Penyesuaian Nilai Ekivalen Kendaraan Ringan (EKR) Sepeda Motor dengan Basis Kecepatan Lalu Lintas (Studi Kasus : Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai ekivalen kendaraan ringan (EKR) dengan basis kecepatan untuk kendaraan sepeda motor sebagai bagian dari lalu lintas dan kinerja ruas Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi. Lokasi penelitian dilakukan pada ruas Jalan Pangeran Tirtayasa Sukabumi Kota Bandar Lampung. Data primer yang dikumpulkan adalah data volume arus lalu lintas. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi Linear sederhana dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 (PKJI 2023). Dari hasil perhitungan diperoleh nilai proporsi kendaraan sepeda motor terhadap volume lalu lintas diperoleh nilai ekr volume tertinggi nilai Ekivalen kendaraan ringan pada ruas Jalan Pangeran Tirtayasa dari arah Jalan Pangeran Antasari untuk jenis kendaraan sepeda motor terjadi pada pukul 07.00 – 09.00 yaitu sebesar -2,35. Sedangkan nilai EKR volume tertinggi pada ruas Jalan Pangeran Tirtayasa dari arah Jalan Ir. Sutami untuk jenis kendaraan sepeda motor terjadi pada pukul 16.00 – 18.00 yaitu sebesar 7,71. Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh tiap jenis kendaraan mempunyai nilai Ekivalen kendaraan ringan (EKR) yang berbeda terutama pada kendaraan berat, kendaraan berat memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan kendaraan sepeda motor maupun kendaraan ringan. Nilai Ekivalen kendaraan ringan pula dapat dipengaruhi oleh hal lainnya seperti kecepatan lalu lintas, apabila semakin tinggi kecepatannya maka nilai Ekivalen kendaraan ringan semakin rendah.
Keywords
Ekivalen Kendaraan Ringan (EKR); Kapasitas jalan; Kecepatan kendaraan; Regresi Linear
References
BPS Kota Bandar Lampung 2023, Kota Bandar Lampung Dalam Angka. 2023.
L. Sriharyani and I. Hadijah, “Analisa Kinerja Simpang Pasar Unit 2 Kabupaten Tulang Bawang Propinsi Lampung Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014,†TAPAK (Teknologi Apl. Konstr. J. Progr. Stud. Tek. Sipil, vol. 11, no. 1, pp. 1–12, 2021.
G. Sumarda, Y. Andika, and T. H. Pamungkas, “Analisis Ekivalensi Sepeda Motor Dengan Metode Regresi Linear Basis Kecepatan Di Kuta Utara Saat Ppkm,†Padur. J. Tek. Sipil Univ. Warmadewa, vol. 12, no. 1, pp. 36–43, 2023, doi: 10.22225/pd.12.1.5750.36-43.
P. K. UTAMI, “Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Pada Bundaran (Studi Kasus Bundaran Joglo),†2009.
M. E. Bolla, “Perbandingan Nilai Ekivalensi Kendaraan Ringan Time Headway Method dan Pkji 2014 Pada Simpang Apill Kupang,†J. Tek. Sipil, vol. IX, no. 1, pp. 27–40, 2020.
D. Marsanjaya, T. Sefrus, and E. T. Pujiastutie, “Analisis Dampak Aktivitas Simpang Skip Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Jalan S.Parman, Jalan Jati, dan Jalan Flamboyan Kota Bengkulu,†Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ, pp. 1–10, 2023.
D. Jenderal et al., “Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023,†2023, pp. 1–351.
S. Subagyo and N. Rosyada, “Analisis Lalu Lintas Harian Jalur Satu Arah (Studi Kasus : Jalan Letjen Suprapto Kota Yogyakarta),†CivEtech, vol. VI, no. 1, pp. 54–65, 2024.
M. D. Prayoga et al., “MANAJEMEN LALU LINTAS,†vol. 01, no. 01, pp. 41–52, 2020.
S. Walsen and P. Istia, “Kajian Kapasitas Jalan Pantai Losari Dengan Metode Analisis Berdasarkan Pkji 2014,†J. Agreg., vol. 1, no. 1, pp. 24–30, 2022.
F. Ui, Y. Kadir, and M. Mahmud, “Penentuan Nilai Ekivalen Kendaraan Ringan ( Ekr ) Untuk Kendaraan Becak Motor ( Bentor ) Pada Ruas Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Manggis Kota Gorontalo,†JACCE, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021.
DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i1.3020
Article Metrics
Abstract view : 457 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 325 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Keywords
References
BPS Kota Bandar Lampung 2023, Kota Bandar Lampung Dalam Angka. 2023.
L. Sriharyani and I. Hadijah, “Analisa Kinerja Simpang Pasar Unit 2 Kabupaten Tulang Bawang Propinsi Lampung Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014,†TAPAK (Teknologi Apl. Konstr. J. Progr. Stud. Tek. Sipil, vol. 11, no. 1, pp. 1–12, 2021.
G. Sumarda, Y. Andika, and T. H. Pamungkas, “Analisis Ekivalensi Sepeda Motor Dengan Metode Regresi Linear Basis Kecepatan Di Kuta Utara Saat Ppkm,†Padur. J. Tek. Sipil Univ. Warmadewa, vol. 12, no. 1, pp. 36–43, 2023, doi: 10.22225/pd.12.1.5750.36-43.
P. K. UTAMI, “Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) Pada Bundaran (Studi Kasus Bundaran Joglo),†2009.
M. E. Bolla, “Perbandingan Nilai Ekivalensi Kendaraan Ringan Time Headway Method dan Pkji 2014 Pada Simpang Apill Kupang,†J. Tek. Sipil, vol. IX, no. 1, pp. 27–40, 2020.
D. Marsanjaya, T. Sefrus, and E. T. Pujiastutie, “Analisis Dampak Aktivitas Simpang Skip Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Jalan S.Parman, Jalan Jati, dan Jalan Flamboyan Kota Bengkulu,†Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ, pp. 1–10, 2023.
D. Jenderal et al., “Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023,†2023, pp. 1–351.
S. Subagyo and N. Rosyada, “Analisis Lalu Lintas Harian Jalur Satu Arah (Studi Kasus : Jalan Letjen Suprapto Kota Yogyakarta),†CivEtech, vol. VI, no. 1, pp. 54–65, 2024.
M. D. Prayoga et al., “MANAJEMEN LALU LINTAS,†vol. 01, no. 01, pp. 41–52, 2020.
S. Walsen and P. Istia, “Kajian Kapasitas Jalan Pantai Losari Dengan Metode Analisis Berdasarkan Pkji 2014,†J. Agreg., vol. 1, no. 1, pp. 24–30, 2022.
F. Ui, Y. Kadir, and M. Mahmud, “Penentuan Nilai Ekivalen Kendaraan Ringan ( Ekr ) Untuk Kendaraan Becak Motor ( Bentor ) Pada Ruas Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Manggis Kota Gorontalo,†JACCE, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021.

Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
