Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan Berdasarkan Metode Pavement Condition Index (PCI)

Mira Wisman, Ikhsan Sulistyo, Yan Juansyah, Yunita Mauliana, Mirnanda Cambodia

Abstract


Ruas Jalan Ratu Dibalau, Kecamatan Tanjung Seneng, Kota Bandar Lampung merupakan jalan yang menghubungkan Kota Bandar Lampung dengan Kabupaten Lampung Selatan. Lalu lintas perdagangan di jalan ini cukup padat. Jalan ini juga digunakan sebagai jalur alternatif antara Kota Bandar Lampung dan Kota Metro. Jalan ini berulang kali dilalui oleh kendaraan bermuatan berat sehingga menyebabkan kerusakan jalan yang dapat menggangu keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis-jenis, dan tingkat kerusakan pada ruas jalan tersebut dan kemudian dilakukan usulan program penanganan. Penelitian dilakukan dengan cara survei untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah Metode PCI (Pavement condition index). Pada ruas Jalan Ratu Dibalau, Kecamatan Tanjung Seneng, Kota Bandar Lampung didapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, benjol dan turun, amblas, pinggiran jalan turun vertikal, retak memanjang/melintang, tambalan, pengausan agregat, lubang, sungkur, dan pelepasan butir dengan nilai PCI 30,0 yang masuk dalam kategori serious (sangat buruk). Maka jalan tersebut harus segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak semakin parah.

Keywords


Kerusakan Jalan; Perkerasan; Pavement Condition Index (PCI); Penanganan

References


. Bina Marga. (1983). Manual Pemeliharaan Jalan Bina Marga No. 03/MN/B/1983. Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum.

. Evitya, D. L., Nasfryzal, C., & Zufrimar, Z. (2020). Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Bina Marga (Ruas Jalan Sijunjung STA 103+ 000–108+ 000). Universitas Bung Hatta.

. Hardiyatmo, H. C. (2009). Pemeliharaan Jalan Raya.

. Hasibuan, D. S. (2018). Perkerasan Rigid Dengan Metode Bina Marga Dan Metode Pci ( Pavement Condition Index ).

. Kementrian, P. (2017). Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Pemilihan Teknologi Pemeliharaan Preventif Perkerasan Jalan No. 07/SE/Db/2017. Direktorat Jenderal Bina Marga.

. Marga, B. (1995). Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Provinsi Jilid II: Metode Perbaikan Standar. Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum.

. Mubarak, H. (2016). Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta Sta. 11+150 s.d 12+ 50 Analysis Of Road Pavement Damage Method With Pavement Condition Index (Pci) Case Study: Jalan Soekarno Ha (Vol. 16, Issue 1).

. Pro,G. E. (2024). Google Earth Pro. https://earth.google.com/web/@-5.40322349,105.19718366,7028.41173269a,0d,35y,10.945h,25.067t,359.9975r?utm_source=earth7&utm_campaign=vine&hl=en

. Rondi, M., & Sunarjono, S. (2016). Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut MetodeBina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya (Studi Kasus: Ruas Jalan Danliris Blulukan-Tohudan Colomadu Karanganyar). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

. Shahin, M. Y. (2005). Pavement management for airports, roads, and parkinglots. Springer.

. Sholeh, I., & Ir, M. T. (2011). Analisa Perkerasan Jalan Kabupaten Menggunakan Metode Bina Marga. Konstruksia, 3(1).

. Siahaan, D. A. (2014). Analisis PerbandinganNilai Iri Berdasarkan Variasi Rentang Pembacaan Naasra. Jurnal Teknik Sipil USU, 3(3).

. Sukirman, S. (1999). Perkerasan lentur jalan raya.

. Suryawan, A. (2009). Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v9i1.2995

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License