PENGARUH PENGGUNAAN DEBIT CARD DAN E-MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

Muhammad Bilal Abdillah Rasyid, A’rasy Fahrullah

Abstract


Diadakannya riset ini guna menganalisa apakah terdapat pengaruh penggunaan debit card dan e-money terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Ekonomi islam Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Populasi riset ini ialah mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNESA angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang berjumlah 174 mahasiswa dengan kriteria telah mengambil mata kuliah manajemen keuangan dan dengan tunjangan sebesar Rp.1.000.000. Penentuan sampel dengan purposive sampling dan totalnya sebanyak 121 mahasiswa. Penghimpunan data melalui kuesioner. Riset ini memakai analisis regresi linear melalui SPSS 25. Dari penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh hasil bahwa kartu debit dan uang elektronik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan dengan hasil analisis R Square dengan nilai 67,2%. Hal tersebut berarti Variabel X1 (debit card) dan X2 (e-money) secara simultan memiliki pengaruh pada variabel Y (perilaku konsumtif) sebanyak 67,2% dan kurangnya 32,8% dipengaruhi variabel diluar riset ini.

Keywords


kartu debit, uang elektronik, perilaku konsumsi

References


Anindita, R., & Pudjiastuti, Agnes, Q. (2016). Konsep Dasar Ekonomi Manajerial. Modul 1 Universitas Terbuka.

Anjelina, A. (2018). PERSEPSI KONSUMEN PADA PENGGUNAAN E-MONEY. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 2(2). https://doi.org/10.30871/jama.v2i2.934

Anong, S. T., & Routh, A. (2022). Prepaid debit cards and banking intention. International Journal of Bank Marketing, 40(2). https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2021-0401

Azizi, A. (2019). Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik (E-Money). Ekonomi.

David, B., Abel, F., & Patrick, W. (2016). Debit card and demand for cash. Journal of Banking and Finance, 73. https://doi.org/10.1016/j.jbankfin.2016.08.009

Dwi Sari, A. N., Malik, Z. A., & Hidayat, Y. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) terhadap Perilaku Konsumen. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 1. https://doi.org/10.29313/syariah.v0i0.19202

Fitri, N. A., & Basri, H. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Milenial Di Era Pandemi Covid-19 Dengan Pengetahuan Ekonomi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed). Universitas Diponegoro.

Indrawati, & dkk. (2017). Perilaku Konsumen Individu dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Refika Aditama.

Junaedi, E. (2020). QUO VADIS MARKETING PERBANKAN SYARIAH DI ERA MILENIAL INDUSTRI 4.0. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1). https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.99

Kharisma, D. B. (2021). Urgency of financial technology (Fintech) laws in Indonesia. International Journal of Law and Management, 63(3). https://doi.org/10.1108/IJLMA-08-2020-0233

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003210000

Mufirdah, D. (2020). Pengaruh Convenience, Performance, dan Privacy dalam Penerapan Aplikasi Mobile Banking terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1). https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

Olson, E. M., Olson, K. M., Czaplewski, A. J., & Key, T. M. (2021). Business strategy and the management of digital marketing. Business Horizons, 64(2). https://doi.org/10.1016/j.bushor.2020.12.004

Omodero, C. O. (2021). Fintech Innovation in the Financial Sector: Influence of E-Money Products on a Growing Economy. Studia Universitatis Vasile Goldis Arad, Economics Series, 31(4). https://doi.org/10.2478/sues-2021-0018

Patwardhan, A. (2018). Financial Inclusion in the Digital Age. In Handbook of Blockchain, Digital Finance, and Inclusion, Volume 1: Cryptocurrency, FinTech, InsurTech, and Regulation. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-810441-5.00004-X

Pardede, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Electronic Money, Kartu Debit, Literasi Keuangan, Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Prakoso, S. A., & Rusdarti. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kelompok Teman Sebaya Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013). Economic Education Analysis Journal, 3(1), 1–10.

Rida Nur Afiyah. (2020). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Tadris IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). 2507(February), 1–9.

Puspitasari, N. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Electronic Money Terhadap Konsumsi Masyarakat Di Indonesia

Santika, Y. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Kartu Debit Dan E-Money Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid 19. http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1044

Sathish, M. T., Sermakani, R., & Sudha, G. (2020). A Study on the Customer’s Attitude toward the E-Wallet Payment System. International Journal of Innovative Research in Technology, 6(12), 642–645. https://en.wikipedia.org/wiki/Digital_wallet

Septiansari, D., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2016). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02). https://doi.org/10.30996/persona.v4i02.556

Tshukudu, M. K. (2018). The Relationship Between Electronic-Money Penetration and Household Consumption: VECM Granger Causality Analysis. The Global Diamond Industry: Economics and Development, 2, 251–290.

Utami, S. S. (2017). Fakto-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Balance, XIV(2).

Widayat, W., Masudin, I., & Satiti, N. R. (2020). E-Money payment: Customers’ adopting factors and the implication for open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(3). https://doi.org/10.3390/JOITMC6030057

Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1). https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506

. A., Habe, H., Eddy, K., & . N. (JAMS). Upaya Meningkatkan Produksi Kelanting Warga Dusun Pendowo Desa Roworejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. https://jurnal.saburai.id/index.php/JAMS/article/view/1038

. F., & Suhendi, C. (2020). The Effect of Visual Merchandising, Store Atmosphere, and Emotional Response On Impulsive Purchases. JBMR. https://profesionalmudacendekia.com/index.php/jbmr/article/view/43

. N., & Mahardika, V. M. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Lampung Selatan. JMMS. https://jurnal.saburai.id/index.php/jmms/article/view/794

Ariswandy, D., & Habe, H. (2020). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Biro Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Lampung. JIMS. https://jurnal.saburai.id/index.php/JIMS/article/view/1099

Josiah, T. (n.d.). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Penggerak Pkk Kota Bandar Lampung. EKOMBIS. https://www.jurnal.saburai.id/index.php/manajemen/article/view/471

Nur’aeni, ., & Ariffin, . (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan. EKOMBIS. https://jurnal.saburai.id/index.php/manajemen/article/view/1278

Trisnowati Josiah. (2021). Manajerial Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja. Saburai Press.




DOI: https://doi.org/10.24967/jmb.v8i2.1708

Article Metrics

Abstract view : 2907 times
PDF (Indonesia) (Bahasa Indonesia) : 2585 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License