Kajian Neraca Air DAS Way Pisang Di Provinsi Lampung Untuk Pengelolaan Sumber Daya Air Yang Berkelanjutan

Lilik Ariyanto

Abstract


Pertumbuhan penduduk di suatu wilayah akan berdampak pada semakin meningkatnya kebutuhan akan air, baik untuk memenuhi keperluan sehari-hari maupun untuk keperluan aktivitas di bidang pertanian, perikanan dan industri. Untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan akan air biasanya akan memanfaatkan air permukaan dan air di bawah permukaan tanah. Di setiap daerah temasuk di Daerah Aliran Sungai (DAS) Way Pisang memiliki potensi air permukaan yang mengalir di Sungai Way Pisang yang berasal dari daerah tangkapan hujan di sekitarnya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan air untuk keperluan masyarakat di sekitarnya. Penelitian ini akan menghitung besarnya kebutuhan air untuk keperluan penduduk, pertanian dan industri serta menghitung jumlah ketersediaan air di DAS Way Pisang sehingga dapat diketahui kondisi neraca/keseimbangan air pada DAS Way Pisang. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan diketahui bahwa kebutuhan air rata-rata untuk penduduk, pertanian dan industri sebesar 1.06 m3/s sedangkan dengan menggunakan metode NRECA diketahui ketersediaan air rata-rata sebesar 2.74 m3/s. berdasarkan besaran kebutuhan air dan ketersediaan air di DAS Way Pisang , maka diketahui bahwa kondisi DAS Way Pisang surplus ketersediaan air rata-rata sebesar 1.68 m3/s yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Irigasi dan sebagai cadangan air untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang akan semakin berkembang di masa yang akan datang.

Keywords


Kajian Neraca Air; Daerah Aliran Sungai; Sumber Daya Air

References


F. Laelastuti, A. Rahmadi, and H. A. Ningrum, “Konservasi tanah dan air irigasi dan pengaruh pencemaran air di Bandung Timur,” Agrotek, 2018.

L. Ariyanto, “Kajian Neraca Air Das Way Kandis Untuk Merencanakan Alokasi Air Yang Berkesinambungan,” JICE (Journal Infrastructural Civ. Eng., vol. 2, no. 02, pp. 24–30, 2021.

A. Hargono, C. Waloejo, M. P. Pandin, and Z. Choirunnisa, “Penyuluhan Pengolahan Sanitasi Air Bersih Untuk Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Desa Mengare, Gresik,” Abimanyu J. Community Engagem., vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2022.

Z. Taib, “Dampak ekplotasi tambang emas pt nusa halmahera minerals tehadap sosial ekonomi masyarakat,” Agroprimatech, vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2020.

E. Mutia, E. N. Lydia, and N. Fahriana, “Teknik penjernihan air menggunakan limbah cangkang kerang sebagai pengikat ion logam berbahaya pada air,” Glob. Sci. Soc. J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 389–397, 2020.

L. Ariyanto, “Alokasi Air Das Sekampung Sebagai Upaya Pengelolaan Sumber Daya Air Berkelanjutan,” JICE (Journal Infrastructural Civ. Eng., vol. 3, no. 01, pp. 1–7, 2022.

R. Luntungan, C. R. Ngangi, and P. A. Pangemanan, “Analisis Distribusi Air Di Kota Bitung,” J. Agribus. Rural Dev. (Jurnal Agribisnis dan Pengemb. Pedesaan), vol. 1, no. 2, 2019.

A. Muzawwir, “Analisis Kebijakan Pemekaran Wilayah Kabupaten Batu Bara dalam Perspektif Peraturan Pemerintah No. 129 Tahun 2000,” AL-Fathonah, vol. 1, no. 1, pp. 285–320, 2021.

A. P. Yudha and S. Kadir, “Daya Dukung Air Dan Lahan Pertanian Kawasan Aerocity Kota Banjarbaru,” J. Sylva Sci., vol. 4, no. 2, pp. 227–233, 2021.

I. B. Subrata, H. Hartana, and E. Setiawan, “Analisis Ketersediaan Air Menggunakan Model Rain Run NRECA dan Tanki di DAS Babak,” J. Tek. Pengair. J. Water Resour. Eng., vol. 11, no. 2, pp. 73–82, 2020.

H. Herlambang et al., “Peningkatan Pengetahuan Dan Pemasangan/Pelepasan Implan/Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (Akdr),” Pengabdi. Univ. Jambi Untuk Negeri, pp. 67–70, 2020.

S. N. I. Sari, M. I. Yekti, and I. N. Norken, “Analisis Pengembangan Sumber Daya Air Das Tukad Saba Dengan Dibangunnya Waduk Titab Di Kabupaten Buleleng,” J. Spektran, vol. 8, no. 1, 2020.

E. B. Setiawan, I. Indarto, and S. Wahyuningsih, “Analisis Neraca Air Pertanian Di Sub Das Rawatamtu (Analysis Of Agricultural Water Balance In Rawatamtu Sub-Watershed),” J. Penelit. Pengelolaan Drh. Aliran Sungai (Journal Watershed Manag. Res., vol. 3, no. 2, pp. 175–194, 2019.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v7i1.1441

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License