ANALISIS KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA GURU SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU

Meilinda Safitri, Hazairin Habe, Epi Parela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru ditinjau dari kompetensi dan motivasi kerja di SMP Negeri 2 Abung Barat Kabupaten Lampung Utara. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta – fakta dan sifat – sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 29 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat, dimana kompetensi (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil pengolahan data telah ditemukan jawaban hipotesis, yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi (X1) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 12,1%. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 15,6%. Terdapat pengaruh kompetensi (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 20,3%.

Keywords


Kompetensi, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Bacal, Robert. 2005. Performance Management, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 3.Jakarta : PT. SUN.

Basrowi dan Suwandi. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.

Maslow, Abraham. 2000. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia (Memotivasi Pegawai), Cet 5. Jakarta : PT. Elek Media Koputindo.

Mc Clelland, D.C. 1997. Human Motivation. New York : Cambridge University Press.

Mondy, R Wayne, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 Edisi sepuluh. Jakarta : Erlangga.

Nawawi, Hadari. 2006. Administrasi Pandidikan. Jakarta : CV Haji Masagung.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional 2007

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PPRI) No 19 Tangal 16 Mei Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.

R. Dennis Middlemistdan Michael A. 2001. Organizational Behavior. New York : Mc-Graw-Hill.

Ridwan, Malik. 2002. Teori motivasi dan Aplikasi. Cetakan Kedua. Jakarta : Rineka.

Sarimaya, Farida. 2008. Sertifikasi Guru, Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Bandung : Penerbit Yrama Widya.

Sudrajat. Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknikdan. Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Gaung Persada Press.

Supriadi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v6i1.711

Article Metrics

Abstract view : 1532 times
PDF : 617 times

Refbacks





Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License