Analisis Tarif Moda Transportasi Roda Empat Online Maxim (Rute Bandar Lampung – Bandara Raden Intan II Lampung)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung biaya operasional kendaraan khususnya kendaraan roda 4 Toyota Avanza 1300 cc. Serta untuk mengetahui apakah tarif yang ditentukan oleh penyedia jasa trasnportasi online masih sesuai setelah dilakukan perhitungan biaya oprasional kendaraan dan untuk mengetahui berapakah pendapatan pengemudi setelah dilakukan perhitungan biaya oprasional kendaan per kilometernya. Pada penelitian ini, dilakukan perhitungan biaya operasional kendaraan dengan melakukan survey yang didasarkan pada kenyataan atau kondisi yang ada di lapangan yang sudah ada. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa besar yang didapatkan pengemudi transportasi online Maxim tujuan Bandara Raden Inten II pada jenis kendaraan roda 4 transportasi online Maxim setelah dilakukan perhitungan biaya operasional kendaraan. Hasil untuk tarif batas bawah untuk Toyota Avanza 1300 cc yaitu sebesar Rp. Rp. 1.630,96.-/km dan hasil tarif batas atas untuk Toyota Avanza 1300 cc yaitu sebesar Rp. 2.030,96.-/km.
Keywords
Analisis Tarif; Moda Transportasi Online; Taxi Maxim; Transportasi Roda Empat
References
[1] F. Miro, “Analisis Pilihan Moda Transportasi Umum Rute Padang – Jakarta Menggunakan Metode Stated Preference,†J. Perenc. Wil. dan Kota, vol. 27, no. 1, pp. 25–33, 2016, doi: 10.5614/jrcp.2016.27.1.3.
[2] E. Kawengian, F. Jansen, and S. Y. R. Rompis, “Model pemilihan moda transportasi angkutan dalam provinsi,†J. Sipil Statik, vol. 5, no. 3, pp. 133–142, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jss/article/view/16236.
[3] F. Haradongan, “Analisis Tingkat Kepentingan Pemilihan Moda Transportasi Dengan Metode AHP (Studi Kasus: Rute Jakarta-Yogyakarta),†J. Penelit. Transp. Darat, vol. 16, no. 4, pp. 153–160, 2014.
[4] J. R. S. Ringo, L. N. Hutasoit, R. F. E. Indra, O. J. Harmaja, and S. H. Sinurat, “Analisis Rasio Persepsi Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Ojek Online Dengan Metode Service Quality,†J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima (JUSIKOM PRIMA), vol. 5, no. 2, pp. 21–27, 2022, doi: 10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i2.2220.
[5] R. Banggoi, A. Y. Mendo, L. L. Asi, J. Manajemen, F. Ekonomi, and U. N. Gorontalo, “Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim Untuk Meningkatkan Loyalitas Pengguna Di Kota Gorontalo,†J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 242–249, 2023.
[6] E. Wahyusetyawati, “Dilema pengaturan transportasi online,†J. RechtsVinding, 2017.
[7] Kapriani, Asmawiyah, S. Thaha, and Hariyanti, “Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim di Makassar,†Al-Buhuts, vol. 17, no. 1, pp. 142–161, 2021.
[8] A. Aziah and P. R. Adawia, “Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia),†Cakrawala-Jurnal Hum., vol. 18, no. 2, pp. 149–156, 2018, doi: 10.36226/jrmb.v3i2.107.
[9] M. A. Nuh, S. M. H, and M. T. Syarkawi, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Kota bagi Pegawai Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional,†J. Konstr., vol. 01, no. 02, pp. 21–28, 2022.
[10] R. A. Tsalisa, S. P. Hadi, and D. Purbawati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Semarang,†J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 11, no. 4, pp. 822–829, 2022, doi: 10.14710/jiab.2022.35970.
[11] A. F. R. Sari and S. Steven, “Pengaruh perceived ease of use, brand image, word of mouth, nilai pelanggan terhadap keputusan penggunaan layanan jasa serta dampaknya terhadap loyalitas (survey pada pelanggan transportasi online Maxim di kota Pontianak),†Widya Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 12–20, 2022.
[12] M. Fathurrahman and A. L. Rasyid, “Analisis Biaya Operasional Kendaraan ( BOK ) Angkutan Kota Trayek Cimahi – Leuwipanjang Bandung,†Reka Racana J. Tek. Sipil, vol. 6, no. 1, pp. 33–41, 2020.
[13] A. G. Kamaludin, D. A. Ekawati, and Marthaleina, “Analisis Perhitungan Biaya Oprasional Kendaraan ( BOK ) Bus Transjakrta Koridor VII di Jakarta,†J. Manaj. Bisnis Transp. dan Logistik, vol. 5, no. 1, pp. 61–68, 2018.
[14] D. Ayu, N. Sriastuti, and A. A. R. Asmani, “Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Sebagai Dasar Penentuan Tarif Angkutan Umum Penumpang (AUP),†PADURAKSA, vol. 4, no. 2, pp. 35–40, 2015.
[15] R. Rahman, “Analisa biaya operasi kendaraan (bok) angkutan umum antar kota dalam propinsi rute palu - poso,†J. Rekayasa dan Manaj. Transp., vol. 2, no. 1, pp. 8–21, 2012.
[16] Hendra Taufik, S. P. Sari, and Rian Tri Komara Irana, “Analisis Kelayakan Finansial Driver Taxy Online,†J. Teknol. dan Rekayasa Sipil, vol. 01, no. November, pp. 45–51, 2022.
DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v8i1.2365
Article Metrics
Abstract view : 1386 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 851 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Abstract
Keywords
References
[1] F. Miro, “Analisis Pilihan Moda Transportasi Umum Rute Padang – Jakarta Menggunakan Metode Stated Preference,†J. Perenc. Wil. dan Kota, vol. 27, no. 1, pp. 25–33, 2016, doi: 10.5614/jrcp.2016.27.1.3.
[2] E. Kawengian, F. Jansen, and S. Y. R. Rompis, “Model pemilihan moda transportasi angkutan dalam provinsi,†J. Sipil Statik, vol. 5, no. 3, pp. 133–142, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jss/article/view/16236.
[3] F. Haradongan, “Analisis Tingkat Kepentingan Pemilihan Moda Transportasi Dengan Metode AHP (Studi Kasus: Rute Jakarta-Yogyakarta),†J. Penelit. Transp. Darat, vol. 16, no. 4, pp. 153–160, 2014.
[4] J. R. S. Ringo, L. N. Hutasoit, R. F. E. Indra, O. J. Harmaja, and S. H. Sinurat, “Analisis Rasio Persepsi Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Ojek Online Dengan Metode Service Quality,†J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima (JUSIKOM PRIMA), vol. 5, no. 2, pp. 21–27, 2022, doi: 10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i2.2220.
[5] R. Banggoi, A. Y. Mendo, L. L. Asi, J. Manajemen, F. Ekonomi, and U. N. Gorontalo, “Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim Untuk Meningkatkan Loyalitas Pengguna Di Kota Gorontalo,†J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 242–249, 2023.
[6] E. Wahyusetyawati, “Dilema pengaturan transportasi online,†J. RechtsVinding, 2017.
[7] Kapriani, Asmawiyah, S. Thaha, and Hariyanti, “Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim di Makassar,†Al-Buhuts, vol. 17, no. 1, pp. 142–161, 2021.
[8] A. Aziah and P. R. Adawia, “Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia),†Cakrawala-Jurnal Hum., vol. 18, no. 2, pp. 149–156, 2018, doi: 10.36226/jrmb.v3i2.107.
[9] M. A. Nuh, S. M. H, and M. T. Syarkawi, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Kota bagi Pegawai Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional,†J. Konstr., vol. 01, no. 02, pp. 21–28, 2022.
[10] R. A. Tsalisa, S. P. Hadi, and D. Purbawati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Semarang,†J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 11, no. 4, pp. 822–829, 2022, doi: 10.14710/jiab.2022.35970.
[11] A. F. R. Sari and S. Steven, “Pengaruh perceived ease of use, brand image, word of mouth, nilai pelanggan terhadap keputusan penggunaan layanan jasa serta dampaknya terhadap loyalitas (survey pada pelanggan transportasi online Maxim di kota Pontianak),†Widya Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 12–20, 2022.
[12] M. Fathurrahman and A. L. Rasyid, “Analisis Biaya Operasional Kendaraan ( BOK ) Angkutan Kota Trayek Cimahi – Leuwipanjang Bandung,†Reka Racana J. Tek. Sipil, vol. 6, no. 1, pp. 33–41, 2020.
[13] A. G. Kamaludin, D. A. Ekawati, and Marthaleina, “Analisis Perhitungan Biaya Oprasional Kendaraan ( BOK ) Bus Transjakrta Koridor VII di Jakarta,†J. Manaj. Bisnis Transp. dan Logistik, vol. 5, no. 1, pp. 61–68, 2018.
[14] D. Ayu, N. Sriastuti, and A. A. R. Asmani, “Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Sebagai Dasar Penentuan Tarif Angkutan Umum Penumpang (AUP),†PADURAKSA, vol. 4, no. 2, pp. 35–40, 2015.
[15] R. Rahman, “Analisa biaya operasi kendaraan (bok) angkutan umum antar kota dalam propinsi rute palu - poso,†J. Rekayasa dan Manaj. Transp., vol. 2, no. 1, pp. 8–21, 2012.
[16] Hendra Taufik, S. P. Sari, and Rian Tri Komara Irana, “Analisis Kelayakan Finansial Driver Taxy Online,†J. Teknol. dan Rekayasa Sipil, vol. 01, no. November, pp. 45–51, 2022.

Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
