Pemanfaatan Abu Bonggol Jagung Sebagai Substitusi Pasir Pada Campuran Beton Ditinjau Dari Kuat Tarik Belah

Sari Utama Dewi, Herli Edison

Abstract


Beton di Indonesia menjadi hal yang banyak dipilih sebagai bahan konstruksi karena faktor efektifitas dan tingkat efisiensinya. Untuk mendapatkan beton berkualitas tinggi dapat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang pemanfaatannya masih belum maksimal serta mengolah kembali menjadi bahan tambahan pada campuran beton. Salah satu limbah yang belum termanfaatkan dengan baik yaitu abu bonggol jagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan abu bonggol jagung terhadap kuat tekan beton dan juga untuk mengetahui kadar optimum dari penambahan abu bonggol jagung pada campuran beton. Pengujian kuat tarik belah beton dilakukan pada beton berumur 7 dan 28 hari untuk beton normal dan komposisi abu bonggol jagung 2,5 persen, 5 persen dan 7,5 persen. Penggunaan abu bonggol jagung sebagai substitusi agregat halus dalam campuran beton berpengaruh terhadap kuat tarik belah beton yang dihasilkan yang mana pada persentase 2,5 persen, 5 persen dan 7,5 persen memiliki nilai kuat tarik belah beton diumur 28 hari yaitu 10,7767 MPa, 9,6221 MPa, dan 9,7183 MPa. Pada beton normal di umur 28 hari tidak melebihi target rencana nilai kuat tarik belah yaitu 6,0138 Mpa.

Keywords


Abu Bonggol Jagung; Beton; Kuat Tarik

References


Amali, M.R. Optimasi Batako Sekam Padi yang Dicetak Secara Manual, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Indonesia Yogayakarta (2019).

Juwanto, Fitriani, R., Turyanto, Andriani, A. S. R., Prasetyo, O. Pemanfaatan Bahan Additive Abu Batang Jagung dan Bonggol Jagung Sebagai Bahan Tambahan Pembuatan Beton Ringan Ramah Lingkungan (2019).

Memon, S. A., Khan, M.K. Ash Blended Cement Composites: Eco-friendly and Suistainable Option for Utilization of Corncob Ash (2017).

Memon, S. A., Javed, U., Khusnood, R.A. Eco-friendly Utilization of Corncob Ash as Partial Replacement of Sand in Concrete (2018).

Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa, DIrektorat Jenderal Cipta Karya – Departemen Pekerjaan Umum (2006).

Winarno, S. Batako Sekam Padi: Sifat Fisik, Kemudahan Produksi dan Harga Produksi, Jurnal Penelitian, Tidak Dipublikasikan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Islam Yogyakarta (2019).




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i1.3094

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License