PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG
Abstract
Dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang strategis sebagai pelaku utama. Guru merupakan sosok yang bisa digugu dan ditiru atau menjadi idola bagi peserta didik. Guru bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi peserta didiknya. Sikap dan prilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa, sehingga ucapan, karakter dan kepribadian guru menjadi cermin siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dimana hasil penelitian disajikan secara deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.Berdasarkan hasil analisis dan temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan agama Islam telah menjalankan perannya dalam pembentukan karakter siswa namun hasil yang diharapkan belum maksimal karna masih rendahnya minat, semangat dan kesadaran siswa untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam yang telah disampaikan oleh guru pendidikan agama Islam.
Keywords
Peranan Guru; Pembentukan Karakter
References
Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran Guru Dan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Sma Negeri 3 Yogyakarta. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123. Https://Doi.Org/10.21831/Socia.V16i1.27655
Al-Mundziri, I. (2003). Ringkasan Shahih Muslim.Jakarta: Pustaka Imani.
Citra, Y. (2012). "Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran".Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol 1. No. 1
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. 13(2), 14.
Gunawan, H. (2001). Pendidikan Karakter, Konsep Dan Implementasi. Jakarta: Alfabeta.
Johansyah, J. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian Dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85. Https://Doi.Org/10.22373/Jiif.V11i1.63
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Professional Meningkatkan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2001). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V8i2.757
DOI: https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.830
Article Metrics
Abstract view : 939 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 386 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah, guru memiliki posisi yang strategis sebagai pelaku utama. Guru merupakan sosok yang bisa digugu dan ditiru atau menjadi idola bagi peserta didik. Guru bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi peserta didiknya. Sikap dan prilaku seorang guru sangat membekas dalam diri siswa, sehingga ucapan, karakter dan kepribadian guru menjadi cermin siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif dimana hasil penelitian disajikan secara deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.Berdasarkan hasil analisis dan temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru pendidikan agama Islam telah menjalankan perannya dalam pembentukan karakter siswa namun hasil yang diharapkan belum maksimal karna masih rendahnya minat, semangat dan kesadaran siswa untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam yang telah disampaikan oleh guru pendidikan agama Islam.
Keywords
References
Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran Guru Dan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Sma Negeri 3 Yogyakarta. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109–123. Https://Doi.Org/10.21831/Socia.V16i1.27655
Al-Mundziri, I. (2003). Ringkasan Shahih Muslim.Jakarta: Pustaka Imani.
Citra, Y. (2012). "Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran".Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol 1. No. 1
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. 13(2), 14.
Gunawan, H. (2001). Pendidikan Karakter, Konsep Dan Implementasi. Jakarta: Alfabeta.
Johansyah, J. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian Dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85. Https://Doi.Org/10.22373/Jiif.V11i1.63
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Professional Meningkatkan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2001). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V8i2.757