Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu : Penerapan Metode Muri Q
	
	
			
		Abstract
		
		Rumah Tahfizh Al Furqon Pringsewu, adalah salah satu lembaga tahfizh yang berhasil menerapkan metode Muri-Q atau Murattal Irama Qur’an. Yaitu metode menghafal Al-Qur’an yang mudah dipahami, sesuai kaidah tajwid, mengandung bacaan yang berirama dan indah untuk didengarkan serta menarik para santrinya untuk belajar menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode muri-Q pada hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah wali kelas yang mengajarkan metode muri-Q dan informannya adalah Mudir, Ustadz ustadzah, dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaannya terdapat dua hal temuan. Yaitu, 1) Proses pembelajaran Muri-Q melalui 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) metode yang digunakan diantaranya, sima’i, talaqqi, dan muroja’ah. Dan evaluasinya menggunakan setoran.
		
		
	
			
		Keywords
		
		Metode Muri-Q; Hafalan Al-qur’an; Tahfidz
		
		
	
				
			
	
			
		References
		
		
						Ladamaya, O. M. M. ., & Katni. (2015). Buku Perkuliahan Pengembangan Kurikulum PAI. Koprtsais IV Press.
						Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
						Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
						Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
						Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2013). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. 722–733.
						Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
					
		
		
	
							
		
		 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1351
 DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1351	
Article Metrics
 Abstract view : 1798 times
 Abstract view : 1798 times
         PDF (Bahasa Indonesia) : 575 times
                 PDF (Bahasa Indonesia) : 575 times
        
																			
Refbacks
				- There are currently no refbacks.
					
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
			
Abstract
Rumah Tahfizh Al Furqon Pringsewu, adalah salah satu lembaga tahfizh yang berhasil menerapkan metode Muri-Q atau Murattal Irama Qur’an. Yaitu metode menghafal Al-Qur’an yang mudah dipahami, sesuai kaidah tajwid, mengandung bacaan yang berirama dan indah untuk didengarkan serta menarik para santrinya untuk belajar menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode muri-Q pada hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah wali kelas yang mengajarkan metode muri-Q dan informannya adalah Mudir, Ustadz ustadzah, dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaannya terdapat dua hal temuan. Yaitu, 1) Proses pembelajaran Muri-Q melalui 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) metode yang digunakan diantaranya, sima’i, talaqqi, dan muroja’ah. Dan evaluasinya menggunakan setoran.
Keywords
References
Ladamaya, O. M. M. ., & Katni. (2015). Buku Perkuliahan Pengembangan Kurikulum PAI. Koprtsais IV Press.
Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2013). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. 722–733.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314


Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :













 
 





 
 



 Arfani Labib, Syaiful Anwar, Syamsuri Ali, Yasinta Rahmawati
 Arfani Labib, Syaiful Anwar, Syamsuri Ali, Yasinta Rahmawati