Hubungan Kualitas Pelayanan (Jasa) Kesehatan Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien Pada Klinik Utama Assalam Medical Center Di Lampung Selatan

Maria Elina, Husna Purnama, Bustami Zainudin

Abstract


Bisnis, termasuk sektor kesehatan, menghadapi persaingan yang semakin ketat seiring berjalannya waktu. Pelayanan kesehatan sangat penting untuk kesehatan dan keberlangsungan hidup di masa depan. Faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah kualitas pelayanan, karena klien yang merasa terpuaskan dengan nilai pribadinya akan lebih setia kepada perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini melakukan penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 30 subjek. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memengaruhi kepuasan pasien secara positif dan signifikan.

Keywords


kualitas pelayanan, kepuasan pasien.

References


Anggie Apriliani, Arni Rizqiani Rusdyi, Septiyanti. 2023. “KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DI RSIA PERMATA HATI KOTA MAKASSAR.” 4(4): 727–35.

Anwary, Ahmad Zacky. 2020. “Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah.” Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan 11(1): 397–409. doi:10.33859/dksm.v11i1.627.

Asri Amaliza Fathia Matusea, Andi Suprianto. 2021. “RANCANG BANGUN APLIKASI PENDAFTARAN PASIEN ONLINE DAN PEMERIKSAAN DOKTER DI KLINIK PENGOBATAN BERBASIS WEB.” 10(2): 136–49.

Febby Rahmawaty, DedeSoihin. 2023. “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan.” 3(1): 69–80.

Marinus Ewom Oktemka, Dera Izar Hasanah. 2024. “Pengawasan Dinas Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Di Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah 1.” 8(1).

Nur Rahma Batalipu, Sudirman, Abdul Kadri. 2020. “Gambaran Penentuan Tarif Layanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Pada Klinik Siti Fadilah Supari Pku Muhammadiyah Kota Palu An Overview of Health Service Rate in Dental Polyclinics on Siti Fadilah Supari Clinic , Pku Muhammadiyah Palu.” 03(04): 197–202.

Nurdiani, Nina. “TEKNIK SAMPLING SNOWBALL DALAM PENELITIAN LAPANGAN.” 5(9): 1110–18.

Nurhadi. 2020. “KONSEP PELAYANAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH Nurhadi.” 2(2). doi:10.14421/EkBis.2018.2.2.1100.

Suryani, Wan. 2018. “Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan.” Jurnal Implementasi Ekonomi dan Bisnis: 819–38.

Syamsul Arifin, Fauzie Rahman, Anggun Wuoandari, Vina Yulia Anhar. Dasar-Dasar Manajemen Kesehatan.

Wulandari, Siti. 2017. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Asuransi Jiwa.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6(9): 1–18.

Ziana Aubi Basith, Galuh Nita Prameswari. 2020. “Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas.” 4(1): 52–63.




DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v11i1.4063

Article Metrics

Abstract view : 426 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License