Improving Madrasah Students' Mufradat Memorization Ability Using Picture Card Media (Flash Card)
Abstract
Sejauh ini, peserta didik masih kesulitan dalam menghafal kosa kata bahasa Arab. Peserta didik ramai sendiri, kurangnya konsentrasi belajar serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi kosa kata bahasa Arab, yang mengakibatkan kemampuan menghafal kosa kata peserta didik rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab pada siswa MTs Roudhatul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 26 peserta didik. Terdapat dua siklus pada Pelaksanaan PTK, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklusTeknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian, didapat bahwa penggunaan media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswa MTs Roudhatul Huda Kotabumi.
Keywords
Flash Card Media; Learning Media; Madrasah Students’; Memorization Ability; Mufradat
DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v3i02.2439
Article Metrics
Abstract view : 1067 times
PDF : 506 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Sejauh ini, peserta didik masih kesulitan dalam menghafal kosa kata bahasa Arab. Peserta didik ramai sendiri, kurangnya konsentrasi belajar serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi kosa kata bahasa Arab, yang mengakibatkan kemampuan menghafal kosa kata peserta didik rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media flash card dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab pada siswa MTs Roudhatul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 26 peserta didik. Terdapat dua siklus pada Pelaksanaan PTK, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklusTeknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian, didapat bahwa penggunaan media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan menghafal kosa kata bahasa Arab siswa MTs Roudhatul Huda Kotabumi.
Keywords
Flash Card Media; Learning Media; Madrasah Students’; Memorization Ability; Mufradat

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
