ANALISIS KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA GURU SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru ditinjau dari kompetensi dan motivasi kerja di SMP Negeri 2 Abung Barat Kabupaten Lampung Utara. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 29 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat, dimana kompetensi (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil pengolahan data telah ditemukan jawaban hipotesis, yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 12,1%. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 15,6%. Terdapat pengaruh kompetensi (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 20,3%.
Keywords
Kompetensi, Motivasi Kerja, Kinerja Guru
References
Bacal, Robert. 2005. Performance Management, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 3.Jakarta : PT. SUN.
Basrowi dan Suwandi. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.
Maslow, Abraham. 2000. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia (Memotivasi Pegawai), Cet 5. Jakarta : PT. Elek Media Koputindo.
Mc Clelland, D.C. 1997. Human Motivation. New York : Cambridge University Press.
Mondy, R Wayne, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi sepuluh. Jakarta : Erlangga.
Nawawi, Hadari. 2006. Administrasi Pandidikan. Jakarta : CV Haji Masagung.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional 2007
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) No 19 Tangal 16 Mei Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
R. Dennis Middlemistdan Michael A. 2001. Organizational Behavior. New York : Mc-Graw-Hill.
Ridwan, Malik. 2002. Teori motivasi dan Aplikasi. Cetakan Kedua. Jakarta : Rineka.
Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Bandung : Penerbit Yrama Widya.
Sudrajat. Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknikdan. Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press.
Supriadi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v6i1.711
Article Metrics
Abstract view : 1532 times
PDF : 617 times
Refbacks
Abstract
Keywords
References
Bacal, Robert. 2005. Performance Management, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 3.Jakarta : PT. SUN.
Basrowi dan Suwandi. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.
Maslow, Abraham. 2000. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia (Memotivasi Pegawai), Cet 5. Jakarta : PT. Elek Media Koputindo.
Mc Clelland, D.C. 1997. Human Motivation. New York : Cambridge University Press.
Mondy, R Wayne, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi sepuluh. Jakarta : Erlangga.
Nawawi, Hadari. 2006. Administrasi Pandidikan. Jakarta : CV Haji Masagung.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional 2007
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) No 19 Tangal 16 Mei Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
R. Dennis Middlemistdan Michael A. 2001. Organizational Behavior. New York : Mc-Graw-Hill.
Ridwan, Malik. 2002. Teori motivasi dan Aplikasi. Cetakan Kedua. Jakarta : Rineka.
Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Bandung : Penerbit Yrama Widya.
Sudrajat. Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknikdan. Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press.
Supriadi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
