TANTANGAN UMKM LOKAL DALAM ALGORITMA PASAR GLOBAL

Indah Puja Claudia Damanik, Indah Puja Claudia Damanik

Abstract


Dengan pesatnya globalisasi pasar, usaha kecil dan menengah (UMKM) menghadapi tantangan yang signifikan dalam bersaing dengan perusahaan besar. Kemunculan algoritma semakin memperumit masalah ini, karena alat canggih ini memberikan keuntungan signifikan bagi perusahaan besar dibandingkan UMKM lokal yang lebih kecil. Tulisan penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan yang dihadapi UMKM lokal dalam bersaing di pasar global yang didominasi oleh algoritma. Secara khusus, penelitian ini mengkaji bagaimana algoritma memberikan keunggulan bagi perusahaan besar, dan tantangan apa yang ditimbulkannya bagi UMKM lokal yang lebih kecil. Sehingga diperlukan intervensi pemerintah untuk dapat merevisi peraturan/ regulasi untuk mendukung UMKM lokal bersaing dengan algoritma. Dalam menghadapi tantangan UMKM, diperlukan adanya dorongan dengan mengembangkan platform lokal yang inklusif dan fokus pada kebutuhan dan karakteristik UMKM lokal, agar UMKM lokal kita mampu mengahadapi persaingan, askses terhadap infrastruktur digital, kebelanjutan bisnis bahkan dominasi platform besar dan melalui pengembangan strategi pemesaran yang kita buat.

Keywords


UMKM, Algoritma, Pasar Global

References


Adawiyah, R. (n.d.). ANALISIS TANTANGAN E-COMMERCE DALAM. http://www.unpas.ac.id/apa-itu-E-commerce/

Afiah, N., Hasan, M., S, R., & Arisah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1257. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040

Cahyadi, I. (2015). 29 TANTANGAN INTERNASIONALISASI UKM DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN CHALLENGES OF INTERNATIONALIZATION OF INDONESIA’S SMES TOWARDS ASEAN ECONOMIC INTEGRATION. https://pure.ltu.se/

Fathir, M., Yusuf, M., Garusu, I. A., Hamid, A., Rauf, D. M., Sari, M., Ekonomi, F., Bisnis, D., Nahdlatul Ulama, U., Tenggara, S., & Oleo, U. H. (2024). DAMPAK PENUTUPAN TIKTOK SHOP TERHADAP PENGGUNA DAN PELAKU BISNIS DALAM E-COMMERCE. In Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan (Vol. 2, Issue 1). https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik

Mulyani’, N. (2002). TANTANGAN PERUSAHAAN DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL.

Muslim, S., & Diansah, S. (2023). Implikasi Hukum Penutupan TikTok Shop terhadap Regulasi Hukum Bisnis di Indonesia. In Jurnal Hukum dan HAM Wara Sains (Vol. 02, Issue 10).

Ridwan Zaelani, I. (2019). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM INDONESIA: TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN IPTEK. 3(1).

Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global (Vol. 2, Issue 1).

Simanjuntak, K., & Puspita Sari, R. (n.d.). Analisis Sistem S-Commerce pada Tiktok Shop untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode SWOT. 16(1), 2023.

Sukma Donoriyanto, D., Indiyanto, R., Ratni Juliardi R, N. A., Ali Syamsiah, Y., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. In Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 4, Issue 1).

Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (n.d.). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. In Journal Management (Vol. 19, Issue 3).

Zarkasyi, M. I. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan Guru Taman Kanak-Kanak. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(2), 290–307. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.640




DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v10i1.2600

Article Metrics

Abstract view : 1277 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 613 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License