Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Aek Sijorni, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Dengan Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Studi Kasus : Aek Sijorni)

Alfi Syahrin Hasibuan, Aris Fiatno, Lailatul Syifa Tanjung

Abstract


Air Terjun Aek Sijorni merupakan salah satu tempat wisata populer di daerah Tapanuli Selatan dan sekitarnya yang memiliki potensi wisata lingkungan yang sangat baik, akan tetapi kondisi jalan yang masih kurang bagus, publisitas belum maksimal dan belum banyak diketahui oleh wisatawan mancanegara mengakibatkan potensi-potensi yang dimiliki objek wisata tidak dapat berkembang secara optimal. Kondisi seperti ini penting untuk dilakukan tindak lanjut supaya dapat berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi perkembangan wisata air terjun Aek Sijorni untuk menentukan alternatif strategi yang tepat dalam melakukan pengembangan wisata air terjun Aek Sijorni dengan metode analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) yang digunakan. Berdasarkan hasil kuesioner yang diisi para responden terdapat delapan strategi dan tiga strategi alternatif yang dapat digunakan sebagai pertimbangan pengelola dalam melakukan pengembangan wisata air terjun Aek Sijorni yaitu yang pertama memperbaiki jalan menuju tempat wisata air terjun, yang kedua menjaga serta memelihara kelestarian wisata air terjun Aek Sijorni dan yang ketiga membuat sosial media wisata air terjun Aek Sijorni sebagai sarana informasi dan promosi.

Keywords


Analisis Strategi; SWOT; QSPM

References


[1] B. Z. Erbabley and M. Furqon, “Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Mangrove Desa Tagalaya,†J. Hibualamo Seri Ilmu-ilmu Alam dan Kesehat., vol. 3, no. 2, pp. 12–19, 2019.

[2] N. Novalia, M. Yusup, A. R. P. Utama, A. Asmaria, and K. C. Pradana, “Kajian Dampak Pengembangan Pariwisata Way Belerang Terhadap Aspek Ekonomi, Sosial Budaya dan Lingkungan Fisik di Kabupaten Lampung Selatan,†Kepariwisataan J. Ilm., vol. 18, no. 1, pp. 63–79, 2024.

[3] N. Prasetya, B. Budiarto, and T. Kismantoroadji, “Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata Sangurejo Di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman,†J. Din. Sos. Ekon., vol. 20, no. 2, pp. 173–187, 2020.

[4] F. Prima, E. Kurniawan, and W. W. Sari, “Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Danau Laet Menggunakan Metode SWOT dan QSPM,†J. Apl. Ilmu Tek. Ind., vol. 2, no. 1, pp. 50–65, 2021.

[5] K. Buditiawan and Harmono, “Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Jember,†J. Kebijak. Pembang., vol. 15, no. 1, pp. 37–50, 2020.

[6] M. Siregar, “Analisis pengembangan dan pengelolaan kawasan wisata Aek Sijorni dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.†UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, 2023.

[7] F. R. Amalia and A. P. Putra, “Analisis Pemetaan Dan Strategi Wisata Air Terjun di Songgon Kabupaten Bayuwangi,†in Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 2020, vol. 6, no. 2, pp. 442–449.

[8] A. D. Cahyani, “Analisis SWOT dalam Proses Pengembangan Objek Wisata Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep,†J. Pendidik. Geogr., vol. 130, pp. 1–10, 2021.

[9] C. A. Nurhidayah, “Analisis SWOT untuk Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Parang Ijo di Kecamatan Ngargoyoso,†Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.

[10] N. Zahrani and A. Mubarak, “Analisis SWOT untuk Strategi Pengembangan Objek Wisata Geopark Silokek di Nagari Silokek oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung,†Ranah Res. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 5, no. 1, pp. 38–44, 2022.

[11] A. MB, “Identifikasi Komponen Daya Tarik Pariwisata Pantai Motong Desa Permai Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti,†Universitas Islam Riau, 2021.

[12] R. Al Adawiyah, “Pengembangan Strategi Objek Wisata Dalam Upaya Peningkatan Kunjungan Wisatawan,†Universitas Tidar, 2023.

[13] S. Hambut, R. A. Primasworo, and P. D. Rahma, “Analisis Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Coban Glotak Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang,†in Prosiding SENTIKUIN (Seminar Nasional Teknologi Industri, Lingkungan dan Infrastruktur), 2023, vol. 6, pp. B3-1.

[14] H. F. Satoto and F. Norhabiba, “Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matriks,†J. Tiarsie, vol. 18, no. 4, pp. 109–114, 2021.

[15] H. Setyorini and I. Santoso, “Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (studi kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang),†Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 5, no. 1, pp. 46–53, 2017.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i2.3301

Article Metrics

Abstract view : 1264 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License