PENGARUH ALIRAN AIR TERHADAP EFEKTIFITAS RADIATOR TOYOTA KIJANG 5-K

Ruslan Dalimunthe

Abstract


Sistem pendingin air sering digunakan pada kendaraan jenis mobil. Pada sistem ini aliran air akan sangat bergantung pada kinerja pompa. Penelitian   ini   merupakan   eksperimen   yang   dilakukan   yaitu   mengadakan percobaan tentang pengaruh aliran air terhadap efektifitas  radiator pada motor bensin toyota kijang 5-K. Model analisis yang diambil adalah dengan mengumpulkan data, kemudian data yang bersifat kuantitatif diproses dengan cara diklasifikasikan dan dihitung dengan menggunakan rumus terapan. Visualisasi ini bertujuan untuk mempermudah penulisan maupun orang lain untuk memahami penelitian ini. Cara visualisasi dalam analisis data penelitian ini adalah dengan menampilkan data dalam bentuk diagram garis, sehingga dapat menggambarkan fenomena yang terjadi dengan jelas. Hasil analisis didapatkan data pengujian pada menit pertama terlihat bahwa debit air yang semakin tinggi menjadikan nilai efektifitas radiator semakin meningkat (pada debit 0.033 m3/menit, 3000 rpm) sehingga debit aliran air berpengaruh terhadap nilai efektifitas radiator. Nilai efektifitas radiator untuk debit aliran 0.033 m3/menit dengan nilai efektifitas 0.188 merupakan nilai efektifitas tertinggi dibandingkan  dengan  nilai efektifitas debit  yang lain.  Pada  pengujian  dengan penahanan  untuk  30  menit,  nilai  efektifitas  akan  cenderung  stabil  dari  menit kelima  sampai  ke-30.  Pada  debit  0.011 m3/menit  (1000  rpm),  Kenaikan  nilai efektifitas pada menit kelima sampai ke-30 dikarenakan suhu mesin masih dingin untuk dilakukan pendinginan sehingga mengakibatkan penurunan parameter Th1, hal ini menjadikan nilai efektifitas cenderung mengalami kenaikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan debit aliran 0.016 m3/menit (1500 rpm) dan 0.024 m3/ menit (2000 rpm).


Keywords


Aliran Air; Efektifitas Radiator; Toyota Kijang 5-K

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Reparasi Sistem Pendinginan Mesin Mobil. Jakarta: Bumi Aksari.

Simamora, David Fraim. 2014. Analisis Efektifitas Radiator Pada Masin Toyota Kijang Tipe 5K. Jurnal Online Poros Teknik Mesin. 4(2).

Holman. 1999. Elements of Chemical Reaction Engineering†3ed. New Jersey: Prentice Hall.

Kreith, Frank. 1991. Prinsip Prinsip Perpindahan Panas, Edisi ketiga. Penerjemah Hendragani Mega. Jakarta: Erlangga.

Maleev NL. 1982. Internal Combustion Engine. Mc Graw Hill.

Suprapto. 1999. Motor Bakar. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v4i2.645

Article Metrics

Abstract view : 1386 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 912 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License