Kecerdasan Ganda: Penerapannya dalam Proses Pembelajaran Berbahasa Inggris

Nila Sari Dewi, Juni Hartiwi, Nurul Ari Yani

Abstract


Pendidikan menjadi salah satu modal bagi seseorang agar dapat berhasil dan mampu meraih kesuksesan dalam kehidupannya. Kesadaran akan pentingnya pendidikan bukan hanya dirasakan oleh pemerintah, tetapi juga kalangan swasta yang mulai melirik dunia pendidikan dalam mengembangkan usahanya. Kendala bagi dunia pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas adalah masih banyaknya sekolah yang mempunyai pola pikir tradisional di dalam menjalankan proses belajarnya yaitu sekolah hanya menekankan pada kemampuan logika dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kecerdasan ganda (multiple intelligence) dalam proses pembelajaran berbahasa Inggris. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa semester tiga di Akademi Bahasa asing Dian Cipta Cendekia, Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan evaluasi pembelajaran, adanya peningkatan hasil belajar melalui penerapan kecerdasan ganda. Dengan demikian sistem pendidikan yang mengukur tingkat kecerdasan anak didik yang semata-mata hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa perlu direvisi untuk memenuhi kecerdasan majemuk anak didik.

Keywords


Kecerdasan Ganda; Pembelajaran Bahasa Inggris; Penelitian Tindakan Kelas; Proses Belajar

References


Adawiyah, T. A., Harso, A., & Nassar, A. (2020). Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1636

Anwar, S., Ali, S., Labib, A., & Rahmawati, yasinta. (2021). Penerapan Metode Muri-Q Pada Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1351

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Armstrong, T. (2000). Multiple intelligences in the classroom. Association for Supervision.

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.

Fathani, A. H. (2017). REORIENTASI VISI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH (Implikasi Teori Kecerdasan Majemuk Gardner dalam Praktik Pembelajaran Matematika di Sekolah). JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33474/jpm.v2i1.200

Gardner, H. (1983). Frames of mind. Basic Books.

Gardner, H. (2003). Multiple intelligences (Kecerdasan Majemuk). Interaksara.

Helmi, J. (2016). Penerapan Konsep Silberman dalam Metode Ceramah pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Al-Ishlah, 8(2), 221–245.

Magdalena, I., Uyun, N., & Maulida, Z. (2021). Definisi Sejarah Teori Intelegensi. Jurnal Sosial Dan Teknologi ( SOSTECH ), 1(10), 145–149.

Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dampak negatif jejaring sosial dan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 171–184. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240

Nurlaeliyah. (2015). Multiple Intelegency Terhadap Perkembangan Belajar Siswa. Risalah, 1(1), 133–138.

Posangi, S. S. (2020). Strategi Belajar Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–5.

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/937/875

Rofifah, D. (2020). Implementasi Model Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Keterampilan Reading And Writing Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xii.Ipa.2 Sman 6 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 12–26.

Saleh, A. A. (2017). Bimbingan Karir Islami Berbasis Kecerdasan Majemuk (sebuah Perspektif dan Aplikatif). KOMUNIDA: Media Komunikasi Dan Dakwah, 7(1), 49–59.

Santoso, M. B. (2017). Mengurai Konsep Dasar Manusia Sebagai Individu Melalui Relasi Sosial Yang Dibangunnya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 104–109. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i1.14217

Sugiyanto, S., & Sari, R. A. (2021). Pengaruh Cooperative Reading Groups Terhadap Kemampuan Membaca Siswa SMPN 1 Ngarip Ulubelu. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1324

Suparlan. (2004). Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Dari Konsepsi Sampai Dengan Implementasi. Hikayat.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik). Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132.

Wardhani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v2i1.215

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1637

Article Metrics

Abstract view : 1677 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 878 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License