ANALISA KEMAMPUAN BLOK SILINDER TERHADAP GESEKAN PISTON PADA SEPEDA MOTOR SUZUKI SHOGUN 125 TAHUN 2014 DI BENGKEL YELHANA MOTOR
Abstract
Beban kontak luncur dengan gerak translasi bolak-balik yang terjadi berulang-ulang pada permukaan lubang dalam silinder (cylinder liner) oleh piston dapat mengakibatkan goresan pada material permukaan dan aus. Goresan dan keausan yang cukup besar pada permukaan lubang silinder dapat mengakibatkan kerja mesin terganggu dan dapat berakibat pada penggantian cylinder liner. Pada penelitian ini, keausan lubang silinder akibat beban kontak luncur oleh piston diinvestigasi. alat uji aus dibuat dan dikembangkan khususnya untuk meneliti keausan komponen akibat kontak dengan gerak translasi. Alat uji yang telah dikembangkan cukup representatif untuk digunakan sebagai alat uji aus pada komponen yang mengalami kontak dan gerak translasi bolak-balik. Dari hasil uji aus material cylinder liner akibat kontak selama 20 jam pembebanan dengan tekanan 0.8 MPa terlihat keausan yang terjadi cukup besar yaitu 0.71 gram dan tingkat keausan (massa yang hilang per jam) cenderung konstan yaitu sekitar 0.03 – 0.04 gram per jam. Hal ini menunjukkan tidak terjadinya perubahan sifat mekanis pada meterial cylinder liner akibat beban gesek oleh piston.
Keywords
Aus; Cylinder liner; Kontak; Piston
References
Divisi Servis Suzuki. Pedoman Pelatihan Teknis Sepeda Motor Tingkat Dasar. Jakarta : PT Indomobil Suzuki Internasional.
Divisi Servis Suzuki. Pedoman Pelatihan Teknis Sepeda Motor Tingkat Lanjut. Jakarta : PT Indomobil Suzuki Internasional.
Ludema, K.C. 1996. Friction, Wear, Lubrication. CRC: Press, Inc.
Umaryadi. 2007. Pendidikan Dasar Teknik Mesin 1. Jakarta: Yudhistira.
William, J. A. 1994. Engineering tribology. New York: Oxford University Press Inc.
Yamagata, H. 2005. The Science and Technology of Materials in Automotive Engines. England: Woodhead Publising Limited.
Suratman, M. 2009. Servise Dan Teknik Reparasi Sepeda Motor. Jakarta: Pustaka Grafika
DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v4i2.644
Article Metrics
Abstract view : 1528 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1764 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Beban kontak luncur dengan gerak translasi bolak-balik yang terjadi berulang-ulang pada permukaan lubang dalam silinder (cylinder liner) oleh piston dapat mengakibatkan goresan pada material permukaan dan aus. Goresan dan keausan yang cukup besar pada permukaan lubang silinder dapat mengakibatkan kerja mesin terganggu dan dapat berakibat pada penggantian cylinder liner. Pada penelitian ini, keausan lubang silinder akibat beban kontak luncur oleh piston diinvestigasi. alat uji aus dibuat dan dikembangkan khususnya untuk meneliti keausan komponen akibat kontak dengan gerak translasi. Alat uji yang telah dikembangkan cukup representatif untuk digunakan sebagai alat uji aus pada komponen yang mengalami kontak dan gerak translasi bolak-balik. Dari hasil uji aus material cylinder liner akibat kontak selama 20 jam pembebanan dengan tekanan 0.8 MPa terlihat keausan yang terjadi cukup besar yaitu 0.71 gram dan tingkat keausan (massa yang hilang per jam) cenderung konstan yaitu sekitar 0.03 – 0.04 gram per jam. Hal ini menunjukkan tidak terjadinya perubahan sifat mekanis pada meterial cylinder liner akibat beban gesek oleh piston.
Keywords
References
Divisi Servis Suzuki. Pedoman Pelatihan Teknis Sepeda Motor Tingkat Dasar. Jakarta : PT Indomobil Suzuki Internasional.
Divisi Servis Suzuki. Pedoman Pelatihan Teknis Sepeda Motor Tingkat Lanjut. Jakarta : PT Indomobil Suzuki Internasional.
Ludema, K.C. 1996. Friction, Wear, Lubrication. CRC: Press, Inc.
Umaryadi. 2007. Pendidikan Dasar Teknik Mesin 1. Jakarta: Yudhistira.
William, J. A. 1994. Engineering tribology. New York: Oxford University Press Inc.
Yamagata, H. 2005. The Science and Technology of Materials in Automotive Engines. England: Woodhead Publising Limited.
Suratman, M. 2009. Servise Dan Teknik Reparasi Sepeda Motor. Jakarta: Pustaka Grafika

Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
