selamat Selamat, Tuti Handayani

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara simultan kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan pringsewu. Untuk mengetahui dan menganalisis variable yang paling berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan pringsewu . Guru merupakan salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Oleh karena itu, guru yang merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan harus berperan secara aktif dan menempatkan kedudukanya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Dalam hal ini guru tidak semata- mata sebagai pengajar yang melakukan transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga sebagai pendidik yang melakukan transfer nilai-nilai sekaligus sebagai pembimbing dan menuntun siswa dalam belajar. Tujuan penelitian dalam tesis ini adalah untuk mengkaji pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap kinerja Guru Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian cluster random sampling dengan jumlah responden sebanyak 43 Guru. Analisis dipakai menggunakan analisis kuantitatif dan pengolahan data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja Guru dengan kontribusi pengaruh sebesar 13,2%. Selanjutnya Motivasi Kerja juga berpengaruh positif terhadap kinerja Guru dengan kontribusi pengaruh sebesar 37,8%. Uji regresi menunjukkan secara bersama-sama terdapat pengaruh positif antara Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap kinerja Guru. Besarnya pengaruh kedua variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 43,9%, sisanya 56,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Kepemimpinan , Motivasi Kerja dan Kinerja.

References


Ardana, Komang dkk. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus, Dharma, 2013. Manajemen Riset Sumber Daya ManusiaDalam Organisasi. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Alfabeta : Bandung.

Fitri Asterina. 2019 . Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. H. 2015. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: BPFE.

Kartini Kartono. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada.

Lawler III, Edward E. dan Porter, Lyman W. 2013. ‘The Effect of Performance on Job Satisfaction’. Industrial Relations, a Journal of Economy and Society. Vol. 7, no.1, pp. 20-28.

Maulana, Hanif. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Diakses pada laman http://repo.iain-tulungagung.ac.id, tanggal 12 Maret 2019 pukul 09.12.

Marno dan Idris, M. 2016. Strategi, Model, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogjakarta: Ar-ruzz Media..

McShane, Steven., & Von Glinow, Mary. 2015. Organizational Behavior – Emerging Knowledge &Practice for the Real World 5th edition. USA: McGraw Hill.

Moekijat. 2014. Manajemen Lingkungan Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Mulyasa. 2015. Menjadi Guru Profersional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S.P dan Judge T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Siti Umami. 2021. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru di SMP Negeri 1 Tanjung Raja. Universitas PGRI Palembang. Palembang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. 2013. Administrasi Pendidikan, Edisi Revisi, Bandung: PT. Refika Aditama.

Supriyanto. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan. 2011. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Wayan Gede Supartha. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Universitas Uadayana. Bali.




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i1.1776

Article Metrics

Abstract view : 939 times
PDF (Indonesia) (Bahasa Indonesia) : 628 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License