EVALUASI KINERJA GURU YANG DIPENGARUHI OLEH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 NEGARA BATIN KABUPATEN WAY KANAN

Aprianis Aprianis

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi  kerja  terhadap  kinerja  guru  pada  SMP  Negeri  1 Negara Batin Kabupaten Way Kanan. Jenis penelitian ini termasuk jenis   penelitian deskriptif kuantitatif, keterangan penelitian ini bermaksud membuat pemaparan secara sistematis, faktual,   dan   akurat   mengenai   fakta-fakta  dan   sifat-sifat   populasi   tertentu. Penelitian ini menggunakan 22 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1  dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana gaya kepemimpinan (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan  data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni  sebagai  berikut;  terdapat  pengaruh  gaya  kepemimpinan  (X1)  terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 99,1%. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 97,3%. Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan (X1), motivasi kerja (X2) dengan kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 99,1%.

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Mangkunegara. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veithzal. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi (Cetakan Pertama). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siagian, S.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Simamora, Henry. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan II).

Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v6i1.715

Article Metrics

Abstract view : 1277 times
PDF : 514 times

Refbacks





Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License