Mengungkap Dinamika Minat Belanja Konsumen di Mall Kota Bandar Lampung: Sebuah Analisis Faktor Internal dan Eksternal

Herlina Herlina, Niken Paramitasari

Abstract


studi ini menganalisis pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap minat belanja konsumen di mall Kota Bandar Lampung dengan mengintegrasikan theory of planned behavior (TPB) dan stimulus-organism-response (SOR). Faktor internal meliputi sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol, sedangkan faktor eksternal mencakup suasana mall, pelayanan, dan promosi. Data diperoleh dari 100 responden dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Hasil menunjukkan faktor internal (β = 0,374; p < 0,001) dan eksternal (β = 0,496; p < 0,001) berpengaruh signifikan terhadap minat belanja dengan R² = 0,622. Studi ini mengungkap bahwa gabungan faktor psikologis dan stimulus lingkungan mampu menjelaskan sebagian besar minat belanja konsumen. Temuan ini memberikan kontribusi teoritis dan panduan praktis bagi pengelola mall dan pelaku ritel dalam meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen.

Keywords


minat belanja, faktor internal, faktor eksternal, Theory of Planned Behavior, Stimulus-Organism-Response

References


Ajzen, I. (2011). The theory of planned behaviour: Reactions and reflections. Psychology & Health, 26(9), 1113–1127. https://doi.org/10.1080/08870446.2011.613995

Asyraff, M. A., Hanafiah, M. H., & Aminuddin, N. (2023). Adoption of the Stimulus–Organism–Response (S-O-R) Model in Hospitality and Tourism Research: Systematic Literature Review and Future Research Directions. APJIHT, 12(1), 19–48.

Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Miman Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008–2018. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2573

Filani, L., & Ariswati, L. D. (2025). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Turunnya Minat Beli. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(1), 457–463. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i1.434

Hair, J. F., L.D.S. Gabriel, M., Da Silva, D., & Braga Junior, S. (2019). Development and validation of attitudes measurement scales: Fundamental and practical aspects. RAUSP Management Journal, 54(4), 490–507. https://doi.org/10.1108/RAUSP-05-2019-0098

Hayati, H. N., Hidayati, M. D., & ‘Aini, N. (2024). Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Hedonis Relasinya terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan E-Commerce. JIOSE: Journal of Indonesian Sharia Economics, 3(2), 125–146. https://doi.org/10.35878/jiose.v3i2.1342

Ismail, H. A., Trimiati, E. ., & Prihati, Y. . (2020). Membangun model konseptual faktor sinergitas perilaku konsumen dalam konteks pembelian impulsive secara online. Al Tijarah, 6(3), 10. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5603

Oktaviany, L., & Dora, Y. M. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Yamaha Fino 125 Blue Core Di Kota Bandung. Jurnal Bisnis, Ekonomi, dan Sains, 3(1), 439–450. https://doi.org/10.33197/bes.vol3.iss1.2023.1946

Pratiwi, K. A., Sudarsana, I. M., & Wardana, I. P. M. A. (2024). Membangun Konsep Niat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Di Kabupaten Buleleng Bali. Jurnal Ekonomi, 29(3), 528–551. https://doi.org/10.24912/je.v29i3.2580

Pratiwi, R. W. (2022). Persepsi Anak Muda Di Surabaya Mengenai Coffee Shop Sebagai Gaya Hidup masyarakat Perkotaan. Commercium, 5(2), 238–248.

Rasya, A. F., & Mustikasari, A. (2025). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gen Z Untuk Berkunjung Ke Mall paris Van Java Tahun 2025. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 9(1), 2406–2434.




DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v11i1.4164

Article Metrics

Abstract view : 336 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License