ANALISIS KINERJA JARINGAN IRIGASI PADA PINTU AIR SALURAN SEKUNDER DAERAH IRIGASI BEKRI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Lilik Aryanto

Abstract


Pembangunan saluran irigasi untuk menunjang penyediaan bahan pangan nasional sangat diperlukan, sehingga ketersediaan air di lahan akan terpenuhi walaupun lahan tersebut berada jauh dari sumber air permukaan (sungai). Hal tersebut tidak terlepas dari usaha teknik irigasi yaitu memberikan air dengan kondisi tepat mutu, tepat ruang dan tepat waktu dengan cara efektif dan ekonomis. Hasil kajian ini di harapkan dapat bermanfaat untuk memberikan informasi tentang kondisi Daerah Irigasi Bekri dan permasalahannya, memberikan gambaran kinerja jaringan irigasi melalui evaluasi kinerja pintu air pada salah satu saluran sekunder Daerah Irigasi Bekri serta memberikan kontribusi kepada pihak pemerintah dengan cara transfer ilmu dan teknologi peningkatan kinerja daerah irigasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey dan pengukuran debit air secara simulasi per 5 cm, ini dimaksudkan untuk memperoleh akurasi data yang tinggi sehingga dalam plotting ke kurva,  regresi  yang dihasilkan  juga  baik.  Pengukuran  debit  menggunakan  alat pengukur kecepatan aliran (current meter). Berdasarkan dari hasil kajian dan analisis data diperoleh selisih perhitungan debit hasil pengukuran maksimum terjadi pada kondisi pintu air dibuka setinggi 15 cm dengan selisih nilai 0,041 m3/detik. Hasil perhitungan perkiraan dampak analisis ekonomi terhadap selisih debit yang  terjadi  pada  pintu  air  saluran  sekunder  BBK  7  tersebut  menimbulkan kerugian Rp. 830.250.000,00 (delapan ratus tiga puluh juta dua ratus lima puluh ribu rupiah). Hasil perhitungan tersebut hanya berlaku untuk pintu air sekunder BBK 7 Daerah Irigasi Bekri.

Keywords


Jaringan; Kinerja; Irigasi; Tingkat Sekunder

References


Kartasapoetra, A.G. 1991. Teknologi Pengairan Pertanian Irigasi, Bumi Aksara, Jakarta.

Partowijoto, A. 1999. Peningkatan Efisiensi dan Efektifitas dalam Pengelolaan Air Irigasi Oleh Masyarakat : kendala Teknis dan Non Teknis. Prosiding Seminar Sehari Peningkatan Pendapatan dan Kesejahteraan Petani Melalui Pendekatan Partisipasi, IESC-RCA bekerjasama dengan Jurusan Teknik Sipil.

Sudjarwadi, 1987. Teknik Sumber Daya Air. Diktat Kuliah Jurusan Teknik Sipil, Yogyakarta.

Sudjarwadi, 1990. Teori dan Praktek Irigasi, Pusat Antar Universitas Ilmu Teknik, UGM. Yogyakarta.

Sudjarwadi, 1995. Pengembangan Wilayah Sungai (Wawasan dan Konsep), Diktat kuliah S-2 Jurusan Teknik Sipil UGM, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v4i1.636

Article Metrics

Abstract view : 1039 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License