SOSIALISASI PENGARUH VARIASI ROLLER DAN PEGAS CVT TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI PADA GURU-GURU SMK YAPEMA PRINGSEWU

Muh. Thohirin, Fery Hendi Jaya, Kemas Muhammad Abdul Fatah, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Saat ini perkembangan dunia industri dan teknologi otomotif khususnya sepeda motor sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Masyarakat saat ini sangat meminati sekali menggunakan kendaraan roda dua yaitu  sepeda motor. Transmisi otomatis jenis Continously Variabel Transmission (CVT) adalah salah satu jenis transmisi otomatis, cara kerjanya memanfaatkan gaya sentrifugal. Di kalangan pecinta modifikasi banyak dilakukan perubahan pada sepeda motor matic. banyak sparepart komponen CVT yang sudah dimodifikasi di pasaran untuk meningkatkan kinerja mesin yang lebih cepat dan optimal. Maka dari itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada Guru-Guru Di SMK YAPEMA Pringsewu tentang pengaruh perubahan variasi berat roller  9 gram, 10 gram, 11 gram, 12 gram (standar) dan menggunakan pegas CVT standar 800 Rpm dan pegas CVT 1500 Rpm untuk mengetahui Performa Terbaik sepeda motor matic sehingga menjadi pengetahuan baru bagi guru-guru tersebut. Program ini dimulai dari kegiatan survey, untuk mengindentifikasi permasalahan dan kebutuhan Mitra, berikutnya bimbingan teknis, praktek dan pengujian. Adapun luaran dari pengabdian ini adalah Mitra mampu menggunakan metode Taguchi dalam menhganalisis komponen yang paling berpengaruh terhadap sebuah kinerja mesin.

Keywords


Variasi Roller; Pegas CVT; Performa Sepeda Motor; Metode Taguchi

References


[1] R. Saputra, M. Thohirin, R. Dalimunthe, and M. Yunus, “Pengaruh Variasi Berat Roller Menggunakan Pegas Standar Terhadap Akselerasi Sepeda Motor Beat Fi,†J. Rekayasa, Teknol. dan Sains, vol. 6, no. 1, pp. 51–55, 2022.

[2] N. Wijaya, “Pengaruh Brand Performance Terhadap Repeat Purchase Dengan Competitive Advantage dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Surabaya,†J. Strateg. Pemasar., vol. 4, no. 2, 2017.

[3] E. R. Ningsih and L. I. Vitaharsa, “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Di Dealer Kharisma,†Hum. Cap. Dev., vol. 9, no. 1, pp. 1–15, 2022.

[4] A. N. Akhmadi and M. K. Usman, “Analisis Pengaruh Berat Roller Standard Dan Racing Pada Sistem Cvt Terhadap Rpm Sepeda Motor Honda Beat Pgm-Fi Tahun 2015,†J. Rekayasa Mater. Manufaktur dan Energi, vol. 4, no. 1, pp. 22–31, 2021.

[5] R. Rifdarmon, P. N. Zofa, E. Alwi, and D. Fernandez, “Torsi Dan Daya Sepeda Motor Matic 4 Tak Hasil Kemiringan Sudut Drive Pulley,†Ensiklopedia Educ. Rev., vol. 4, no. 3, pp. 237–244, 2022.

[6] H. F. Fani and E. Alwi, “Pengujian Penggunaan Berat Roller Dan Pegas Pulley Sekundery Non Standart Pada Countinuously Variable Transmission (Cvt) Terhadap Daya Dan Torsi Sepeda Motor Honda Beat Pgm-Fi,†Ranah Res. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 1, no. 4, pp. 766–774, 2019.

[7] M. A. Albanjari, “The Effect Of Changes In Weight And Roller Shape On Continously Variable Transmission On The Performance Of 108CC Scootic Engine: Pengaruh Perubahan Berat Dan Bentuk Roller Pada Continously Variable Transmission Terhadap Performa Mesin Skutik 108CC,†JMIO J. Mesin Ind. dan Otomotif, vol. 3, no. 01, pp. 1–7, 2022.

[8] J. A. S. I. Putra and Y. Kaelani, “Studi Eksperimental dan Analisa Laju Keausan Roller pada Sistem Continously Variable Transmission (CVT) dengan Gerakan Reciprocating,†J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, 2017.

[9] I. Ilmy and I. N. Sutantra, “Pengaruh Variasi Konstanta Pegas dan Massa Roller CVT Terhadap Performa Honda Vario 150 cc,†J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. E1–E6, 2018.

[10] A. Abidin and N. S. Pamungkas, “Pengaruh Variasi Massa Roller CVT terhadap Karakteristik Performa Motor Matic 110 cc dan 150 cc Menggunakan Dynamometer,†J-Proteksion J. Kaji. Ilm. dan Teknol. Tek. Mesin, vol. 7, no. 1, pp. 8–13, 2022.

[11] A. B. Prasojo and Y. Kaelani, “Analisa Beban Kerja Dan Gaya Dinamis Pada Round Roller Dan Sliding Roller Untuk Sistem CVT (Continuously Variable Transmission) Sepeda Motor Matic,†J. Tek. ITS, vol. 5, no. 2, pp. A703–A707, 2016.

[12] J. Jaelani, “Pengaruh Berat Roller Pada Transmisi Otomatis Gokart Yamaha Mio,†Eng. J. Bid. Tek., vol. 11, no. 2, pp. 31–38, 2020.

[13] H. Hutabarat, D. Darlius, and Z. Zulherman, “Pengaruh variasi berat roller cvt dan rpm terhadap daya pada yamaha soul gt 115cc,†J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 5, no. 1, pp. 55–61, 2018.

[14] W. Wisnaningsih, M. Thohirin, I. Indriyani, A. Apriyanto, and R. Saputra, “Perubahan Variasi Roller Dan Pegas CVT Terhadap Torsi, Daya, Akselerasi Pengaruh Pada Sepeda Motor Beat Fi,†Tek. Sains J. Ilmu Tek., vol. 7, no. 2, pp. 110–121, 2022.

[15] A. Aldi and K. Anam, “Variasi Berat Roller Terhadap Performa Pada Sepeda Motor Honda Scoopy Fi Tahun 2016,†Surya Tek., vol. 5, no. 2, pp. 1–7, 2021.

[16] D. A. Wijaya, K. R. Dantes, and I. N. P. Nugraha, “Analisis Pengaruh Bentuk Slidding Roller Terhadap Torsi dan Daya Kendaraan Berbasis Continously Variable Transmission,†Quantum Tek. J. Tek. Mesin Terap., vol. 2, no. 2, pp. 52–58, 2021.

[17] R. R. Rusdiani, “Kajian factor emisi kendaraan bermotor bahan bakar gasoline roda dua di kota Surabaya.†Tesis–RE142541, 2018.

[18] Y. Nofendri and E. Christian, “Pengaruh Berat Roller Terhadap Performa Mesin Yamaha Mio Soul 110 Cc Yang Menggunakan Jenis Transmisi Otomatis (CVT),†J. Kaji. Tek. Mesin, vol. 5, no. 1, pp. 58–65, 2020.

[19] A. F. Akbar, H. Maksum, and D. Fernandez, “Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller Cvt Terhadap Kecepatan Pada Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty,†Automot. Eng. Educ. Journals, vol. 4, no. 2, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v4i01.2288

Article Metrics

Abstract view : 1167 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 551 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License