Hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu : Penerapan Metode Muri Q

Arfani Labib, Syaiful Anwar, Syamsuri Ali, Yasinta Rahmawati

Abstract


Rumah Tahfizh Al Furqon Pringsewu, adalah salah satu lembaga tahfizh yang berhasil menerapkan metode Muri-Q atau Murattal Irama Qur’an. Yaitu metode menghafal Al-Qur’an yang mudah dipahami, sesuai kaidah tajwid, mengandung bacaan yang berirama dan indah untuk didengarkan serta menarik para santrinya untuk belajar menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui penerapan metode muri-Q pada hafalan Al-Qur’an di Rumah Tahfizh Al-Furqon Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah wali kelas yang mengajarkan metode muri-Q dan informannya adalah Mudir, Ustadz ustadzah, dan santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya dalam pelaksanaannya terdapat dua hal temuan. Yaitu, 1) Proses pembelajaran Muri-Q melalui 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) metode yang digunakan diantaranya, sima’i, talaqqi, dan muroja’ah. Dan evaluasinya menggunakan setoran.


Keywords


Metode Muri-Q; Hafalan Al-qur’an; Tahfidz

References


Ladamaya, O. M. M. ., & Katni. (2015). Buku Perkuliahan Pengembangan Kurikulum PAI. Koprtsais IV Press.

Lazwardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Nurmalasari, R., Dian, R., Wati, P., Puspitasari, P., Diana, W., & Dewi, N. K. (2013). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. 722–733.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314




DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1351

Article Metrics

Abstract view : 1798 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 575 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pendidikan Saburai Indexed by :

CopernicusCopernicusGarudaMorarefDimensions
GSCrossrefROADScilitcitefactor
DRJI: Directory of Research Journals IndexingBASEJournal StoriesJournal Stories