Guru Sebagai Pemimpin di Dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep kepemimpinan guru, kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas, dan kepemimpinan guru dalam menerapkan pembelajaran tatap muka terbatas. Metode penelitiannya menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Peneliti melakukan studi dengan literatur kepustakaan, baik berupa buku, artikel, majalah, catatan, maupun laporan hasil penelitian yang telah lalu sebagai bahan rujukannya. Hasilnya adalah a) konsep kepemimpinan guru merupakan kemampuan seorang guru dalam dalam mempengaruhi orang lain untuk melakukan suatu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. b) Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas mengacu pada surat keputusan bersama empat menteri dengan memperhatikan aspek penerapan protokol kesehatan yang ketat. Diantara kebijakannya antara lain: memiliki data hasil screening kesehatan sebelum pembelajaran, menerapkan blended learning, adanya izin dari orang tua, adanya pengawasan dari lembaga di atasnya, serta adanya tim medis dan alat kesehatan di lembaga pendidikan. c) kepemimpinan guru dalam penerapan pembelajaran tatap muka terbatas terwujud dari sikap guru yang mendidik, membimbing, mengajar, dan melatih peserta didik. Dalam kepemimpinannya, guru juga dapat menanamkan nilai-nilai kehidupan pada diri peserta didik sebagai bekal hidup bermasyarakat. Kepemimpinan guru dalam pembelajaran tatap muka juga harus bertanggung jawab, berani, adil, percaya diri, cerdas, ramah, tegas, unggul, melindungi, punya daya tarik, dan visioner.
Keywords
Guru; Pemimpin Kelas; Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)
References
A’yuni, S. Q., & Hijrawan, R. (2020). Analisis Kritis Kepemimpinan Pendidikan Islam Berdasarkan Syarat Dan Ciri-Ciri Kepemimpinan Yang Ideal. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 68–83.
Astuti, S. F., Nursyabania, L., Falih, M. J., Attamini, S. R., Rafli, M., & Musta’ina, S. (2020). Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Rt 5/Rw 11, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 448–455.
Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1–26.
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950.
Bashori, B. (2019). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dan Jejaring Internasional. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.
Djollong, A. F. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2).
Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. MADANI Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 1–11.
Fauzia, A., & Hamdani, F. (2021). Pendekatan Socio-Cultural dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(1), 323–338.
Fitriani, R. (2021). Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Mengikuti Pembelajaran Fisika Secara Daring Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(2), 90–96.
Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130.
Harahap, Y. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Kota Padangsidimpuan. Lppm Ugn, 11(23), 76.
Isa, A. (2018). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Keimanan Dan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–16.
Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. B. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 30–38.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Kasanah, S. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Abdurrahman Wahid dan Abdurrahman An-Nahlawi di Era Modern. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(1), 169–180.
Marginingsih, R. (2016). Kepemimpinan karismatik sebagai employer branding. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(2), 32–51.
Marlina, L. (2013). Tipe-Tipe Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(02), 215–227.
Mashar, A. (2019). Hubungan sifat-sifat Kepemimpinan dan Pengetahuan Komunikasi dengan Kinerja Kepala SD di Bandar Lampung. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 5(2), 30–39.
Mattayang, B. (2019). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 2(2), 45–52.
Mubarok, R. (2020). Model Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan pada Masa Pandemi. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 147–160.
Mubarok, R. (2021). Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1251–1262.
Mubarok, R. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9.
Mufarrochah, M. (2021). Best Practice Blended Learning Alternatif Model Pembelajaran pada Masa Covid 19 Level 3 Dan 2. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(1), 101–111.
Mugiono, M. (2021). Analisa Tanggung Jawab Pemerintah Pada Masa New Normal Untuk Memenuhi Hak Pendidikan Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 6(2), 263.
Nastain, N. (2019). Persinggungan Kepemimpinan Transformasional dengan Kepemimpinan Visioner dan Situasional. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1–10.
Nasution, K. (2016a). Kepemimpinan guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 4(1).
Nasution, K. (2016b). Kepemimpinan Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai. Jurnal Darul ’Ilmi, 04(01), 116–128.
Noor, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kyai. Jurnal Kependidikan, 7(1), 141–156.
Nugroho, A. D. (2017). Pendidikan Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), 1(1), 37–45.
Raharjo, S. B., & Yuliana, L. (2016). Manajemen sekolah untuk mencapai sekolah unggul yang menyenangkan: Studi kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 119716.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).
Saputra, B. R. (2019). Kepemimpinan Transaksional dalam Bidang Pendidikan. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Simarmata, H. M. P., Hidayatulloh, A. N., Revida, E., Hasibuan, A., Komariyah, I., Kuswandi, S., … Tjiptadi, D. D. (2021). Organisasi: Manajemen dan Kepemimpinan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Simarmata, N. I. P., Kato, I., Purba, B., Purba, S., Silalahi, M., Raynonto, M. Y., … Karwanto, K. (2021). Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Susiawan, S., & Muhid, A. (2015). Kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(03).
Suttrisno, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–10.
Syafi’i, M. I. (2021). Analisis Permasalahan Pendidikan di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Rabwah, 15(02), 51–59.
Syahril, S. (2019). Teori-teori Kepemimpinan. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(02), 208–215.
Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Tamami, B. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMA Sultan Agung Kasiyan Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Wahyuningsih, S. (2021). Gaya Kepemimpinan & Kinerja Organisasi. Penerbit NEM.
Wardani, I. S. (2017). Guru Sebagai Pemimpin Pendidikan. (18). https://doi.org/10.31227/osf.io/qfrsn
Warsiyah. (2021). Strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) Untuk Memitigasi Learning Loss Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi. Neo-Jer: North Borneo Journal of Educational Research, 2(1), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i01.1524
Article Metrics
Abstract view : 3413 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1967 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
A’yuni, S. Q., & Hijrawan, R. (2020). Analisis Kritis Kepemimpinan Pendidikan Islam Berdasarkan Syarat Dan Ciri-Ciri Kepemimpinan Yang Ideal. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 68–83.
Astuti, S. F., Nursyabania, L., Falih, M. J., Attamini, S. R., Rafli, M., & Musta’ina, S. (2020). Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Rt 5/Rw 11, Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(2), 448–455.
Baharun, H. (2018). Peningkatan kompetensi guru melalui sistem kepemimpinan kepala madrasah. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 1–26.
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950.
Bashori, B. (2019). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dan Jejaring Internasional. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.
Djollong, A. F. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2).
Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. MADANI Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 1–11.
Fauzia, A., & Hamdani, F. (2021). Pendekatan Socio-Cultural dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(1), 323–338.
Fitriani, R. (2021). Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Mengikuti Pembelajaran Fisika Secara Daring Saat Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Intellectual Publication, 1(2), 90–96.
Fitriansyah, F. (2022). Dinamika Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kalangan Mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 123–130.
Harahap, Y. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Tentang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Kota Padangsidimpuan. Lppm Ugn, 11(23), 76.
Isa, A. (2018). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Sikap Keimanan Dan Akhlak Mulia Pada Peserta Didik. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–16.
Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. B. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 30–38.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Kasanah, S. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Abdurrahman Wahid dan Abdurrahman An-Nahlawi di Era Modern. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(1), 169–180.
Marginingsih, R. (2016). Kepemimpinan karismatik sebagai employer branding. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(2), 32–51.
Marlina, L. (2013). Tipe-Tipe Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 18(02), 215–227.
Mashar, A. (2019). Hubungan sifat-sifat Kepemimpinan dan Pengetahuan Komunikasi dengan Kinerja Kepala SD di Bandar Lampung. AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN, 5(2), 30–39.
Mattayang, B. (2019). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 2(2), 45–52.
Mubarok, R. (2020). Model Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan pada Masa Pandemi. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 147–160.
Mubarok, R. (2021). Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1251–1262.
Mubarok, R. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–9.
Mufarrochah, M. (2021). Best Practice Blended Learning Alternatif Model Pembelajaran pada Masa Covid 19 Level 3 Dan 2. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 1(1), 101–111.
Mugiono, M. (2021). Analisa Tanggung Jawab Pemerintah Pada Masa New Normal Untuk Memenuhi Hak Pendidikan Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 6(2), 263.
Nastain, N. (2019). Persinggungan Kepemimpinan Transformasional dengan Kepemimpinan Visioner dan Situasional. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1–10.
Nasution, K. (2016a). Kepemimpinan guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 4(1).
Nasution, K. (2016b). Kepemimpinan Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai. Jurnal Darul ’Ilmi, 04(01), 116–128.
Noor, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Kyai. Jurnal Kependidikan, 7(1), 141–156.
Nugroho, A. D. (2017). Pendidikan Multiple Intelligences dalam Perspektif Pendidikan Islam. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), 1(1), 37–45.
Raharjo, S. B., & Yuliana, L. (2016). Manajemen sekolah untuk mencapai sekolah unggul yang menyenangkan: Studi kasus di SMAN 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 119716.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).
Saputra, B. R. (2019). Kepemimpinan Transaksional dalam Bidang Pendidikan. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Simarmata, H. M. P., Hidayatulloh, A. N., Revida, E., Hasibuan, A., Komariyah, I., Kuswandi, S., … Tjiptadi, D. D. (2021). Organisasi: Manajemen dan Kepemimpinan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Simarmata, N. I. P., Kato, I., Purba, B., Purba, S., Silalahi, M., Raynonto, M. Y., … Karwanto, K. (2021). Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Susiawan, S., & Muhid, A. (2015). Kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(03).
Suttrisno, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–10.
Syafi’i, M. I. (2021). Analisis Permasalahan Pendidikan di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Rabwah, 15(02), 51–59.
Syahril, S. (2019). Teori-teori Kepemimpinan. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(02), 208–215.
Syamsul, H. (2017). Penerapan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Tamami, B. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMA Sultan Agung Kasiyan Puger Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Wahyuningsih, S. (2021). Gaya Kepemimpinan & Kinerja Organisasi. Penerbit NEM.
Wardani, I. S. (2017). Guru Sebagai Pemimpin Pendidikan. (18). https://doi.org/10.31227/osf.io/qfrsn
Warsiyah. (2021). Strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) Untuk Memitigasi Learning Loss Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi. Neo-Jer: North Borneo Journal of Educational Research, 2(1), 1–9.

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
