Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana XL
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis ada tidaknya dampak positif dari produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini kuantitatif deskriptif, dengan pengambilan sampel purposive sampling dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner melalui google form dengan penyajian skala likert, dengan perhitungan menggunakan alat bantu SPSS dengan menguji validitas, reliabilitas, linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak secara parsial produk dan harga terhadap keputusan pembelian kartu perdana XL. Kemudian, keduanya secara simultan berdampak positif terhadap keputusan pembelian. Dimana 40% dipengaruhi oleh variabel produk dan harga, serta 60% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga keputusan pembelian akan meningkat jika perspektif di dalamnya dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Produk dan harga menjadi sumber bagi konsumen dalam memutuskan suatu pembelian, dimana sebuah harapan konsumen akan terpenuhi dari kemampuan perusahaannya. Saran dari penelitian ini, penting selalu mengetahui kebutuhan konsumen serta evaluasi dan memperbaiki secara terus menerus agar dapat memastikan bahwa pelanggan tetap merasa diberikan kepuasan serta setia terhadap layanan yang diberikan oleh XL.
Keywords
Harga, Keputusan Pembelian, Produk
References
Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12–22.
Arthur A. Thompson, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. New York: McGraw-Hill Education.
Armahadyani. (2018). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Makan Pa’Mur Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 03, Nomor.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2019). The Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School student. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157.
Choiria, S. M., & Edward, M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Negara (JPTN), 03(03).
https://www.xlaxiata.co.id/id/berita
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Mustolih, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Kartu Prabayar Telkomsel Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 63–71.
Pratama, B. S., Fathoni, A., & Hashiolan, L. B. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Pengunjung Di Event-Event Kampus). Proceedings - IEEE International Conference on Multimedia and Expo, 529–534.
Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea (Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitain Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedu; Sutopo, ed.). Bandung: Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Winata, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25–32.
Yayan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko hepi fashions branded cikarang pusat bekasi. 1–19.
DOI: https://doi.org/10.24967/jims.v10i2.2997
Article Metrics
Abstract view : 473 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 192 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract
Keywords
References
Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 12–22.
Arthur A. Thompson, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. New York: McGraw-Hill Education.
Armahadyani. (2018). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Makan Pa’Mur Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 03, Nomor.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2019). The Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School student. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157.
Choiria, S. M., & Edward, M. (2017). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Sepatu Nike Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Negara (JPTN), 03(03).
https://www.xlaxiata.co.id/id/berita
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Mustolih, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Kartu Prabayar Telkomsel Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekopendia: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 63–71.
Pratama, B. S., Fathoni, A., & Hashiolan, L. B. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Pengunjung Di Event-Event Kampus). Proceedings - IEEE International Conference on Multimedia and Expo, 529–534.
Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea (Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitain Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi Kedu; Sutopo, ed.). Bandung: Alfabeta Bandung.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Winata, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25–32.
Yayan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko hepi fashions branded cikarang pusat bekasi. 1–19.

Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
