Analisis Simpang Tak Bersinyal di Jalan Ahmad Yani - Jalan Raden Intan Gadingrejo Menggunakan PKJI 2023

Diana Nur Afni, Farida Juwita, Anas Khair Prikurnia, Imelda Yolanda Putri

Abstract


Perkembangan transportasi berdampak pada meningkatnya pergerakan manusia, barang, dan jasa. Hal ini juga sangat menuntut peningkatan sarana dan prasarana transportasi. Bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan perkembangan prasarana akan menimbulkan konflik pada jalan khususnya di persimpangan. Berdasarkan keadaan tersebut maka pada persimpangan perlu mendapatkan perhatian cukup dengan memberi prasarana jalan dipersimpangan tersebut agar dapat melayani arus lalu lintas dengan baik Dalam pengumpulan data ini dilakukan pada hari Senin tanggal 24 Agustus 2023, kamis 24 Agustus 2023 dan Minggu 27 Agustus 2023 pada persimpangan Jalan Ahmad Yani dan jalan Jendral Sudirman. Adapun Perhitungan lalu lintas yang lewat pada pos-pos survey yang ditentukan .pada formulir perhitungan lalu lintas terlampir, diisi setiap 15 menit sesuai dengan klasifikasi kendaraaan menggunakan metode PKJI 2023. Dari hasil analisis data diperoleh Kinerja persimpangan tak bersinyal di jalan Ahmad Yani- Jalan Raden Intan mendapat kan nilai Kapasitas (C) simpang sebesar 2169 smp/jam. Nilai Derajat Kejenuhan (Dj) pada simpang sebesar 1,05, Volume arus lalu lintas pada simpang dari arah Jalan Ahmad Yani (Timur) untuk kendaraan lurus qLRS = 1161 smp/jam dan untuk kendaraan belok ke kiri qBKI = 135 smp/jam dari araj Jalan Ahmad Yani (Barat) untuk kendaraan lurus = 760 smp/jam dan untuk belok ke kanan qBKA = 75 smp/jam Sedangkan dari arah (selatan) Jalan Raden Intan Untuk kendaraan belok ke kanan =75 smp/jam sedangkan untuk belok kekiri qBKI = 73 smp/jam.

Keywords


Analisis Simpang; Kapasitas Simpang; PKJI; Volume Lalu-lintas

References


D. O. dan A. B. Weka Indra Dharmawan, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Jl. Imam Bonjol – Jl. Pagar Alam Kota Bandar Lampung),†Pros. SNST ke-9 Tahun 2018, pp. 7–10, 2018.

A. R. Zhafiri, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Dengan Metode PKJI 2014,†J. Mhs. Kreat., vol. 1, no. 3, pp. 170–178, 2023.

D. I. Ruas, J. S. Parman, D. A. N. Jalan, D. I. Panjaitan, L. Elisabeth, and J. E. Waani, “Analisa Kinerja Simpang Tidak Bersinyal,†J. Sipil Statik, vol. 3, no. 11, pp. 747–758, 2015.

H. E. Prasetyo et al., “Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Berdasarkan Derajat Kejenuhan Pada Jalan Raya Mabes Hankam – Jalan Raya Setu, Jakarta Timur,†J. Konstr., vol. 13, no. 135, pp. 135–145, 2022.

M. Waris, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014,†J-HEST, vol. 1, no. 1, pp. 46–54, 2018.

J. Prasetiawan and H. S. Hadi, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal ( Studi Kasus Simpang 4 Paok Motong Kabupaten Lombok Timur ),†2022.

D. Marsanjaya, T. Sefrus, and E. T. Pujiastutie, “Analisis Dampak Aktivitas Simpang Skip Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Jalan S.Parman, Jalan Jati, dan Jalan Flamboyan Kota Bengkulu,†Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ, pp. 1–10, 2023.

O. I. H. Johan Oberlyn Simanjuntak, Nurvita I. Simanjuntak, “Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jl. Deli Tua Pamah – Jl. Besar Deli Tua, Sumatera Utara),†CONTRUCT J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 24–37, 2022.

I. W. A. Nurbaiti Kiftiah, Septiana Hariyani, “Evaluasi Kinerja Persimpangan Di Jalan Ahmad Yani – Jalan Raden Intan Kecamatan Blimbing Kota Malang,†Plan. Urban Reg. Environ., vol. 9, no. April, pp. 183–192, 2020.

R. D. Pratama, Y. E. Putri, and M. G. Akhiria, “Sumatera Dan Jln . Pertanian Dengan Menggunakan Metode Mkji 1997,†J. Mhs. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 68–74, 2022.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v8i2.2706

Article Metrics

Abstract view : 612 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 541 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License