UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK MELALUI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN INOVASI PRODUK: STUDI KASUS PENDAPATAN KONSUMEN MOTOR KAWAZAKI PADA PT.SUMBER TRADA MOTOR DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat Keinovatifan produk terhadap kualitas produk baru motor Kawazaki pada PT. Sumber Trada Motor di Bandar Lampung. Sedangkan penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai pengaruh dari kebijakan pengembangan inovasi produk baru terhadap kualitas produk baru. Adapun penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 52 orang dari total 513 konsumen di tahun 2014 dengan menggunakan metode acak.
Hasil dari peneltian ditemukan bahwa terdapata pengaruh keinovasian produk terhadap kualitas produk baru dengan besarnya pengaruh 51 persen yang disebabkan adanya pengembangan produk melalui inovasi-inovasi baru yang menghasilkan produk yang lebih kompetitif. Adapun inovasi baru tersebut menjadi jawaban terbanyak (hampir 88 persen koresponden menjawab) bahwa inovasi dan hasil penemuan baru menyebabkan produk jauh lebih berkualitas, efisien, dan stylish dibandingkan dengan produk-produk lama.
References
Arikunto. Suharsimi. 2012. Metode Penelitian. Erlangga. Jakarta.
Algifar. 2012. Metode Peramalan kualitatif dan kuantitati. Ghalia Indonesia.Jakarta
Alhusin, Syahri. 2012. Statistik Ekonomi dan SPSS versi 17. ANDI Ofsset. Yogyakarta
Ajzen. 2013. Manajemen Produk Pemasaran. Erlangga Offset. Jakarta
Effendi. 2011. Metode Peramalan Statsistik Ekonomi. ANDI Offset. Yogyakarta
Ibrahim. 2011; Inovasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti Uwes A. Difusi Inovasi. 16 September 2008
J. Supranto. 2003 :17. Ekonometrika. BPFE-UI, Jakarta
Jhon C. Mown dan Michael. 2001. Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi ke- 7 . Penerjemah Y Lamarto. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. 2012. Marketing Analisis. Salemba Empat. Jakarta.
Everent M. Rogers. 2015. Diffusion of Innovations. New York: The Free Press.
Schiffman dan Kanuk. 2012. Keinovatifan Produk Pemasaran II. Erlangga Jakarta
Singagerda, F.S., Oktavani, R., Hakim, D.B., dan Kustiari, R,. 2013. Analisis aliran investasi dan perdagangan pariwisata Indonesia. Jurnal Bina Ekonomi, 17(2)
Stanton. 2005. Manajemen Organization, Bineka Cipta Persada. Jakarta
Soetjiningsih. 2013. Inovatif Produk dan Kualitas Produk, Binneka Cipta UI. Jakarta
Sugiyono. 2004. Metode peramalan Kuantitatif, BPFE UGM, Yogyakarta
Sujana. 2010. Statistik Bisnis. Erlangga. Jakarta.
Peter & Olson. 2011, Manajemen Pemasaran Terpadu, BPFE UGM, Yogyakarta
Riduan. 2009. SPPS dan Aplikasi dalam Ekonomi, Erlangga, Jakarta
Tjiptono. 2013. Blog Kepuasan Pelanggan, Goegle Henry Assael. 2011. Pemasaran Produk, Erlangga Cipta, Jakarta
Umar. 2008. Analisis Uji Dalam Statistik Ekonomi, Ghalia , Jakarta
URL:http://www.teknologipendidikan.net/2008/09/16/difusi-inovasi-just-theory/. Diunduh pada 15 April 2015.
DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v1i1.295
Article Metrics
Abstract view : 1143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat Keinovatifan produk terhadap kualitas produk baru motor Kawazaki pada PT. Sumber Trada Motor di Bandar Lampung. Sedangkan penelitian ini merupakan penelitian eksploratif yang bertujuan untuk menggali informasi lebih lanjut mengenai pengaruh dari kebijakan pengembangan inovasi produk baru terhadap kualitas produk baru. Adapun penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 52 orang dari total 513 konsumen di tahun 2014 dengan menggunakan metode acak.
Hasil dari peneltian ditemukan bahwa terdapata pengaruh keinovasian produk terhadap kualitas produk baru dengan besarnya pengaruh 51 persen yang disebabkan adanya pengembangan produk melalui inovasi-inovasi baru yang menghasilkan produk yang lebih kompetitif. Adapun inovasi baru tersebut menjadi jawaban terbanyak (hampir 88 persen koresponden menjawab) bahwa inovasi dan hasil penemuan baru menyebabkan produk jauh lebih berkualitas, efisien, dan stylish dibandingkan dengan produk-produk lama.References
Arikunto. Suharsimi. 2012. Metode Penelitian. Erlangga. Jakarta.
Algifar. 2012. Metode Peramalan kualitatif dan kuantitati. Ghalia Indonesia.Jakarta
Alhusin, Syahri. 2012. Statistik Ekonomi dan SPSS versi 17. ANDI Ofsset. Yogyakarta
Ajzen. 2013. Manajemen Produk Pemasaran. Erlangga Offset. Jakarta
Effendi. 2011. Metode Peramalan Statsistik Ekonomi. ANDI Offset. Yogyakarta
Ibrahim. 2011; Inovasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti Uwes A. Difusi Inovasi. 16 September 2008
J. Supranto. 2003 :17. Ekonometrika. BPFE-UI, Jakarta
Jhon C. Mown dan Michael. 2001. Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi ke- 7 . Penerjemah Y Lamarto. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. 2012. Marketing Analisis. Salemba Empat. Jakarta.
Everent M. Rogers. 2015. Diffusion of Innovations. New York: The Free Press.
Schiffman dan Kanuk. 2012. Keinovatifan Produk Pemasaran II. Erlangga Jakarta
Singagerda, F.S., Oktavani, R., Hakim, D.B., dan Kustiari, R,. 2013. Analisis aliran investasi dan perdagangan pariwisata Indonesia. Jurnal Bina Ekonomi, 17(2)
Stanton. 2005. Manajemen Organization, Bineka Cipta Persada. Jakarta
Soetjiningsih. 2013. Inovatif Produk dan Kualitas Produk, Binneka Cipta UI. Jakarta
Sugiyono. 2004. Metode peramalan Kuantitatif, BPFE UGM, Yogyakarta
Sujana. 2010. Statistik Bisnis. Erlangga. Jakarta.
Peter & Olson. 2011, Manajemen Pemasaran Terpadu, BPFE UGM, Yogyakarta
Riduan. 2009. SPPS dan Aplikasi dalam Ekonomi, Erlangga, Jakarta
Tjiptono. 2013. Blog Kepuasan Pelanggan, Goegle Henry Assael. 2011. Pemasaran Produk, Erlangga Cipta, Jakarta
Umar. 2008. Analisis Uji Dalam Statistik Ekonomi, Ghalia , Jakarta
URL:http://www.teknologipendidikan.net/2008/09/16/difusi-inovasi-just-theory/. Diunduh pada 15 April 2015.

Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
