Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu : Penerapan Metode Muri Q
Abstract
Rumah Tahfizh Al Furqon Pringsewu, adalah salah satu lembaga tahfizh yang berhasil menerapkan metode Muri-Q atau Murattal Irama Qur’an. Yaitu metode menghafal Al-Qur’an yang mudah dipahami, sesuai kaidah tajwid, mengandung bacaan yang berirama dan indah untuk didengarkan serta menarik para santrinya untuk belajar menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode muri-Q pada hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah wali kelas yang mengajarkan metode muri-Q dan informannya adalah Mudir, Ustadz ustadzah, dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaannya terdapat dua hal temuan. Yaitu, 1) Proses pembelajaran Muri-Q melalui 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) metode yang digunakan diantaranya, sima’i, talaqqi, dan muroja’ah. Dan evaluasinya menggunakan setoran.
Keywords
Metode Muri-Q; Hafalan Al-qur’an; Tahfidz
References
Ladamaya, O. M. M. ., & Katni. (2015). Buku Perkuliahan Pengembangan Kurikulum PAI. Koprtsais IV Press.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2013). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. 722–733.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1351
Article Metrics
Abstract view : 2088 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 707 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Rumah Tahfizh Al Furqon Pringsewu, adalah salah satu lembaga tahfizh yang berhasil menerapkan metode Muri-Q atau Murattal Irama Qur’an. Yaitu metode menghafal Al-Qur’an yang mudah dipahami, sesuai kaidah tajwid, mengandung bacaan yang berirama dan indah untuk didengarkan serta menarik para santrinya untuk belajar menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode muri-Q pada hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah wali kelas yang mengajarkan metode muri-Q dan informannya adalah Mudir, Ustadz ustadzah, dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaannya terdapat dua hal temuan. Yaitu, 1) Proses pembelajaran Muri-Q melalui 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) metode yang digunakan diantaranya, sima’i, talaqqi, dan muroja’ah. Dan evaluasinya menggunakan setoran.
Keywords
References
Ladamaya, O. M. M. ., & Katni. (2015). Buku Perkuliahan Pengembangan Kurikulum PAI. Koprtsais IV Press.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2013). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. 722–733.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314


Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :






















Arfani Labib, Syaiful Anwar, Syamsuri Ali, Yasinta Rahmawati