Studi Evaluasi Kineja Simpang Bersinyal pada Ruas Jalan Sultan Agung – Jalan Ki Maja dengan Metode PKJI 2023

Farida Juwita, Rezky Reza Pratama, Cahya Sujatmiko

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di Simpang Jln. Sultan agung – Jln. Ki Maja. Empat jalur utama Simpang Jln. Sultan agung – Jln. Ki Maja tersebut menghubungkan dengan jalur pusat pertokoan dan bisnis sehingga jalur tersebut sering terjadi kemacetan meskipun telah dipasang rambu lalu lintas. Untuk itu perlu dilakukan analisis volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan dan waktu siklus dari permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis masing-masing kinerja simpang bersinyal, lengan simpang, serta waktu siklus lengan simpang. Analisis kinerja simpang menggunakan metode PKJI 2023 dengan cara melakukan survey. Hasil analisis simpang volume lalu lintas lengan Simpang Utara 1.303 smp/jam, Selatan 1.238 smp/jam, Timur 1.385 smp/jam, dan Barat 2.004 smp/jam yaitu waktu siklus didapatkan 147 detik dengan waktu hijau masing-masing lengan simpang dengan kapasitas lengan simpang Utara 733 smp/jam, lengan Selatan 688 smp/jam, lengan Timur 626 smp/jam, lengan Barat 847 smp/jam. Derajat kejenuhan lengan Utara 0,910, lengan Selatan 0,910, lengan Timur 0,910, lengan Barat 0,910. Panjang Antrian lengan Utara 88,9 m, lengan Selatan 120 m, lengan Timur 80 m, lengan Barat 187,5 m. Tundaan lengan Utara 57747 smp.detik, lengan Selatan 54322 smp.detik, leangan Timur 47511 smp.detik, lengan Barat 46853 smp.detik. waktu hijau lengan Utara 19 detik, lengan Selatan 21 detik, lengan Timur 31 detik, lengan Barat 61 detik, dengan waktu siklus147 detik. Perhitungan waktu siklus yang telah dilakukan menggunakan metode PKJI 2023. Dari hasil analisis yang telah dilakukan disarankan perlu dilakukan pelebaran lengan simpang atau pengaturan ulang waktu rambu lalu lintas yang ada di Jln. Sultan Agung – Jln Ki Maja.

Keywords


Kinerja Simpang; PKJI 2023; Simpang Bersinyal; Volume Lalu Lintas

References


[1] M. D. M. Pratama and E. Elkhasnet, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan AH Nasution dan Jalan Cikadut, Kota Bandung,†RekaRacana J. Tek. Sipil, vol. 5, no. 2, p. 116, 2019.

[2] Dariyono, “Analisa Simpang Tak Bersinyal Pada Ruas Jalan Gajah Mada – Dr. Harun Di Bandar Lampung,†2022.

[3] K. B. R. Heri, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Studi Kasus: Simpang Bung Hatta-Panca Usaha Kota Mataram,†Universitas Muhammadiyah Mataram, 2022.

[4] Y. Syafutri, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal pada Simpang Jalan Pattimura – Simpang Jalan Sudirman Kota Medan,†Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, 2018.

[5] D. Ansusanto and S. Tanggu, “Kinerja Simpang Derajat Dengan Tingkat Kejenuhan Tinggi,†Din. Rekayasa, vol. 12, no. 2, pp. 79–86, 2016.

[6] E. K. Morlok, Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga, 1988.

[7] M. Syaifullah, Y. Kadir, and F. L. Desei, “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Menggunakan Metode PKJI 2023 dan Software VISSIM,†Konstruksia, vol. 15, no. 2, pp. 147–163, 2024.

[8] S. Syahabudin, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Gunung Cermai–Re Martadinata–Gajah Mada Kota Samarinda,†KURVA S J. Keilmuan dan Apl. Tek. Sipil, vol. 11, no. 1, pp. 106–123, 2020.

[9] J. H. Frans, T. M. W. Sir, and K. Wanggur, “Analisis geometrik jalan dengan civil 3d dan sig pada Universitas Nusa Cendana,†J. Tek. Sipil, vol. 9, no. 1, pp. 41–54, 2020.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i2.3544

Article Metrics

Abstract view : 1126 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 658 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License