Evaluasi Efektivitas Kinerja Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kota Bandar Lampung

Andri Maulana, Haris Murwadi, M. Enriko Tosulpa

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja dan efektivitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Pusat Kota Bandar lampung. Saat ini sudah ada JPO di Kota Bandar Lampung namun fasilitas tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. Pembangunan jembatan penyeberangan orang yang ada di kota Bandar Lampung ini salah satunya berada pada ruas jalan Raden Intan kota Bandar Lampung, di Jalan Raden Ajeng Kartini Kota Bandar Lampung, serta di pasar Bambu Kuning kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan survey ke lokasi penelitian berupa survey geometric atau dimensi JPO, survey efektivitas kinerja JPO serta melakukan pengolahan data berdasarkan hasil survey. Berdasarkan dari hasil analisis evaluasi kinerja JPO di tiga titik berbeda dalam penelitian ini, dapat disimpulkan hasil JPO Mall Ramayana yaitu puncak penyeberang rata - rata per hari sebesar 71,60 persen, Jadi dapat disimpulkan bahwa JPO Mall Ramayana kota Bandar Lampung efektif digunakan meski kondisi jembatan perlu peremajaan ataupun perbaikan dari instansi terkait. JPO Bank Danamon kota Bandar Lampung yang didapatkan dari hasil penelitian selama empat hari berturut – turut didapatkan nilai rata – rata penyeberang sebesar 15,10 persen, jadi dapat disimpulkan bahwa fasilitas JPO yang ada di Bank Danamon ini tidak efektif. Karena penyeberang lebih memilih menggunakan median jalan untuk menyeberang dengan alasan lebih cepat dan tidak mudah lelah. JPO yang berada di Pasar Bambu Kuning kota Bandar Lampung yaitu puncak penyeberang rata - rata per hari sebesar 68,10 persen disimpulkan bahwa JPO pasar bambu kuning kota Bandar Lampung dinyatakan efektif.

Keywords


Efektivitas Kinerja; Evaluasi Kinerja; Jembatan Penyeberangan Orang

References


A. Roito and M. E. Dwi Bayu Prasetya, S.Si., “Efektivitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Di Jalan Raden Intan Kota Bandarlampung Berdasarkan Persepsi Dan Preferensi Pengguna,†2020.

A. F. Tambunan, “Efektivitas Penggunaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Di Kota Sibolga,†J. Ilm. Mhs. Tek., vol. 2, no. 5, pp. 307–315, 2022.

W. B. Dermawan, M. Isradi, A. Mufhidin, A. Aqbil, and M. Mohammad, “Analysis of Characteristics Utilization Pedestrian Crossing Bridge,†ADRI Int. J. Civ. Eng., vol. 6, no. 1, pp. 106–118, 2022, doi: 10.29138/aijce.v6i1.19.

M. N. M. .S, Kajian Kepuasan Dan Efektivitas Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasca Pemeliharaan Di Jalan Raden Intan Kota Bandar Lampung. 2023.

N. Tanan, Fasilitas Pejalan Kaki, vol. 53, no. 9. 2011.

Juniardi, “Analisis Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Dan Perilaku Pejalan Kaki Menyeberang Di Ruas Jalan Kartini Bandar Lampung,†J. Tek. Sipil UBL, vol. 1, no. 1, pp. 12–29, 2010.

M. B. Simanjuntak, Yulianto, and W. Rajagukguk, “Studi Efektivitas Penggunaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Kawasan lapangan Merdeka Medan (Studi Kasus : Jl. Putri Hijau dan Jl. Guru Patimpus),†J.

Arsit. ALUR, vol. 1, no. 2, pp. 22–30, 2018.

L. Muizzi, M. H. A. Sarwandy, and M. Agustini, “Analisis Efektifitas Dan Kelayakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Pasar Tradisional - Modern Kota Prabumulih,†vol. 08, no. 01, pp. 27–31, 2023.

Mashuri and S. Widodo, “Tingkat Pemanfaatan Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pemakaian Jembatan Penyeberangan Orang di Depan Mall Tatura Kota Palu,†Maj. Ilm. Mektek, vol. 15, no. 1, pp. 28–36, 2012.

D. Nawir and Rusmiyanti, “Studi Analisis Fasilitas Jembatan Penyeberangan Orang di Kota Tarakan,†Borneo Eng. J. Tek. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 60–72, 2019.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v8i2.2757

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License