Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas

Gustaf Gautama, Fery Hendi Jaya, Desti Meriska

Abstract


Meningkatnya pergerakan di Kota Bandar Lampung tentunya akan meningkatkan jumlah penggunaan sarana transportasi baik sarana transportasi umum maupun pribadi. Jalan teuku umar merupakan salah satu ruas jalan di Kota Bandar Lampung yang mempunyai arus lalu lintas yang cukup tinggi. Oleh karena itu perlu dilakukan Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas pada U-Turn jalan teuku umar Mall Boemi Kedaton dengan menggunakan Model Greenshield untuk mengetahui pengaruh dan kondisi lalu lintas di lokasi penelitian. Pengambilan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara survey lapangan selama 3 hari yaitu hari senin, kamis dan sabtu pukul 06.30-18.00 WIB. Penelitian ini meliputi survey data geometrik jalan, volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, kerapatan kendaraan, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. Hasil penelitian ini didapatkan Pengaruh U-turn terhadap karakteristik lalu lintas pada jalan teuku umar yaitu besarnya volume lalu lintas mempengaruhi jarak arus terganggu (U-turn), dimana semakin tinggi volume akan semakin jauh jarak pengaruh U-turn terhadap kecepatan kendaraan dari fasilitas U-turn. Artinya semakin tinggi volume lalu lintas maka kecepatan akan semakin rendah dan kerapatan kendaraan akan semakin padat. Pada ruas jalan teuku umar berada pada tingkat pelayanan jalan D (DJ=0,99 dan 1) dimana Kondisi pelayanan jalan kurang baik.


Keywords


U-Turn; Greenshield; Karakteristik Arus Lalu Lintas

References


A. Iskandar, “ANALISIS KEBIJAKAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENGATASI KEMACETAN LALU LINTAS MELALUI OPERASIONALISASI BUS RAPID TRANSIT (Studi di Kota Bandar Lampung),†Pranata Huk., vol. 9, no. 1, pp. 79–98, 2014.

L. Pada, R. Jalan, A. Y. Km, and K. Banjarbaru, “Pengaruh Adanya U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu,†vol. 5, no. 1, pp. 17–21, 2016.

E. A. Purba, J. Harianto, and S. Pengajar, “Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Media Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus : Jl. Sisingamaraja Medan),†2011.

L. I. R. Lefrandt and J. A. Timboeleng, “Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Robert Wolter Monginsidi Kota Manado,†J. Sipil Statik, vol. 7, no. 12, pp. 1569–1584, 2019.

F. Teknik, U. Muhammadiyah, T. Sipil, and U. Muhammadiyah, “ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR DI STASIUNSOLO BALAPAN Gotot SM 1) , Wahyu Budiono 2) ,Nurul Hidayati 3) ,Ika Setyaningsih 4),†pp. 109–114, 2020.

Kementerian PU, “Kapasitas jalan luar kota,†Pandu. Kapasitas Jalan Indones., p. 93, 2014.




DOI: https://doi.org/10.24967/teksis.v6i2.1412

Article Metrics

Abstract view : 1911 times
PDF (Bahasa Indonesia) : 1813 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License