Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Menggunakan Media Virtual Lab terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa

Ade Ariyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis lesson study menggunakan media virtual lab terhadap hasil belajar siswa pada materi Titrasi Asam Basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Unggulan CT Foundation Deli Serdang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan sebanyak 20 soal. Uji hipotesis yaitu uji t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berbasis lesson study menggunakan media virtual lab lebih tinggi secara signifikan (84,07 persen) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (47,34 persen). Selain itu, Aspek kognitif yang paling berkembang pada kelas eksperimen yang diberikan model PBL berbasis lesson study menggunakan media virtual lab pada materi titrasi asam basa adalah aspek kognitif penerapan (C3) sebesar 93,93 persen.

Keywords


Lesson Study; Media Virtual Lab, Problem Based Learning; Titrasi Asam Basa

References


Ali, A., Rapi, M., Arif, W. P., Rivai, A. T. O., Zulkarnaim, Z., & Ibrahim, A. (2022). Pendampingan Praktikum IPA Biologi Peserta Didik MAN 2 Barru. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43–49.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90–114.

Djarwo, C. F. (2019). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 6(2), 90–97.

Fahmi, M. D. E. (2016). Pengaruh Media Virtual Lab Berbasis Crocodile Chemistry Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Sma Pada Pokok Bahasan Titrasi Asam Basa. UNIMED.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149–166.

Farihati, I., Bashori, K., & Tentama, F. (2019). Kedisiplinan, kemandirian dan kesiapan kerja (employability): Literature review. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 384–390.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355.

Harahap, K. S. (2018). Paradigma Pendidikan Islam Berbasis Multikultural Di Pantai Timur Sumatera. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(2), 129–151.

Harfita, N. L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. UNIMED.

Indayatmi, I. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kimia melalui Model Chemisong pada Peserta Didik Kelas X Kimia Analisis SMK. Edusains UIN Syarif Hidayatullah, 9(1).

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1–7.

Majora, C., & Rahmadani, R. (2022). Video Pembelajaran Animasi Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI Di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 216–222.

Mashami, R. A., & Khaeruman, K. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Kimia Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 8(2), 85–96.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatn Augmented reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 728–732. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379.

Nurmalitasari, D. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak di STKIP PGRI Pasuruan. JURNAL EDUCAZIONE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 27–35.

Parasamya, C. E., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1–7.

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159.

Rionanda, L. S., Farida, F., Putra, F. G., Damayanti, E., & Pradana, K. C. (2022). ICT-Based Lajur Bata Game Media Using Guided Discovery Method on Flat-sided Space Geometry Subject. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature (JCELL), 1(4), 235–248. https://doi.org/10.54012/jcell.v1i4.47

Rohimat, S. (2021). Pemanfaatan Slide Master Power Point Untuk Pembelajaran Kimia Pada Materi Penerapan Laju Reaksi. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(1), 9–16.

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Pers.

Salam, H., Setiawan, A., & Hamidah. (2010). Pembelajaran berbasis virtual laboratory untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi listrik dinamis. The 4th International Conference on Teacher Education, 688–692.

Sanova, A. (2013). Implementasi Metode Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Diagram Vee Dalam Pembelajaran Kimia Berbasis Virtual Lab Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 5(2), 31–38.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Sinaga, M., & Silaban, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(1), 33. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i1.8051

Susatyo, E. B., & Damanik, Y. F. (2021). Pengembangan E-Laboratory Instruction Model Guided Inquiry Berbasis Blended Learning pada Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2754–2763.

Triatmaja, A. K., Muchlas, M., & Wardana, Y. (2021). Virtual Laboratorium Teknik Digital Berbasis Mobile Virtual Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.38705

Yuzan, I. F., & Jahro, I. S. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(1), 54–65. https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1598




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1747

Article Metrics

Abstract view : 1858 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :

CopernicusCopernicusGarudaMorarefDimensions
GSCrossrefROADScilitcitefactor
DRJI: Directory of Research Journals IndexingBASEJournal StoriesJournal Stories