Analisis Kekuatan Cement Treated Base Daerah Lampung sebagai Lapis Pondasi Atas Landasan Pacu Bandara

Ida Hadijah, Bayu Tri Atmoko

Abstract


Cement Treated Base (CTB) adalah bahan untuk lapis pondasi pada perkerasan lentur. CTB memanfaatkan semen portland sebagai bahan pengikatnya. CTB sendiri adalah suatu campuran beton dengan nilai slump sama dengan nol atau dapat dikatakan sebagai beton semi kering. Hanya saja CTB mempunyai kuat tekan yang terbatas. Maka sehubungan dengan hal tersebut, akan dicoba suatu pengembangan CTB dengan bahan agregat kasar dari sumber tiga kuari yang bebeda dengan tujuan untuk meningkatkan kuat tekannya. Pengujian CTB dengan agregat kasar dilakukan pada umur 7 hari dengan variasi kandungan air 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% pada kuat tekan rencana 50,2 kg/cm² dan 70,2 kg/cm². Dalam penelitian ini kadar air optimum di dapat dari trial pembuatan CTB dengan prosentase kadar air yang digunakan adalah 4%, 6%, 8%, 10% dari berat agregat. Dari hasil pengujian kuat tekan CTB dapat disimpulkan bahwa kadar air optimum untuk pembuatan CTB adalah 10% dari berat agregat yang berasal dari sumber kuari SBB dengan nilai kuat tekan rata-rata 72,69 kg/cm². Segaimana yang disyaratkan, sehingga dapat digunakan sebagai lapis pondasi atas landasan pacu bandara.

Keywords


Cement Treated Base; Nilai Kuat Tekan; Variasi Agregat Kasar

References


B. Prasetyo, T. Rohman, S. Solihin, S. Sundoro, and N. Kalbuana, “Sosialisasi Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP),” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Langit Biru, vol. 2, pp. 31–38, 2021.

R. Fauzi, “Evaluasi Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Landasan Pacu Bandara Senubung Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh,” Fak. Tek. Univ. Medan Area Medan, vol. 3, no. 4, pp. 1–12, 2018.

S. Suryanto and N. Nurokhman, “Evaluasi Properti Marshall Terhadap Mutu Aspal Beton Lapangan Pada Runway Bandara Yogyakarta International Airport,” CivETech, vol. 4, no. 1, pp. 59–72, 2022.

F. O. Lonteng, O. H. Kaseke, M. R. E. Manoppo, and S. C. N. Palenewen, “Kajian Pengaruh Fluktuasi Gradasi Terhadap Penggunaan Kadar Semen Pada Campuran Cement Treated Base (CTB),” J. SIPIL STATIK, vol. 7, no. 5, 2019.

M. H. Nababan, “Analisis Struktur Tebal Lapis Perkerasan Kaku Pada Pembangunan Proyek Jalan Tol Medan Binjai.” Universitas Medan Area, 2021.

Z. A. Febrama, “Perencanaan Konstruksi Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Jalan Tol Semarang-Batang dengan Metode AASHTO Ditinjau dari Segi Ekonomi.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

I. A. Rizki, N. F. Citra, H. V. Saphira, W. Setyarsih, and N. P. Putri, “Eksperimen dan Respon Mahasiswa Terhadap Praktikum Fisika Non-Laboratorium Menggunakan Aplikasi Tracker Video Analysis Untuk Percobaan Kinematika Gerak,” J. Teach. Learn. Phys., vol. 6, no. 2, pp. 77–89, 2021.

Nurkholis, “Analisis Kekuatan Cement Treated Base (CTB dengan Tambahan Zat Aditif Menggunakan Variasi Kandungan Tanah Dan Pasir Untuk Lapis Pondasi Atas Jalan,” 2017.

A. Nusantoro, U. A. Aziz, and K. P. Yudha, “Analisis Daya Dukung Tanah Menggunakan Campuran Magnesium Klorida (MgCl2) Dengan Variasi Kalsium Karbonat (CaCO3),” Surya Bet. J. Ilmu Tek. Sipil, vol. 5, no. 2, pp. 1–9, 2021.

Z. Arifin, “Metodologi penelitian pendidikan,” J. Al-Hikmah, vol. 1, no. 1, 2020.

A. Budiono and A. Basid, “Analisis Kuat Tekan Beton Dengan Penambahan Campuran Silica Fume Untuk Mutu Beton K-300 Dalam Penggunaan Jalan Rigid Pavement,” J. Ilm. Fak. Tek., vol. 2, no. 1, pp. 22–29, 2021.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v7i1.1596

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License