PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP IMANUEL BANDAR LAMPUNG

Rafian Joni, Sri Asiawati Lubis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan motivasi mengajar terhadap kualitas hasil belajar siswa di SMP Imanuel Bandar Lampung. Penelitian yang dilaksanakan adalah jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 32 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi guru (X1) dan motivasi mengajar (X2) sebagai variabel bebas dan kualitas hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi guru (X1) terhadap kualitas hasil belajar siswa (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 33,9%. Terdapat pengaruh motivasi mengajar (X2) terhadap kualitas hasil belajar siswa (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 30,8%. Terdapat pengaruh kompetensi guru (X1), motivasi mengajar (X2) terhadap kualitas hasil belajar siswa (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 35,1%. Kata kunci: Kompetensi guru, motivasi mengajar, kualitas hasil belajar siswa

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Bafadal, Ibrahim 2003, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Dari. Sentralisasi menuju Desentralisasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam. Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan. Nasional. Jakarta : Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka. Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali, 2014. Manajemen Pendidikan; Konsep &. Prinsip pengelolaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Poerwadarminta. W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai. Pustaka.

Saefullah. 2003. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Semana. 2004, Supervisi Pendidikan; Terobosan baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru . Jogjakarta: Ar Ruzz Media,

Sudjana, Nana. 2007. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umar, Husein. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia dan Jakarta Business Research Center. 2005

Usman, Hundaeni dan P.S Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Uyanto, S, Stanislaus. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2006

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Citra Choiruniza Rizqi Devi (2016) yang berjudul â€Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Nogotirtoâ€.

Norma Puspitasari (2015) yang berjudul “Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017â€.




DOI: https://doi.org/10.24967/dikombis.v1i1.1768

Article Metrics

Abstract view : 796 times
PDF (Indonesia) : 517 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Dikombis : Jurnal Dinamika Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License