PEMBUATAN STIKER DAN VIDEO PROMOSI UNTUK UMKM DI KELURAHAN PINANG JAYA KECAMATAN KEMILING
Abstract
Branding atau promosi produk kini hadir dalam berbagai bentuk. Selain tulisan dan gambar, saat ini ada kemajuan teknologi turut mengubah cara-cara lama dalam melakukan branding atau promosi. Tujuan dari pengabdian ini adalah mencoba memberikan pelatihan terhadap pembuatan video dan stiker pada UMKM Batik Strikandi. UMKM Batik Srikandi dipilih sebagai mitra karena UMKM ini menjadi salah satu yang terbesar di Kelurahan Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung.. Dalam pengabdian ini dipaparkan sejumlah aplikasi yang digunakan sebagai pembuat stiker seperti aplikasi Adobe Photoshop pada komputer dan Canva pada telepon genggam. Sementara itu untuk aplikasi pembuat video pada komputer adalah Adobe Premiere dan pada telepon genggam adalah Kine Master. Dari hasil pengabdian ini dihasilkan sejumlah video yang dapat dijadikan sebagai alat promosi dan sudah diunggah pada media sosial bagai bagian dari promosi. Selain itu, pengabdian ini juga berhasil mengajak pelaku UMKM Batik Srikandi untuk menciptakan stiker promosi yang baru. Dari pengabdian ini diketahui cukup berhasil dilihat dari segi kehadiran dan hasil video yang didapatkan.
Keywords
Batik Srikandi; Pelatihan; Promosi; UMKM
References
F. M. Valenthine, S. Suwandi, and A. K. R. A. Prawita, “Pengembangan Perencanaan Umkm Produksi Tempe (Home Industri) Saat Covid-19 Di Desa Gunung Sulah,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 2, pp. 155–122, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i2.1361.
I. F. Maizir, P. A. Al-khairi, and A. D. Sari, “Analisis Lingkungan Tempat Kerja Dalam Peningkatan Produktivitas Pada Umkm Konveksi XYZ Dengan Menggunakan Metode 6S,†IENACO (Industrial Eng. Natl. Conf., vol. 8, pp. 89–95, 2020.
K. T. Werthi, N. N. P. Sari, P. N. A. Putra, and K. M. Astuti, “Digital Ekonomi Bisnis Untuk UMKM Denpasar Pada Masa Resesi Ekonomi,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 1, pp. 35–41, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i01.1241.
D. Sari, N. Azriya, A. Anum, and H. Devi, “Penyuluhan Digital Marketing untuk Usaha Rumahan di Kelurahan Tanjung Baru Kec. Kedamaian,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 2, pp. 88–93, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i2.1353.
A. Djabbar, J. Rizal, and E. N. Rizaly, “Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Home Creative ‘Lentera Donggo’ Kecamatan Soromandi Bima NTB,†JPPMP J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Bid. Pariwisata, vol. 1, no. 1, pp. 14–20, 2021, [Online]. Available: http://journal.ainarapress.org/index.php/jppmp/article/view/58.
R. A. A. Febriyanti Darnis, “Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado,†Sindimas, vol. 1, no. 1, pp. 275–278, 2019, [Online]. Available: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584.
N. Rimayanti, A. Yulianti, B. Nasution, and E. E. Lubis, “Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia,†IT J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 84–95, 2019, doi: 10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499.
G. A. Badrun, H. Amani, and S. Wulandari, “PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN ANEKA KRIPIK FATHAN MANDIRI MENGGUNAKAN METODE BENCMARKING,†in ISSN : 2355-9365 e-Proceeding of Engineering, 2021, vol. 8, no. 6, pp. 12338–12345.
T. S. Dian and R. Purba, “Pembuatan Video Promosi UMKM Rendy Handycraft,†J. ABDIMAS Budi Darma, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2021.
F. Ardianti, “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor,†J. Sains Komun. dan Pengemb. Masy. [JSKPM], vol. 4, no. 6, pp. 796–809, 2020, doi: 10.29244/jskpm.v4i6.739.
R. Priyanto, S. Martina, F. Hamzah, P. R. Somantri, and D. Syarifuddin, “Peranan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Rajutan di CV Konta Djaya Binong Jati,†J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 296–304, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas.
N. Paramitasari and B. Magdalena, “Penerapan Merek Dan Digital Marketing Dalam Produksi Pangan Beras Desa Banjarsari,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 01, pp. 42–51, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i01.1226.
Wahyuni Eka Sari, Yulianto, E. Junirianto, A. Franz, S. Karim, and I. M. Khamidah, “Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM),†J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 10–18, 2021, doi: 10.33474/jipemas.v4i1.7174.
A. Fauzi and W. P. Sari, “Parodi Sebagai Strategi Kreatif Iklan di Indonesia (Studi Kasus Iklan Ovo X Grab Versi Rhoma Irama),†Prologia, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.24912/pr.v3i1.6111.
M. Dopades and A. E. Adi, “Video 360 Sebagai Media Promosi Produk Mitra UMKM Kabupaten Bandung,†Charity, vol. 5, no. 1, p. 13, 2022, doi: 10.25124/charity.v5i1.3456.
DOI: https://doi.org/10.24967/jams.v3i01.1625
Article Metrics
Abstract view : 1252 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 636 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Keywords
References
F. M. Valenthine, S. Suwandi, and A. K. R. A. Prawita, “Pengembangan Perencanaan Umkm Produksi Tempe (Home Industri) Saat Covid-19 Di Desa Gunung Sulah,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 2, pp. 155–122, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i2.1361.
I. F. Maizir, P. A. Al-khairi, and A. D. Sari, “Analisis Lingkungan Tempat Kerja Dalam Peningkatan Produktivitas Pada Umkm Konveksi XYZ Dengan Menggunakan Metode 6S,†IENACO (Industrial Eng. Natl. Conf., vol. 8, pp. 89–95, 2020.
K. T. Werthi, N. N. P. Sari, P. N. A. Putra, and K. M. Astuti, “Digital Ekonomi Bisnis Untuk UMKM Denpasar Pada Masa Resesi Ekonomi,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 1, pp. 35–41, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i01.1241.
D. Sari, N. Azriya, A. Anum, and H. Devi, “Penyuluhan Digital Marketing untuk Usaha Rumahan di Kelurahan Tanjung Baru Kec. Kedamaian,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 2, pp. 88–93, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i2.1353.
A. Djabbar, J. Rizal, and E. N. Rizaly, “Dampak Keberadaan Sektor Pariwisata Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Home Creative ‘Lentera Donggo’ Kecamatan Soromandi Bima NTB,†JPPMP J. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Bid. Pariwisata, vol. 1, no. 1, pp. 14–20, 2021, [Online]. Available: http://journal.ainarapress.org/index.php/jppmp/article/view/58.
R. A. A. Febriyanti Darnis, “Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado,†Sindimas, vol. 1, no. 1, pp. 275–278, 2019, [Online]. Available: http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584.
N. Rimayanti, A. Yulianti, B. Nasution, and E. E. Lubis, “Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia,†IT J. Res. Dev., vol. 3, no. 2, pp. 84–95, 2019, doi: 10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499.
G. A. Badrun, H. Amani, and S. Wulandari, “PERANCANGAN PERBAIKAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN ANEKA KRIPIK FATHAN MANDIRI MENGGUNAKAN METODE BENCMARKING,†in ISSN : 2355-9365 e-Proceeding of Engineering, 2021, vol. 8, no. 6, pp. 12338–12345.
T. S. Dian and R. Purba, “Pembuatan Video Promosi UMKM Rendy Handycraft,†J. ABDIMAS Budi Darma, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2021.
F. Ardianti, “Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor,†J. Sains Komun. dan Pengemb. Masy. [JSKPM], vol. 4, no. 6, pp. 796–809, 2020, doi: 10.29244/jskpm.v4i6.739.
R. Priyanto, S. Martina, F. Hamzah, P. R. Somantri, and D. Syarifuddin, “Peranan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Rajutan di CV Konta Djaya Binong Jati,†J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 296–304, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas.
N. Paramitasari and B. Magdalena, “Penerapan Merek Dan Digital Marketing Dalam Produksi Pangan Beras Desa Banjarsari,†J. Abdi Masy. Saburai, vol. 2, no. 01, pp. 42–51, 2021, doi: 10.24967/jams.v2i01.1226.
Wahyuni Eka Sari, Yulianto, E. Junirianto, A. Franz, S. Karim, and I. M. Khamidah, “Video branding untuk promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM),†J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 10–18, 2021, doi: 10.33474/jipemas.v4i1.7174.
A. Fauzi and W. P. Sari, “Parodi Sebagai Strategi Kreatif Iklan di Indonesia (Studi Kasus Iklan Ovo X Grab Versi Rhoma Irama),†Prologia, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.24912/pr.v3i1.6111.
M. Dopades and A. E. Adi, “Video 360 Sebagai Media Promosi Produk Mitra UMKM Kabupaten Bandung,†Charity, vol. 5, no. 1, p. 13, 2022, doi: 10.25124/charity.v5i1.3456.

JAMS: Jurnal Abdi Masyarakat Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
