PENGARUH PROMOSI DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMEJA FLANNEL DI TOKO HAPPINESS_FLANNEL GEDEBAGE BANDUNG
Abstract
Saat ini pertumbuhan dunia bisnis terus maju dan mengalami perubahan, salah satu industri dengan persaingan ketat yakni industri fesyen. Dengan banyaknya produk-produk fesyen yang inovatif dan berkualitas ditambah banyaknya peminat yang ada membuat pelaku usaha di industri fesyen harus terus menjaga performanya. Salah satu toko yang bergerak di industri fesyen yakni Happiness_flannel yang beroperasi di pasar Gedebage. Di tahun 2019 dan 2020, Happiness_flanel mengalami penurunan penjualan. Melihat tersebut maka diperlukan analisis terkait hal yang berpotensi menyebabkan penurunan penjualan tersebut, seperti promosi dan variasi produk. Sebab itu, maksud dari penelitian ini yakni untuk mencari tahu serta menganalisis pengaruh promosi serta variasi produk terhadap keputusan pembelian kemeja flannel di toko Happiness_flannel Gedebage Bandung. Populasi yang diperlukan pada tahapan penelitian ini yakni individu yang pernah membeli produk pada toko Happiness_flannel yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya. Pengambilan data dilakukan selama dua bulan dengan metode simple random sampling atau probability sampling dan terkumpul sebanyak 104 responden yang berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Teknik analisis data yang di gunakan ialah teknik metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel pada penelitian ini ialah Promosi (X1) dan Variasi Produk (X2) sebagai variabel independent serta Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa pada variabel Promosi, Variasi Produk dan Keputusan Pembelian di toko Happiness_flannel Gedebage Bandung termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa promosi dan variasi produk berpengaruh secara parsial dan berpengaruh secara simultan pada keputusan pembelian produk ditoko Happiness_flannel sebesar 53% dan sisanya terpengaruh dari faktor lain dalam penelitian yang tidak diukur sebesar 47%.
Keywords
Promosi, Variasi Produk, Keputusan Pembelian
References
Qiara Media.
Firmansyah, M, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Penerbit Qiara Media.
Firmansyah, M., A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: Diterbitkan Oleh Qiara Media.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Surabaya:Unitomo.
Jacklin et, al. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Matahari Departemen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, Volume 7, No. 1, Januari.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education ,Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. . (2016). Marketing Management 15 Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2015). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip, Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed). Erlangga.
Kotler, Philip. (2000). Prinsip - Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Sherly, et.al. (2020). Pemasaran Internasional. Medan: Yayasan Kita Menulis .
Wijayasari, Nilla dan Mahfudz. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gajah Duduk di Kabupaten Pekalongan. Diponegoro Journal Of Management . Volume 7, No 2.
DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v9i2.2347
Article Metrics
Abstract view : 1140 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 430 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Saat ini pertumbuhan dunia bisnis terus maju dan mengalami perubahan, salah satu industri dengan persaingan ketat yakni industri fesyen. Dengan banyaknya produk-produk fesyen yang inovatif dan berkualitas ditambah banyaknya peminat yang ada membuat pelaku usaha di industri fesyen harus terus menjaga performanya. Salah satu toko yang bergerak di industri fesyen yakni Happiness_flannel yang beroperasi di pasar Gedebage. Di tahun 2019 dan 2020, Happiness_flanel mengalami penurunan penjualan. Melihat tersebut maka diperlukan analisis terkait hal yang berpotensi menyebabkan penurunan penjualan tersebut, seperti promosi dan variasi produk. Sebab itu, maksud dari penelitian ini yakni untuk mencari tahu serta menganalisis pengaruh promosi serta variasi produk terhadap keputusan pembelian kemeja flannel di toko Happiness_flannel Gedebage Bandung. Populasi yang diperlukan pada tahapan penelitian ini yakni individu yang pernah membeli produk pada toko Happiness_flannel yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya. Pengambilan data dilakukan selama dua bulan dengan metode simple random sampling atau probability sampling dan terkumpul sebanyak 104 responden yang berpartisipasi dalam pengisian kuesioner. Teknik analisis data yang di gunakan ialah teknik metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel pada penelitian ini ialah Promosi (X1) dan Variasi Produk (X2) sebagai variabel independent serta Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel dependen. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa pada variabel Promosi, Variasi Produk dan Keputusan Pembelian di toko Happiness_flannel Gedebage Bandung termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa promosi dan variasi produk berpengaruh secara parsial dan berpengaruh secara simultan pada keputusan pembelian produk ditoko Happiness_flannel sebesar 53% dan sisanya terpengaruh dari faktor lain dalam penelitian yang tidak diukur sebesar 47%.
Keywords
References
Qiara Media.
Firmansyah, M, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: Penerbit Qiara Media.
Firmansyah, M., A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: Diterbitkan Oleh Qiara Media.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Surabaya:Unitomo.
Jacklin et, al. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Matahari Departemen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, Volume 7, No. 1, Januari.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education ,Inc.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. . (2016). Marketing Management 15 Edition: Global Edition. England: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2015). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.
Kotler, Philip, Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed). Erlangga.
Kotler, Philip. (2000). Prinsip - Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Sherly, et.al. (2020). Pemasaran Internasional. Medan: Yayasan Kita Menulis .
Wijayasari, Nilla dan Mahfudz. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gajah Duduk di Kabupaten Pekalongan. Diponegoro Journal Of Management . Volume 7, No 2.

Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
