Pengaruh Discovery Learning Model Berbantuan Media Teka-Teki Silang Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan salah satu keterampilan yang digunakan untuk menerapkan konsep-konsep ilmu pengetahuan secara rinci dengan disertai media teka-teki silang dapat membantu mempermudah peserta didik untuk mencapai kompetensi yang baik. Sikap ilmiah juga mempengaruhi hasil kompetensi yang akan dicapai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media teka-teki silang terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Hasil uji hipotesis menunjukkan secara individual model pembelajaran Discovery Learning disertai media teka-teki silang mempengaruhi keterampilan proses sains dan Sikap Ilmiah. Selain itu, secara bersama-sama (simultan) Keterampilan Proses sains dan Sikap Ilmiah siswa yang diberi perlakuan model Discovery Learning berbantuan media teka-teki silang lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together.
Keywords
Discovery Learning Model; Media Teka-Teki Silang; Keterampilan Proses Sains; Sikap Ilmiah
References
Acesta, A. (2020). Analisis kemampuan higher order thingking skills (hots) siswa materi ipa di sekolah dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170–175.
Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166–176.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2), 161–174.
Asy’ari, M., & Fitriani, H. (2017). Literatur reviu keterampilan proses sains sebagai dasar pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 1–7.
Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 21. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Dahniar, A. (2019). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) dalam Pendidikan dan Pelatihan. Tatar Pasundan, 13(2), 299549.
Dapitra, A. A., Popiyanto, Y., & Suryandari, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Ekosistem Siswa Kelas V SS Raden Patah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 2001–2008.
David, M., Resky, A., R, A. S. N. R., Iffa, F., & Ramadhani, N. I. (2017). Peran Full Day School Terhadap Penanaman Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(1), 712–723.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400
Deviyanti, A., Apriliana, M., & Satria, I. (2022). Efektifitas Crossword Puzzle Braille Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Tunanetra Sekolah Luar Biasa Negeri Batam. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(5), 253–261.
Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 465–472.
Dewi, S. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantu Teka-teki Silang (tts) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas Xi Di Sman 1 Singingi Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Riau.
Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N. P. (2017). Penggunaan teka-teki silang sebagai sebagai strategi pengulangan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMA kelas XI IPS. Jurnal Pelangi, 9(2).
Efendi, R. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Sma Negeri 4 Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(2), 1016–1021.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Fathurrahman, & Ramadhani, I. A. (2020). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran IPA Berbasis IT Menggunakan Program Lectora pada Guru MTS Kota Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 3(1), 6–12.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Fiteriani, I., & Solekha, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadinggrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103–120.
Gahara, B. (2017). Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Tanzhim, 1(01), 93–109.
Halim, S., Boleng, D. T., & Labulan, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan number head together terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 55–61.
Harefa, D. P., & Gumay, O. P. U. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 1–14.
Harfiani, R., & Setiawan, H. R. (2019). Model Penilaian Pembelajaran Di Paud Inklusif. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 235–243.
Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 826–838. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/503
Hasyda, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 6–13.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Irmawanty, I. (2022). Pengaruh media crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(1), 12–18.
Kaharuddin, H., & Avicenna, A. (2021). Studi Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Proses Motivasi dan Kreatif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Jurnal Konsepsi, 10(2), 99–105.
Khoerunnisa, N. R., Mulyani, S., & Wahyudin, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Kemampuan Pemahaman Tokoh Perjuangan Proklamasi Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1688–1694.
Kurniasih, N. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dan Pembelajaran PAI. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2), 157–168.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 73–82.
Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan Gadget untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif.
Malinda, S., Rohadi, N., & Medriati, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Usaha Dan Energi Di Kelas X Mipa . 3 Sman 10 Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 56–63.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Materi Statistika Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467–476. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.26
Muzari, I. (2019). Guided Inquiry Method: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII MTs Negeri 4 Gunungkidul Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.41-02
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika Sesiomadika 2019, 659–663.
Nadimah, N. A., & Raharjo, R. (2018). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Siswa Kelas X SMA Pada Materi Fungi. BioEdu, 7(2), 433–440.
Nelyza, F., Hasan, M., & Musman, M. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Sosial Peserta Didik Mas Ulumul Qurâan Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 14–21.
Ningsih, R. (2015). Pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa materi saling ketergantungan dalam ekosistem kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. IAIN Palangka Raya.
Novita, I., Mayub, A., & Swistoro, E. (2017). Pengaruh model discovery learning dengan lks berbasis penemuan terhadap hasil belajar, keterampilan proses sains, serta minat belajar pada konsep getaran dan gelombang di smpn 1 kota bengkulu. Amplitudo: Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 1(1).
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nugrawiyati, J. (2018). Media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97–111.
Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939
Nurmala, S., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2017). Peranan Guru Terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(7).
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28–33.
Pillai, J. A., Hall, C. B., Dickson, D. W., Buschke, H., Lipton, R. B., & Verghese, J. (2011). Association of crossword puzzle participation with memory decline in persons who develop dementia. Journal of the International Neuropsychological Society, 17(6), 1006–1013.
Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer. QUDWATUNA, 3(1), 1–24.
Putri, D. R., Hanim, N., & Taib, E. N. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 11 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 8(2).
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173–180.
Qodr, T. S. (2020). Media Pembelajaran Game Geograpiea untuk Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Journal of Curriculum Indonesia, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.29
Rattu, J. A. (2017). Penilaian Kompetensi Sikap pada Mahasiswa Jurusan PPKn Fis Unima. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 9–14.
Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.
Rusmana, N. E., & Aulia, A. (2017). Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. JESA Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 33–44. https://ejournal.stkip11april.ac.id/index.php/jesa/article/view/62/49
Samarinda, E. P., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas V MIN 08 Muara Enim. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752–755.
Sari, N. N., & Junaidi, J. (2021). Discovery Learning Berbantuan Media Teka Teki Silang-Puzzle. Discovery Education. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 307–318.
Sarumaha, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Nominal Group Technique (NGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Education and Development, 9(2), 631–635.
Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17–29.
Suciati, I. (2020a). Penggunaan Metode “Perang Mental Matematika†Dengan Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.44
Suciati, I. (2020b). Penggunaan Metode Permainan “Uno Matematika†Pada Materi Bilangan Pecahan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 15–22.
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Warpala, I. W. S. (2019). Pembelajaran Kontekstual : Sebuah Inovasi Penerapan Pendidikan Multikultural dan Belajar Untuk Penemuan. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–27.
Widya, M. A. A., Airlangga, P., Husna, N. L., & Widianingsih, D. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Game Edukatif di Era New Normal. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17–22.
Wijayanti, A., & Rahmawati, A. D. (2019). Media Kartu “Hipat†Sebagai Inovasi Pembelajaran Paud di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tumbuhkembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 122–129.
Yunita, Y., Irawati, S., & Idrus, I. (2019). Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 250–257.
Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Tipe Shared Dan Webbed Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kps Siswa. Edusains, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1730
DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1761
Article Metrics
Abstract view : 1612 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1062 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Acesta, A. (2020). Analisis kemampuan higher order thingking skills (hots) siswa materi ipa di sekolah dasar. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 170–175.
Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166–176.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2), 161–174.
Asy’ari, M., & Fitriani, H. (2017). Literatur reviu keterampilan proses sains sebagai dasar pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 5(1), 1–7.
Besare, S. D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Budiarti, A., Handhika, J., & Kartikawati, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 2(2), 21. https://doi.org/10.25273/jupiter.v2i2.1795
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Dahniar, A. (2019). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) dalam Pendidikan dan Pelatihan. Tatar Pasundan, 13(2), 299549.
Dapitra, A. A., Popiyanto, Y., & Suryandari, S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Ekosistem Siswa Kelas V SS Raden Patah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(9), 2001–2008.
David, M., Resky, A., R, A. S. N. R., Iffa, F., & Ramadhani, N. I. (2017). Peran Full Day School Terhadap Penanaman Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 4(1), 712–723.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/129400
Deviyanti, A., Apriliana, M., & Satria, I. (2022). Efektifitas Crossword Puzzle Braille Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Tunanetra Sekolah Luar Biasa Negeri Batam. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(5), 253–261.
Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1(1), 465–472.
Dewi, S. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantu Teka-teki Silang (tts) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Kelas Xi Di Sman 1 Singingi Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Riau.
Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N. P. (2017). Penggunaan teka-teki silang sebagai sebagai strategi pengulangan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMA kelas XI IPS. Jurnal Pelangi, 9(2).
Efendi, R. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Sma Negeri 4 Palembang. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 8(2), 1016–1021.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Fathurrahman, & Ramadhani, I. A. (2020). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran IPA Berbasis IT Menggunakan Program Lectora pada Guru MTS Kota Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 3(1), 6–12.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Fiteriani, I., & Solekha, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas V MI Raden Intan Wonodadi Kecamatan Gadinggrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103–120.
Gahara, B. (2017). Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013. Tanzhim, 1(01), 93–109.
Halim, S., Boleng, D. T., & Labulan, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan number head together terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 55–61.
Harefa, D. P., & Gumay, O. P. U. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 1–14.
Harfiani, R., & Setiawan, H. R. (2019). Model Penilaian Pembelajaran Di Paud Inklusif. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 235–243.
Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 826–838. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/503
Hasyda, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Discovery dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 6–13.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Irmawanty, I. (2022). Pengaruh media crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(1), 12–18.
Kaharuddin, H., & Avicenna, A. (2021). Studi Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Proses Motivasi dan Kreatif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Jurnal Konsepsi, 10(2), 99–105.
Khoerunnisa, N. R., Mulyani, S., & Wahyudin, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap Kemampuan Pemahaman Tokoh Perjuangan Proklamasi Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2(1), 1688–1694.
Kurniasih, N. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dan Pembelajaran PAI. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2), 157–168.
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 73–82.
Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan Gadget untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif.
Malinda, S., Rohadi, N., & Medriati, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Usaha Dan Energi Di Kelas X Mipa . 3 Sman 10 Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 56–63.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Materi Statistika Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467–476. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.26
Muzari, I. (2019). Guided Inquiry Method: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII MTs Negeri 4 Gunungkidul Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(1), 13–24. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.41-02
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika Sesiomadika 2019, 659–663.
Nadimah, N. A., & Raharjo, R. (2018). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Siswa Kelas X SMA Pada Materi Fungi. BioEdu, 7(2), 433–440.
Nelyza, F., Hasan, M., & Musman, M. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Sosial Peserta Didik Mas Ulumul Qurâan Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 14–21.
Ningsih, R. (2015). Pengaruh pendekatan discovery terhadap keterampilan proses sains dan tanggung jawab siswa materi saling ketergantungan dalam ekosistem kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. IAIN Palangka Raya.
Novita, I., Mayub, A., & Swistoro, E. (2017). Pengaruh model discovery learning dengan lks berbasis penemuan terhadap hasil belajar, keterampilan proses sains, serta minat belajar pada konsep getaran dan gelombang di smpn 1 kota bengkulu. Amplitudo: Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 1(1).
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nugrawiyati, J. (2018). Media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97–111.
Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 6(1). https://doi.org/10.29406/arz.v6i1.939
Nurmala, S., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2017). Peranan Guru Terhadap Perubahan Sikap Sosial Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(7).
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan alat peraga IPA dari barang bekas untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28–33.
Pillai, J. A., Hall, C. B., Dickson, D. W., Buschke, H., Lipton, R. B., & Verghese, J. (2011). Association of crossword puzzle participation with memory decline in persons who develop dementia. Journal of the International Neuropsychological Society, 17(6), 1006–1013.
Purnamasari, N. I. (2020). Siginifikansi Teori Belajar Clark Hull dan Ivan Pavlov bagi Pendidikan Islam Kontemporer. QUDWATUNA, 3(1), 1–24.
Putri, D. R., Hanim, N., & Taib, E. N. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 11 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 8(2).
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173–180.
Qodr, T. S. (2020). Media Pembelajaran Game Geograpiea untuk Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Journal of Curriculum Indonesia, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.29
Rattu, J. A. (2017). Penilaian Kompetensi Sikap pada Mahasiswa Jurusan PPKn Fis Unima. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 9–14.
Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.
Rusmana, N. E., & Aulia, A. (2017). Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. JESA Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 33–44. https://ejournal.stkip11april.ac.id/index.php/jesa/article/view/62/49
Samarinda, E. P., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas V MIN 08 Muara Enim. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752–755.
Sari, N. N., & Junaidi, J. (2021). Discovery Learning Berbantuan Media Teka Teki Silang-Puzzle. Discovery Education. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 307–318.
Sarumaha, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Nominal Group Technique (NGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Education and Development, 9(2), 631–635.
Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 17–29.
Suciati, I. (2020a). Penggunaan Metode “Perang Mental Matematika†Dengan Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.44
Suciati, I. (2020b). Penggunaan Metode Permainan “Uno Matematika†Pada Materi Bilangan Pecahan. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 15–22.
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060
Warpala, I. W. S. (2019). Pembelajaran Kontekstual : Sebuah Inovasi Penerapan Pendidikan Multikultural dan Belajar Untuk Penemuan. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–27.
Widya, M. A. A., Airlangga, P., Husna, N. L., & Widianingsih, D. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar melalui Game Edukatif di Era New Normal. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17–22.
Wijayanti, A., & Rahmawati, A. D. (2019). Media Kartu “Hipat†Sebagai Inovasi Pembelajaran Paud di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tumbuhkembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 122–129.
Yunita, Y., Irawati, S., & Idrus, I. (2019). Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Melalui Penerapan Model Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 250–257.
Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Tipe Shared Dan Webbed Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kps Siswa. Edusains, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1730


Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :






















Dilla Rizka Safitri, Deden Makbulloh, Supriyadi Supriyadi