Rancang Bangun dan Analisis Unjuk Kerja Mesin Wood Pellet Tipe Rotary dengan Penggerak Gasoline Engine OHV 3,5 HP Skala Laboratorium

Agus Apriyanto, Saibani Saibani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat mesin pelet biomassa (wood pellet) untuk meningkatkan kualitas dan sifat fisik biomasa sebagai bahan bakar padat. Jenis mesin wood pelles yang dikembangkan adalah system rotary. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya proses perancangan, proses pabrikasi dan pengujian unjuk kerja mesin. Mesin ini dirancang menggunakan Software Solidwork. Dimensi mesin adalah 100 cm x 50 cm x 100 cm. Mesin penggeraknya menggunakan gasoline engine tipe OHV silinder tunggal 4 langkah berdaya bersih 3,5 HP. Mesin ini dilengkapi dengan discmill ffc tipe 15 yang berfungsi sebagai pengahalus bahan dengan tingkat kehalusan 60 mesh dan 80 mesh. Mesin ini dibuat berkapasitas 10 kg/jam dengan spesifikasi jumlah lubang cetakan pellet 83 buah berukuran Ø 8 mm dan panjang 37,10 mm, sehingga dapat menghasilkan wood pellet yang sesuai dengan standard. Mutu pellet yang diuji meliputi kadar air, kadar abu dan nilai kalor. Sementara penggukuran karakteristik fisik wood pellet menggunakan SNI 8966: 2021 tentang Bahan Bakar Jumputan Padat. Hasil eksperimen unjuk kerja mesin menunjukkan bahwa semua komponen mulai dari motor penggerak, pulley, v-belt, discmill, pencetak, dan gear box dapat bekerja dengan baik. Mesin ini juga mampu menghasilkan produk pellet dengan spesifikasi Ø 8 mm dan panjang rata-rata 37,10 mm, kerapatan sebesar 0,95 g/cm, keteguhan tekan 398,5 kg/cm. Hasil analisis proksimat terhadap produk woodpellets diketahui kadar air sebesar 5,69%, kadar abu sebesar 5,15% dan nilai kalor 5.631,633 Kal/g. Pada uji bakar wood pellet mampu mendidihkan 2 liter air selama 30 menit dengan konsumsi pelet sebesar 0,75 kg.

Keywords


Energi Terbarukan; Limbah Serbuk Kayu; Motor Bensin; Pelet Kayu

References


Amali, M.R. Optimasi Batako Sekam Padi yang Dicetak Secara Manual, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia Yogayakarta (2019).

Juwanto, Fitriani, R., Turyanto, Andriani, A. S. R., Prasetyo, O. Pemanfaatan Bahan Additive Abu Batang Jagung dan Bonggol Jagung Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Beton Ringan Ramah Lingkungan (2019).

Memon, S. A., Khan, M.K. Ash Blended Cement Composites: Eco-friendly and Suistainable Option for Utilization of Corncob Ash (2017).

Memon, S. A., Javed, U., Khusnood, R.A. Eco-friendly Utilization of Corncob Ash as Partial Replacement of Sand in Concrete (2018).

Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa, DIrektorat Jenderal Cipta Karya – Departemen Pekerjaan Umum (2006).

Winarno, S. Batako Sekam Padi: Sifat Fisik, Kemudahan Produksi dan Harga Produksi, Jurnal Penelitian, Tidak Dipublikasikan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Yogyakarta (2019).




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i1.3181

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License