PENGAPLIKASIAN ALAT PEMASARAN DIGITAL TERHADAP UMKM NURUTO

Antony Sentoso, Lady Lady, Julia Christini, Novi Sandra, Felicia Clarissa, Tina Tina, Weni Vivianti

Abstract


Pemasaran digital telah mengubah cara bisnis beroperasi dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin menuju ranah digital. Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang memiliki keterbatasan sumber daya, pemasaran digital menjadi kunci untuk memperluas jangkauan pasar. Di Indonesia, UMKM merupakan mayoritas bisnis, berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. UMKM juga berperan dalam mengurangi disparitas sosial dan ekonomi dengan memberikan peluang bagi individu yang kurang beruntung. Namun, UMKM menghadapi tantangan berupa sumber daya terbatas, anggaran pemasaran yang terbatas, akses pasar yang terbatas, persaingan dengan perusahaan besar, dan pemahaman yang tepat tentang target audiens. Dalam menghadapi tantangan tersebut, strategi inovatif dan pemasaran digital menjadi solusi efektif untuk mencapai kesuksesan. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat meningkatkan visibilitas, menjangkau lebih banyak konsumen, dan memperkuat kehadiran mereka di pasar yang semakin digital.


Keywords


UMKM, Pemasaran Digital, Instagram, Mailchimp, Linktree

References


Chaffey, D., & Smith, P. R. (2022). Digital marketing excellence: planning, optimizing and integrating online marketing. Taylor & Francis.

Dewi, D. C. (2022). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh UMKM Nuruto Kharinda. Bulletin of Management and Business, 3(1), 305-312.

Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 147-152.

Kartini, K., Syahrina, J., Siregar, N., & Harahap, N. (2022). Penelitian Tentang Instagram. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 2(2), 20-26.

Pratiwi, A., Kamila, N., & Haifa, W. (2023). KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PRODUK CAKE AND COOKIES DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KOMUNITAS UMKM. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 72-84.

Pratiwi, D., Ellyawati, N., & Permatasari, I. (2022, July). STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA USAHA FANNY’S FOOD SAMARINDA TAHUN 2021. In Educational Studies: Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 112-124).

Taulli, T. (2022). Private Equity: Buyouts, Venture Capital, and Angel Investing. In The Personal Finance Guide for Tech Professionals: Building, Protecting, and Transferring Your Wealth (pp. 93-114). Berkeley, CA: Apress.

Singh, P., Suar, D., & Leiter, M. P. (2012). Antecedents, work-related consequences, and buffers of job burnout among Indian software developers. Journal of Leadership & Organizational Studies, 19(1), 83-104.

Ten Brummelhuis, L., & Rothbard, N. P. (2018). How being a workaholic differs from working long hours—And why that matters for your health. Harvard Business Review. Retrieved from

Vancouver, J. B., Li, X., Weinhardt, J. M., Steel, P., & Purl, J. D. (2016). Using a computational model to understand possible sources of skews in distributions of job performance. Personnel Psychology, 69(4), 931-974.

Widiastuti, T. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada Tenaga Penjualan Perusahaan Farmasi di Semarang): Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, 13(2), 294054.




DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v9i1.2278

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 310 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License